Indriani, Erna Putri (2013) Upaya guru dalam penyelesaian problematika pembelajaran IPA siswa di MINU Curungrejo Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
IPA adalah suatu kumpulan teori sistematis, penerapannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam, lahir dan berkembang melalui metode ilmiah seperti observasi dan eksperimen serta menuntut sikap ilmiah seperti rasa ingin tahu, terbuka dan jujur. Masalah yang mendasar yang dikeluhkan oleh guru IPA di MINU Curungrejo pada pada pembelajaran IPA adalah kurangnya minat baca siswa dan juga berkendala media pada saat melakukan praktek. Hal itu ditandai dengan pasifnya siswa pada saat proses belajar berlangsung, dan kurang pahamnya siswa jika hanya diterangkan melalui toeri saja tanpa ada praktek. Oleh karena itu peneliti memilih untuk mengidentifikasi problem pembelajaran dan mencari solusi untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.
Penelitian ini dilaksanakan di MINU Curungrejo Kepanjen Malang, dengan objek penelitian Guru bidang studi IPA. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam peelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan Problematika Pembelajaran IPA di MI NU Curungrejo Kepanjen Malang, 2) Untuk mendeskripsikan upaya guru IPA dalam mengatasi problem pelaksanaan pembelajaran IPA di MI NU Curung Rejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang, 3) Untuk mendeskripsikan faktor –faktor yang menghambat pada saat proses pembelajaran IPA di MI NU Curung rejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang.
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu : metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif kualitatif adalah penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak problem-problem yang dialami guru dan siswa pada saat proses belajar mengajar siswa di MINU Curungrejo, seperti : kurangnya minat baca siswa, kurang terpenuhinya media pembelejaran, kurangnya konsentrasi siswa karena terlalu banyak jumlah siswanya, tetapi guru sudah berupaya menyelesaikan problem tersebut dengan mencoba membuat kuis untuk memambah minat baca siswa, mencoba membagi siswa menjadi beberapa kelompok agar lebih berkonsentrasi, dan mencoba untuk membuat media tersendiri untuk melakukan praktek.
ENGLISH:
Natural Science is a systematic collection of theory, its application is generally limited to the phenomena of nature, birth and developed through scientific methods such as observation and experiment, and demanding scientific attitudes such as curiosity, open and honest. The fundamental problem complained of by science teacher Minu Curungrejo on the science learning of students is the lack of interest in reading and also is constrained media during practice. It was marked by passivity students during the learning process takes place, and if the student is less pahamnya only be explained through the theories have without any practice. Therefore, researchers choose to identify learning problems and find solutions to solve these problems.
The research was conducted in MI NU Curungrejo Kepanjen Malang, the research object science fields of study Teacher. The objectives to be achieved in this peelitian are: 1) To describe the IPA Learning Problems in MI NU Curungrejo Kepanjen Malang, 2) To describe efforts to solve problems of science teachers in the implementation of science teaching at MI NU Curung rejo Kepanjen District Malang Regency, 3) To describe the factors that hinder the process of learning science while in MI NU Curung rejo Kepanjen District Malang Regency.
In this research, the approach taken is through qualitative research approach with case study research. In collecting the data, researchers used several methods: observation, interviews, and documentation methods. While to analyze, researchers used a qualitative descriptive analysis. Qualitative descriptive analysis is a thorough depiction of the real situation.
The results showed that there are still many problems experienced by teachers and students during the learning process of students in Minu Curungrejo, such as: lack of student interest in reading, less fulfillment pembelejaran media, lack of concentration students because too many of their students, but the teacher has attempted to resolve the problem with trying to make a quiz for memambah students' interest in reading, trying to divide the students into groups to be more concentrated, and try to make their own media to do the practice.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Problematika Pembelajaran IPA; Upaya Guru Menyelesaikan; Science Learning Problems of Students; Teachers and Remedies | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:57 | ||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 13:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7385 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |