فعالية ألعاب النطق لترقية مهارة القراءة: بحث تجريبي في مدرية الهدى المتوسطة الإسلامية بباندونج تولونج اجونج جاوا الشرقية

Andarwati, Lilis (2011) فعالية ألعاب النطق لترقية مهارة القراءة: بحث تجريبي في مدرية الهدى المتوسطة الإسلامية بباندونج تولونج اجونج جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Banyak masalah penting yang dihadapi guru bahasa Arab sebagai bahasa asing seperti halnya kesulitan siswa dalam mengucapkan kosa kata, memahami makna kata dan membedakan kosa kata lisan dan tertulis. Sehingga guru membutuhkan pembelajaran yang efektif dalam mengatasi kesulitan tersebut. Masalah lainnya yaitu kondisi psikologi siswa di sekolah menengah pertama masih merasa takut dan malas belajar membaca bahasa arab, sementara mereka masih suka bermain-main. Oleh karena itu dengan cara menggunakan permainan bahasa dalam proses belajar mengajar keterampilan membaca bahasa Arab akan memenuhi kesulitan-kesulitan bahasa yang disebabkan oleh kondisi psikologi siswa dalam proses belajar mengajar.

Pokok permasalahan dari penelitian ini adalah: seberapa jauh keefektifan permainan bunyi bahasa dalam meningkatkan keterampilan membaca di Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Huda Bandung Tulungagung Jawa Timur, dari segi: (١) mengucapkan kosa kata sulit Bahasa Arab, (٢) mengartikan kosa kata, (٣) membedakan kosa kata lisan dan tertulis.

Metodologi penelitian ini menggunakan: pendekatan Kuantitatif, penelitian empiris dan the equivalent pretest-postest design. Obyek penelitian ini adalah terdiri dari siswa-siswi kelas VII "B” dengan jumlah ٤٠ siswa dan kelas VII "f” dengan jumlah ٤٠ siswa di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung Jawa Timur, tahun akademik ٢٠١٠-٢٠١١. Menggunakan instrument penelitian: test, wawancara dan kuesioner.

Hasil penelitian dari penggunaan permainan bunyi bahasa "Saya di sini" dalam meningkatkan keterampilan membaca di Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Huda Bandung Tulungagung, Jawa Timur, adalah: (١) efektif untuk pengucapan kosa kata sulit Bahasa Arab sampai dengan ٩٠,٩٤%. (٢) efektif dalam mengartikan kosa kata sampai dengan ٨٥,٤٢%. (٣) efektif dalam membedakan kosakata lisan dan tertulis sampai dengan ٩٨,٧٥%.

ABSTRACT

There are important problems faced by teachers of Arabic as a foreign language as well as how to deal with student difficulties in pronunciation of words, to understand the meaning of words and distinguish between oral and written vocabulary. So that effective learning requires teachers to overcome these difficulties. Caused also by the psychological condition of students in middle school still feel scared and lazy to learn to read Arabic, while they still like to play around. Therefore, by way of language games in teaching and learning the skills to read Arabic will meet for psychology students in teaching and learning.

Problem statement of this research are: How much of the pronunciation games in improving reading skills in The first middle school Islamic (MTs) of Al- Huda Bandung Tulungagung East Java, in the areas of: (١) Pronunciation of difficult vocabulary Arabic, (٢) Defines the vocabulary, (٣ ) Distinguish between oral and written vocabulary.

This research methodology used: Quantitative approaches, experiment research and the equivalent pretest-posttest design. The object of this research is composed of students of class VII "B" with ٤٠ students and class VII "f" ٤٠ students in MTs Al-Huda Bandung Tulungagung East Java, in the academic year ٢٠١٠-٢٠١١. Using a research instrument: tests, interviews and questionnaires.

The results from the use of pronunciation games "I am here" in improving reading skills in The first middle school Islamic (MTs) of Al-Huda Bandung Tulungagung, East Java, there are: (١) effective for the pronunciation of difficult vocabulary Arabic up to ٩٠,٩٤%. (٢) effective in defines vocabulary up to ٨٥,٤٢%. (٣) effective in distinguishing between oral and written vocabulary up to
٩٨,٧٥%.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Idris Jauhar, Nasaruddin and Allah Mustafa Babiker, Gareeb
Keywords: مهارة القراءة ;ألعاب النطق; Permainan Bunyi Bahasa; Keterampilan Membaca; Pronunciation Games; Reading Skills
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:36
Last Modified: 24 Jul 2017 09:36
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7384

Actions (login required)

View Item View Item