Sholihudin, Nanang (2011) إعداد المواد التعليمية لتعليم مهارة الكلام باستخدام الصوار التعليمية: بالتطبيق على المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية الثالثة مالانج. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09720066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Permasalahan yang umum terjadi di Madrasah Tsanawiyah adalah kurangnya penguasaan siswa terhadap kosakata dan proses pembelajaran yang lebih banyak menghafal teks daripada praktek serta kurangnya pemanfaatan media. Atas dasar itu peneliti merancang materi pembelajaran berbicara bahasa arab dengan media gambar. Penulis memilih media gambar dalam pembelajaran berbicara Bahasa Arab karena banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa media gambar sangat membantu mempercepat pemahaman terhadap bahasa asing.
Dalam penelitian ini peneliti merumuskan permasalahan bagaimana menyusun bahan ajar berbicara bahasa Arab dengan menggunakan media gambar, dan bagaimana spesifikasi dan kualitas bahan ajar yang disusun serta efektifitasnya dari sisi perolehan kosakata, pembentukan kalimat dan kelancaran berbicara. Tujuan penelitian ini adalah membuat sebuah bahan ajar dengan menggunakan media gambar dan mengetahui spesifikasinya, kualitasnya dan efektifitasnya dari sisi perolehan kosakata, pembentukan kalimat dan kelancaran berbicara.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis Penelitian Pengembangan (Research and Development), dengan prosedur : studi pendahuluan, analisis kebutuhan, desain materi pembelajaran, validasi pakar, revisi pertama, penilaian guru Bahasa Arab, revisi kedua, uji coba lapangan, revisi ketiga, dan produksi.
Hasil penelitian ini adalah sebuah produk bahan ajar berbicara bahasa Arab dengan menggunakan media gambar yang terdiri dari 3 unit yaitu “Rumahku, Keluargaku dan Alamat”. Adapun prosedur penyusunan bahan ajar ini meliputi analisis kebutuhan (needs analysis), mengembangkan silabus KTSP 2008, dan menyusunnya dalam bentuk gambar-gambar. Setelah divalidasi oleh pakar bahasa arab dan guru Bahasa Arab kemudian disimulasikan kepada siswa kemudian diujikan maka diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar yang disusun memperoleh nilai baik sekali. Dan setelah diujikan kepada siswa diperoleh nilai baik sekali dalam bidang pemerolehan kosa kata, pembentukan kalimat dan kelancaran berbicara.
Oleh Karena itu, peneliti menyarankan (1) kepada guru-guru bahasa Arab khususnya di MTsN Malang III untuk menggunakan hasil penelitian ini dalam pembelajaran berbicara bahasa arab. (2) agar guru-guru bahasa Arab menggunakan gambar sebagai media pembelajaran berbicara bahasa Arab kepada siswa kelas 7 di Madrasah Tsanawiyah.
ABSTRACT
The problems that commonly occur in the junior secondary school is that the students have not mastered the vocabulary, and the process of learning more to practice of text memorization and lack of media utilization. Therefore, the researcher designed teaching materials for speaking Arabic with images media. The image media is chosen in speaking Arabic learning because many studies reveal that the image media can help to accelerate the understanding of a foreign language.
In this study, researchers formulate the problem: How to design teaching materials for speaking Arabic with images media, and its specifications; How is the quality of teaching materials design from acquisition of vocabulary, make sentences and eloquence. This study is aimed to make a teaching material by using the image media and to know the specification of this materials design, its quality and effectiveness.
In this study, researcher used Research and Development method, with the procedure : preliminary studies, needs analysis, design of learning materials, validation of expert, first revision, evaluation of Arabic teachers, second revision, field trials, third revision, and production.
The results of this study are a product of Arabic speaking materials using images media and its specifications. The procedure of speaking materials design is needs analysis, developing the syllabus of Arabic, 2008, and arranging the images media. After validating by experts and teachers of Arabic language and than simulated to students and then tested to them, gained the conclusion that the materials got the value excellent. And this material product is effective in developing students skill of vocabulary, sentence formation and eloquence.
Hence, researchers suggest to teachers of Arabic, especially in MTsN Malang III to use the results of this study for speak Arabic teaching. (2) that Arabic teachers to use pictures as a medium for speaking Arabic teaching especially to students in first grade in the junior secondary school.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ainin, Mohammad and Al-Bari, Nur Hasan Abdul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | إعداد المواد التعليمية; الصوار التعليمية; مهارة الكلام; Penyusunan Bahan Ajar; Media Gambar; Kecakapan Berbicara; Preparing Matter; Pictures; speaking skill. | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:35 | |||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:35 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7397 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |