فعالية استخدام "لعب الأدوار" في تنمية مهارة الكلام: بحث تجريبي في المدرية المتوسطة الإسلامية الحكومية بيطان بربولنجو جاوى الشرقية

As’adi, Muhammad (2011) فعالية استخدام "لعب الأدوار" في تنمية مهارة الكلام: بحث تجريبي في المدرية المتوسطة الإسلامية الحكومية بيطان بربولنجو جاوى الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Keterampilan berbicara merupakan sebagian keterampilan yang pokok dalam pengajaran bahasa. Sekalipun ia sendiri adalah alat komunikasi dengan orang lain. Dan siswa tidak dianggap belajar keterampilan berbicara jika ia tidak dibiasakan dengan latihan berbicara.

Setelah peneliti melakukan observasi (melalui wawancara dengan guru bahasa arab) dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri Paiton, peneliti menemukan persoalan-persoalan yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara, yaitu: (1) kurangnya latihan berbicara bagi siswa. (2) tidak adanya metode yang bervariasi yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Dan penulis melihat bahwa kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara lemah. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian tentang penggunaan role playing dalam pembelajaran keterampilan berbicara, karena teknik ini banyak melatih siswa dalam berbicara

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sejauh mana efektifitas pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan role playing untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengucapkan bahasa dengan benar, menggunakan kosakata yang sesuai dan berbicara dengan lancar

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitafif, dan berlangsung dalam 7 pertemuan. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, angket dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan role playing efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengucapkan kata-dengan benar, menggunakan kosakata yang sesuai dan berbicara dengan lancar.

Sebagian saran dan kritik peneliti dalam penelitian ini ialah: (1) hendaknya guru memberikan perhatian yang besar dengan menggunakan role playing dalam pembelajaran keterampilan berbicara agar siswa bisa berbicara dengan baik dan lancar. (2) Hendaknya guru sering melatih siswa untuk berbicara dalam pembelajaran keterampilan berbicara. (3) bagi peneliti yang lain agar bisa mengembangkan penelitian ini, misal keterampilan mendengar dengan menggunakan role playing.

ABSTRACT

Speech skill is part of the basic skill in languange teaching. Even he himself is a means of communication with others. And the students are not considered to learn speech skills if they are not used by speaking practice.

After the researcher did observation (through the interview with the Arabic language teacher) in the process of teaching the Arabic language in Islamic Secondary School Paiton, the researcher found some of the problems faced by the students and teacher in the teaching of speech, namely: (1) lack of practice for oral expression by students (2) No variation method was used by teacher in teaching process. And the researcher believes that students in the skill of speech were weak. For this, the researcher did observation the usage of role playing in skill of speech teaching. Because this method was practiced by many students in speaking.

Research questions in this research are: how effective is the teaching of Arabic language in using role playing to improve the student’s skill to pronoun language correctly, to use good vocabularies fluently.

The methodology of this research is the entrance quantitative experimental method; this research has been on seven meeting. And the instrumens for data collection in this research were: interview, form, and test.

The result of research wich indicate that the usage of role playing effective to improve the student skill to pronoun word correctly, to use good vocabularies and speaking well.

The researcher’s recommendations and suggestions in this research are: (1) that the teacher cares about the using role playing in teaching speech skill i order to students can speak well and fluently. (2) The teacher must practice speaking in speech skill lesson. (3) To other researchers to evolve this research, for example, listening skills using role playing.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Murtadho Mahmudi, Nurul and Allah Ba Biker Mustofa, Gareeb
Keywords: تنمية مهارة الكلام; Teknik Role Playing; Pengembangan Keterampilan Berbicara; Using Role Playing as Method; Developing Speaking Skill
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:36
Last Modified: 24 Jul 2017 09:36
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7388

Actions (login required)

View Item View Item