فعالية استخدام ألعاب فى تعليم اللغة العربية: بحث تجريبي في المدرسة الإبتدائية الإسلامية الحكومية (كارنج بارو 1 بماتارام)

Nurjannah, Nurjannah (2011) فعالية استخدام ألعاب فى تعليم اللغة العربية: بحث تجريبي في المدرسة الإبتدائية الإسلامية الحكومية (كارنج بارو 1 بماتارام). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
09720068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Media Pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk memperagakan fakta, konsep, prinsip atau prosedur tertentu agar tampak lebih nyata/konkrit. Alat-alat bantu itu dimaksudkan untuk memberikan pengalaman lebih konkrit, memotivasi serta mempertinggi daya serap dan daya ingat siswa dalam balajar.

Peneliti dalam hal ini membahas tentang efektifitas penggunaan permainan Rubik dan Puzzle dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah 1 (karang baru) Mataram, yang mana permainan Rubik dan Puzzle digunakan sebagai media permainan di kalangan anak-anak, remaja maupun dewasa. Permainan tersebut pada saat ini masih sangat populer, hal itu menarik perhatian peneliti untuk menggunakan media tersebut dalam pembelajaran bahasa Arab, dan mereka akan dapat menikmati pembelajaran sambil bermain atau yang biasa disebut “belajar sambil bermain”.

Pembelajaran dengan menggunakan permainan Rubik dan puzzle sebagai media pembelajaran dapat memberikan manfaat yang banyak, yaitu; pembelajaran menjadi lebih interaktif, umpan balik dan penguatan, dapat mempersingkat waktu, kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan dengan menggunakan permainan ini, pembelajaran menjadi spesifik dan jelas, pembelajaran dengan media permainan ini pun dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja diinginkan atau diperlukan terutama media pembelajaran dengan permainan Rubik dan Puzzle ini dapat dirancang untuk penggunaan secara individu, beban guru untuk penjelasan yang berulang-ulang mengenai isi pelajaran dapat dikurangi.

Penelitian ini menggunakan metode ekperimental dengan two group (kelompok control dan eksperimen). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan observasi, wawancara, angket dan test.

Adapun hasil dari penelitian ini adalah penggunaan permainan Rubik dan Puzzle efektif dalam menarik minat dan memotivasi para siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, dan penggunaan permainan Rubik dan Puzzle ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan berbahasa siswa, ini terlihat pada perbandingan antara pre-test dan post-test, hasilnya yaitu: pada pre-test nilai rata-rata siswa adalah; (58,23), dan nilai rata-rata siswa pada post-test adalah; (83,82), ini tampak terlihat jauh berbeda, nilai rata-rata siswa pada post-test lebih tinggi, dan soal-soal pada post-test lebih sulit dari pada pre-test.

ABSTRACT

Learning media is the tool that used to describe the fact, concept, principle or a procedure to make it be more reality. Using the media could give them more concrete experiences, motivation and makes the learning quality up.

The researcher in this case investigates about the rubic and puzzle effectivity in Arabic teaching and learning process at the 4th degree of MIN 1 Karang baru Mataram, which are only used as a game for children, adolescents even for adults. Nowadays the games (rubic and puzzle) are popular games for them, and so that the researcher interests in using both of the games as the media in Arabic teaching and learning process and they will enjoy the process while they are playing, the other meaning learning while playing. The learning that is using the rubic and puzzle game as the learning media can give much benefit, such as, the learning process will be more interactive, feedback and the fervents, the learning process can be more efficient, the output of learning quality can be raised up with the game, the learning can be more specific and distinct. The learning with this media also can be applied wherever and whenever we need it. Specially, this media can be designed to the player individually. The teacher’s charges to the explanations that must be delivered frequently about the theory or concepts can be decreased.

So, the outcome of this research is using the rubik and puzzle games effective in motivating the studends when they learn Arabic, and applying this media also can develope the students speaking comprehension, it’s appeared on the equivalent between the pre -test and post-test, the outcomes are: at the pre-test average value is 58,23, and the average value at post-test is 83,82, it’s appeared a big deferent, the students average value on the post -test is higher, and the questions on the post-test is more difficult than the pre-test questions.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Huda, Miftahul and Wargadinata, Wildana
Keywords: وسيلة التعليمية; Education media; the rubic and the puzzle game; Media pembelajaran; Permainan Rubik; Puzzle
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:34
Last Modified: 24 Jul 2017 09:34
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7399

Actions (login required)

View Item View Item