تصميم تدربيات اللغة العربية ببرنامج أداب فلاش: بحث تطويري في المدرسة الثنوية الإسلامية الحكومية 6 جومبانج جاوى الشرقية

Faiqotul Himmah, Muslihah (2011) تصميم تدربيات اللغة العربية ببرنامج أداب فلاش: بحث تطويري في المدرسة الثنوية الإسلامية الحكومية 6 جومبانج جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
09720065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK

Latihan merupakan hal penting bagi siswa dalam pembelajaran bahasa karena dengan latihan bisa kita ketahui sejauh mana siswa mampu menyerap materi pelajaran yang telah dipelajarinya. Kesan pertama yang baik dalam belajar sangat mempengaruhi siswa secara psikologis dan keilmuan, oleh karena itu peneliti merancang media pembelajaran berupa latihan dengan program dasar Adobe Flash. Peneliti memilih program ini karena program ini dianggap paling sesuai penggunaanya dalam pembelajaran.

Setelah peneliti selesai merancang media ini, peneliti melakukan uji coba lapangan dan mengobservasi kondisi psikologis siswa sepanjang pelajaran dan pengaruh media yang dirancang terhadap pelajaran bahasa Arab.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana proses mendesain latihan dalam program Adobe Flash untuk pengajaran Bahasa Arab siswa MAN 6 Jombang?, (2) Sejauh mana efektifitas penggunaan Latihan dalam program Adobe Flash bagi pengajaran Bahasa Arab siswa MAN 6 Jombang? (3) Sejauh mana efektifitas penggunaan Latihan dalam program Adobe Flash dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pelajaran bahasa Arab?

Penelitian ini adalah penelirian pengembangan. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI MAN 6 Jombang pada tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI IPA yang berjumlah 32 siswa.

Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Proses mendesain latihan dalam program Adobe Flash ini mengikuti langkah-langkah penelitian pengembangan menurut Soegiono melalui enam langkah yaitu menganalisis, mendesain, mengembangkan, memvalidasi, merevisi program serta menguji coba.Penelitian ini menghasilkan program latihan yang terdiri dari (a) Tampilan Utama berupa latihan yang terdiri dari 20 latihan, (b) Tampilan penunjang berupa materi pelajaran Bahasa Arab untuk kelas XI semester genap, (c) Tampilan pembantu berupa informasi umum, (2) Setelah dilakukan percobaan penerapan program ini terhadap tim validator dan siswa, diketahui efektifitas program ini (a) ditinjau dari aspek kualitas pendidikan menunjukkan skor rata-rata 4,11 atau Baik, (b) ditinjau dari segi kualitas pemrograman menunjukkan skor rata-rata 4,3 atau Baik Sekali, (c) ditinjau dari segi kualitas teknis menunjukkan skor rata-rata 4,91 atau Baik Sekali (d) ditinjau dari respon pengguna skor rata-rata 4,21 atau Baik. Penilaian program ini menggunakan rentang skor 1 sampai 5. (3) Efektifitas program ini dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pelajaran bahasa Arab diketahui dari pemahaman siswa terhadap pelajaran dengan lebih baik dan mendalam, siswa lebih memperhatikan pelajaran, serta lebih cepat dalam menghafal kosa kata Arab.

Revisi program ini berupa penyempurnaan kode pemrograman, perubahan tombol, efek suara, serta hal-hal yang berhubungan dengan pengoperasian program dan beberapa revisi tulisan yang mengharuskan penggunaan uslub arab yang baik.

ABSTRACT

Exercise is important for students in language learning because from drill we can know the extent to which students are able to absorb the lessons they have learned. A good first impression in learning greatly affect students psychologically and science, therefore, researchers designing instructional media in the form of exercises with the basic program of Adobe Flash. The researcher choose this program because the program is considered the most suitable usage in learning.

After the researchers finished designing this media, the researchers conducted field trials and observing the psychological conditions of students throughout the lesson and the influence of media that is designed to Arabic lessons. Formulation of the problem in this study were: (1) How does the process of designing an exercise in Adobe Flash for the Arabic teaching for the students of MAN 6 Jombang?, (2) What is the effectiveness of Arabic Exercises Design By Using Adobe's Flash Program for the Arabic teaching for the students of MAN 6 Jombang? (3) What is the effectiveness of Arabic Exercises Design By Using Adobe's Flash Program in improving students’ ability in Arabic learning?

This study is a research development. The study population consisted of eleventh graders of MAN 6 Jombang in the school year 2010/2011. This study sample consisted of students' class XI IPA which amounts to 32 students.

The results of this study were: (1) The process of designing the exercises in the program Adobe Flash is to follow the steps according Soegiono development research through the six steps of analyzing, designing, developing, validating, revising the program and field research. The study produces an exercise program consisting of (a) Main Display of exercise consisting of 20 exercises, (b) supporting display consisting of materials for class XI, (c) the form helpers Display consisting of general information, (2) After a trial implementation of this program to the team validator and students, known effectiveness of these programs (a) viewed from the aspect of quality of education showed an average score of 4.11 or Good, (b) in terms of programming quality shows the average score of 4.3 or Excellent, (c) terms of technical quality showed an average score of 4.91 or Excellent (d) in terms of user response average score of 4.21 or good. Assessment of the program uses scores range from 1 to 5. (3) Effectiveness of these programs in improving students’ ability in Arabic learning known from the better understanding and attention toward lesson and the students have the more and faster ability in memorizing Arabic vocabularies.

Revision of the program is a refinement of programming code, change buttons, sound effects, as well as matters relating to the operation of the program and some revisions to the text requires the use of good Arabic pattern.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Ainin, Mohammad and Huda, Miftahul
Keywords: تدربيات اللغة العربية; برنامج أداب فلاش; Latihan Bahasa Arab; Program Adobe Flash; Arabic Exercises; Adobe's Flash Program
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:35
Last Modified: 24 Jul 2017 09:35
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7396

Actions (login required)

View Item View Item