Mustofa, Dhuha Amalia (2013) Penggunaan metode Think Pair Share dengan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas III mata pelajaran bahasa Indonesia di MI “Madrasah Wajib Belajar” Mronjo Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09140023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran wajib yang harus dipelajari oleh seluruh bangsa Indonesia. Salah satu komponen penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah kompetensi menulis. Pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III MI MWB Mronjo Blitar pada aspek menulis karangan ditemukan tiga permasalahan 1) rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan kurang efektifnya guru dalam penggunaan metode pembelajaran, sehingga pembelajaran terkesan monoton. 2) rendahnya kemampuan siswa dalam menemukan ide yang akan ditulisnya ke dalam bentuk karangan sehingga karangan yang ditulis siswa hanya seadanya, rendahnya kemampuan siswa dalam memadukan hubungan antarkalimat, serta penggunaan ejaan dan tanda baca. 3) rendahnya minat siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada aspek menulis karangan. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu tindakan untuk memperbaiki permasalahan tersebut dengan menerapkan metode think pair share (TPS) dengan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menerapkan metode think pair share (TPS) dengan media gambar seri siswa kelas III MI MWB Mronjo Blitar. 2) untuk mengetahui hasil dari metode think pair share (TPS) dengan media gambar seri siswa kelas III MI MWB Mronjo Blitar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan PTK ini sebanyak 2 siklus. Setiap tindakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknikyang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Pelaksanaanpeningkatan kemampuan menulis karangan kelas III ini
dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah tersusun didalam RPP.(1) Pada siklus I pertemuan I dilaksanakan pre test rata-rata hasil yang diperoleh 68,21 sedangkan siklus I pertemuan II rata-rata hasil yang diperoleh 72,03. (2) pada siklus II pertemuan I terjadi peningkatan cukup besar 76,37 sedangkan siklus II pertemuan II (post test) 79,12. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode think pair share (TPS) dengan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan rata-rata yang diperoleh.
ENGLISH:
Indonesian language is a compulsory subject to be learned by Indonesian. An important component in learning Indonesian is writing competence. Indonesian language learning in class III MI MWB Mronjo Blitar especially on aspects of essay writing found three problems 1) lack of student learning outcomes due ineffective method that used by teacher. 2) low ability students in finding ideas that will be written. 3) lack of student interest in the Indonesian language teaching in particular on aspects of essay writing. Therefore, we need some action to correct the problem by applying the method of think pair share (TPS) with a series of media images to enhance the students' ability to write essays.
The objectives of this study were 1) to apply the method of think pairs hare (TPS) with serial images to III grade MI WBM Mronjo Blitar students. 2) to determine the result of the method of think pair share (TPS) with serial media image.
This research using Classroom Action Research (CAR) method with a qualitative approach. This research consist 2 cycles. Each action includes planning, implementation, observation and reflection. Techniques used in data collection include: observation, interviews, and documentation. The analysis used descriptive qualitative research techniques. The order includes 4 stages of research activities include: (1) Planning, (2) implementation, (3) Observation and (4) Reflection.
Implementation of essay writing skills improvement class III was conducted in accordance with the plan that has been arranged in the Syllabi. (1) In the first cycle the first meeting held pre-test average of 68.21while the results obtained first cycle II meeting the average results obtained 72.03. (2) the second cycle of the first meeting there was an increase large enough meeting 76.37 while the second cycle II (post-test) 79.12. From the result can be concluded that the application of the method think pair share (TPS) with serial media images can improve the ability of students to write essays. It can be seen from the average increase obtained.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Think Pair Share (TPS); Media Gambar Seri; Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan; Think Pair Share TPS; Media Image Series; Improving Writing Ability | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:57 | ||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 13:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7392 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |