Azizah, Ilza Ma’azi (2013) Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA materi rangka manusia kelas IV MIN Cengkok Ngronggot Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif didasarkan pada kenyataan bahwa pemahaman siswa terhadap materi rangka manusia tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena keterbatasan media pendukung dalam menyampaikan materi rangka manusia yang tidak dapat diamati langsung dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu perlu adanya bahan ajar yang mampu menyajikan bentuk konkrit dari materi itu sendiri, seperti bahan ajar berbasis multimedia interaktif. Penggunaan bahan ajar dengan menerapkan multimedia interaktif dapat membantu siswa dalam memahami materi karena bahan ajar ini memadukan antara teks, animasi, audio dan vidio sehingga menjadikan materi menarik untuk dipelajari.
Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar dan media pembelajaran yang variatif, meningkatkan kemenarikan bahan ajar dan mendeskripsikan hasil belajar siswa melalui penggunaan bahan ajar berbasis multimedia interaktif.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan rancangan penelitian yang diadaptasi dari model Borg and Gall. Berdasarkan prosedur tersebut terdapat empat tahap penelitian yakni 1) tahap pra pengembangan, 2) tahap pengembangan, 3) tahap uji coba produk, 4) tahap revisi produk. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini merupakan siswa kelas IV MIN Cengkok Ngronggot Nganjuk. Uji coba ini digunakan untuk mengumpulkan data dalam rangka mengetahui tingkat ke validan bahan ajar dan media yang dikembangkan.
Hasil dari pengembangan bahan ajar dengan multimedia interaktif untuk mata pelajaran IPA memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi 1 dan 2 mencapai tingkat kevalidan 80% dan 90,7%, ahli desain dan media 1 dan 2 mencapai tingkat kevalidan 83,3% dan 78,3% , uji ahli pembelajaran 1 dan 2 mencapai tingkat 88% dan 92%, dan audiens (siswa) mencapai tingkat kevalidan 84,8%. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post-test lebih bagus dari pre-test yaitu 76,16 > 66,74. Sedangkan pada perhitungan uji t manual didapatkan
hasil thitung 5,41 dan = ttabel = 1,734 sehingga thitung > ttabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap bahan ajar dan media yang dikembangkan.
Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar sehingga bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
ENGLISH:
The development of interactive multimedia teaching materials is based on the fact that students understanding on human skeletal material is relatively low. It is caused by the limited supporting media in teaching human skeletal material which cannot be observed directly in everyday life. Therefore, a teaching material which is able to show concrete form of it’s material is needed, such as a interactive multimedia teaching material. The using of teaching material by implementing interactive multimedia can help students to understand the material because this teaching material combines text, animation, audio and vidio which make the material interesting to be studied.
The purpose of this development is to produce various teaching materials and media improve a more effective, effisien and interesting teaching material and described students learning result through the using of interactive media teaching material.
This research uses Research and Development methods with a research framework adapted from Borg and Gall. Based on the procedure, there are four research stage: 1 ) pre-development, 2 ) development 3 ) product testing, 4 ) products revision. The reserch subject in the development testing are the fourth graders of MIN Cengkok Ngronggot Nganjuk. The testing is used to collect data in order to know the validity level of the developed teaching material and media.
The result of development of teaching material using interactive media for Natural Science fits the validity criteria with the test result of material expert 1 and 2 achieve the validity level 80 % and 90.7 %, design and media expert 1 and 2 achieve the validity level 83.3 % and 78.3 %, teching expert 1 and 2 achieve the validity level 88 % and 92 %, and audiences ( students ) achieve the validity level 84.8 %. The reserch result shows average scores of post-test are better than pre-
test which is 76.16 > 66.74. Meanwhile, the manual t-test shows the result of tcount 5.41 and = ttable = 1.734 therfore tcount > ttabel which means that there is a significant different toward the developed teaching material and media. It proves
that the developed product can improve the result of the study so that the developed teaching material is feasible to be used in teaching activities.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wibowo, Agus Mukti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar; Multimedia Interaktif; Hasil Belajar; Development; Teaching Materials; Interactive Multimedia; The Result Study | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:57 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7383 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |