Muharrar, Muharrar (2011) فعالية استخدام الطريقة الاستقرائية في تعليم قواعد اللغة العربية لتنمية مهارة الكلام: بحث تجريبي في معهد "الإصلاح الديني" كديري لومبوك الغربية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09720093.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Proses pengajaran qawaid adalah salah satu fungsi guru Bahasa Arab yang tak terlepas dengan siswanya, qawaid Bahasa Arab pada awal kemunculannya faedahnya memelihara ucapan dan tulisan dari pada kesalahan berkembangnya bahasa. Qawaid Bahasa Arab adalah alat dan media untuk memahami kandungan agama Islam dari sumbernya yang asli yakni Alqur’an dan hadits.
Qawaid bahasa Arab berkaitan erat dengan kemahiran berbicara, karena siswa membutuhkan media atau alat untuk memahami susunan kalimat pada materi kemahiran berbicara secara terperinci ketika diucapkan atau dikomunikasikan karena tujuan dari pengajaran kemahiran berbicara adalah diantaranya: mengungkapkan isi pikiran menggunakan qawaid Nahwiyah, menggunakan struktur yang benar pada susunan kalimat Bahasa Arab ketika mengungkapkan, dan pada kemahiran berbicara diajarkan 3 pola latihan yang berkaitan erat dengan pengajaran qawaid, yakni latihan mekanis, bermakna, dan komunikatif.
Dalam pengajaran qawaid untuk menunjang kemahiran berbicara tidak terlepas dengan metode yang digunakan, salah satunya adalah metode induktif yakni metode yang dimulai dengan menampilkan contoh-contoh kemudian menyimpulkan qaedah-qaedah bahasa Arab. Dan untuk kelancaran proses pengajaran dengan metode induktif digunakan langkah-langkah, 1, pendahuluan, 2, pemaparan teks, 3, analisa teks, 4, menyimpulkan qaedah, 5, Aplikatif.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan pengetahuan tentang efektifitas penggunaan metode induktif dalam pengajaran Qawaid bahasa Arab, untuk meninngkatkan kemahiran berbicara dan menghasilkan pengetahuan tentang tingkat keberhasilan metode induktif dalam meningkatkan kemahiran berbicara dalam pengajaran qawaid bahasa Arab. Yang diuji cobakan di pondok pesantren Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat pada kelas 1A Madrasah Aliyah putra.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan eksperimen metode induktif dalam pengajaran Qawaid untuk meningkatkan kemahiran berbicara, dan instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara angket dan test.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode induktif dalam pengajaran qawaid Bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara , menghasilkan nilai rata-rata yang sangat signifikan, adapun kelas yang tidak menggunakan metode induktif menghasilkan nilai rata-rata yang cukup.
ABSTRACT
Qawaid teaching process is one of the functions of teachers of Arabic who was released by his students, qawaid Arabic at the inception boondoggle maintain speech and writing than on the development of language errors. Qawaid Arabic is the tools and media to understand the content of the religion of Islam from the original source of the Quran and hadith.
Qawaid closely related to Arabic speaking skills, because students need the media or tools to understand the structure of sentences spoken proficiency on the matter in detail when spoken or communicated for the purpose of teaching skills of speaking is such as: speak your mind using qawaid Nahwiyah, using the correct structure at Arabic sentence structure when expressing and speaking skills are taught in three exercise patterns are strongly associated with teaching qawaid, namely a mechanical exercise, meaningful, and communicative.
In qawaid to support the teaching skills of speaking can not be separated with the method used, one of which is the method of inductive method that begins by showing examples and then conclude Qaeda-Qaeda Arabic. And to smooth the process of teaching the inductive method used measures, first, preliminary, 2, exposure of the text, 3, text analysis, 4, concluded Qaeda, 5, Applicative.
The purpose of this study was to generate knowledge about effective use of the inductive method in teaching Arabic language Qawaid, for increasing proficiency speaking and generate knowledge about the success rate of the inductive method in improving speaking proficiency in Arabic language teaching qawaid. Are tested at the boarding school Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat in class 1A Madrasah Aliyah son.
This type of research is quantitative research conducted by performing experiments in the inductive method of teaching Qawaid to improve speaking skills, and instruments used in this study is observation, interview questionnaires and tests.
The results of this study is that the use of inductive methods of teaching Arabic qawaid to improve speaking skills, producing an average value which is very significant, as for classes that do not use the inductive method of generating an average value is sufficient.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Syuhadak Sholeh and Mustofa, Gareeb Allah Baa Bikr | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | الطريقة الاستقرائية; قواعد اللغة العربية; مهارة الكلام; Metode Induktif; Qawaid Bahasa Arab; Kemahiran Berbicara; Inductive Method; Qawaid Arabic; Speaking Proficiency | |||||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab | |||||||||
Depositing User: | Mohammad Syahriel Ar | |||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:37 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jan 2018 10:05 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7393 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |