Muta’alimah, Azizatul (2013) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembinaan karakter siswa Sekolah Dasar Negeri Sukun 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kemajuan kehidupan masyarakat suatu negara sangat dipengaruhi oleh kemajuan dalam dunia pendidikannya, dalam hal ini pendidikan dasarlah yang paling berperan dalam membangun karakter serta kepribadian anak agar ketika dewasa nanti tidak terjerumus pada hal yang tidak diinginkan. Pembinaan karakter tersebut salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah-sekolah.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembinaan karakter siswa Sekolah Dasar Negeri Sukun 3 Malang, 2. Mendeskripsikan nilai-nilai karakter dari implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembinaan karakter siswa Sekolah Dasar Negeri Sukun 3 Malang, 3. Mendeskripsikan kendala implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembinaan karakter siswa Sekolah Dasar Negeri Sukun 3 Malang, 4. Mendeskripsikan solusi implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembinaan karakter siswa Sekolah Dasar Negeri Sukun 3 Malang.
Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan mulai dari pengumpulan data, editing (pemilahan), dan pengecekan keabsahan temuan. Untuk pengecekan keabsahan temuan data peneliti menggunakan metode triangulasi dan kecakupan referensial.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembinaan karakter siswa Sekolah Dasar Negeri Sukun 3 Malang terdapat 2 kegiatan, yaitu kegiatan latihan mingguan dan kegiatan tahunan, pelaksanaannya dengan sistem beregu dan dengan sistem satuan terpisah, kegiatannya mengandung unsur edukatif, menerapkan pola hidup sederhana dan dengan sistem among. 2) Nilai-nilai karakter dari implementasinya yaitu tanggung jawab, demokratis, percaya diri, disiplin, tertib, cinta tanah air, toleransi, rasa ingin tahu, gemar membaca, bersahabat, jujur, mandiri, kreatif, religius, peduli lingkungan, peduli sosial, semangat kebangsaan, cinta damai, kerja keras dan menghargai prestasi. 3) Kendalanya yaitu waktu latihan dan jumlah pembina yang terbatas, kurangnya koordinasi, ketidakpercayaan orangtua pada pramuka dan sarana prasarana yang belum memadai. 4) Solusinya adalah penambahan jumlah pembina, koordinasi antara pembina dengan pihak sekolah, buku penghubung wali murid, serta perbaikan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan ekstrakurikuler pramuka.
ABSTRACT
The progress of a country's public life are affected by advances in the world of education, in this case primary school education most instrumental in building a student’s character and personality in order to when they are adult not to fall on unexpected things. The way to coaching the character with the scout extracurricular activities on schools.
The objectives of this study are 1. Description the implementation of scouts extracurricular in coaching student’s character at Sukun 3 primary school Malang, 2. Description the character values of the implementation scouts extracurricular, 3. Description the obstacles in implementing scout extracurricular; 4. Description the solution on implementation scouts extracurricular in coaching student’s character at Sukun 3 primary school.
This research is qualitative descriptive. Data collection techniques are observation, interview and documentation. Process data analysis conducted from data, editing (sorting), and checking the validity of invention.To check the validity of the findings the researchers use a triangulation of data and scope of referential.
The results of research showed that: 1) the implementation of scout extracurricular activities in coaching student’s character at Sukun 3 primary school there are two activities, weekly exercise activities and annual events, system implementation system with separate units, contain elements of educational activities, applying the pattern of simple living and the among system; 2) The character values are: responsibilities, democratic, self-confidence, discipline, discipline, patriotism, tolerance, curiosity, love to read, friendly, honest, independent, creative, religious, environmental care, social care, national spirit, love of peace, hard work and the achievements. 3) The obstacles are time of exercise and a limitation the number of scout supervisor, lack of coordination, parental distrust on scout and inadequate infrastructure. 4) The solution is to increase the number of scout supervisors, the coordination between the scout supervisor with the school, book liaison students, and the improvement of facilities and infrastructure that support extracurricular activities scouts.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Gafur, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka; Pembinaan Karakter; Scouts Extracurricular Activities; Coaching Characters | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:57 | ||||||
Last Modified: | 09 May 2023 11:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7391 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |