Resita, Yani Eka (2013) Penerapan metode cooperative learning tipe team game tournament dengan menggunakan media magic disc untuk meningkatkan prestasi belajar FPB dan KPK bagi siswa kelas IV MI Al-Fattah Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140134.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rendahnya kualitas program pembelajaran di Madrasah sering kali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi pembelajaran aktif yang ditawarkan. Pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu dan kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya, salah satunya adalah penerapan metode kooperatif learning tipe team game tournament dan media magic disc pada pembelajaran Matematika. Dengan menerapkan metode dan media ini, diharapkan mutu kualitas pembelajaran meningkat.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menerapkan metode team game tournament (TGT) dan media magic disc siswa kelas IV MI Al-Fattah kota Malang. 2) Untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IV MI Al-Fattah Malang. Penelitian ini berdasarkan rumusan masalah: 1) Bagaimana proses perencanaan dalam peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan metode kooperatif learning tipe team game tournament dan media magic disc pada siswa kelas IV MI Al-Fattah Kota Malang, 2) Bagaimana pelaksanaan dalam peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan metode cooperatifve learning tipe team game tournament dan media magic disc pada siswa kelas IV MI AlFattah Kota Malang, 3) Bagaimana penilaian proses dalam peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan metode kooperatif learning tipe team game tournament dan media magic disc pada siswa kelas IV MI Al-Fattah Kota Malang
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: observasi, wawancara, dokumentasi, pengukuran tes. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan deskriptif kualitatif. Urutan kegiatan peneliti mencangkup 4 tahap meliputi: 1)Perencanaan, 2)Pelaksanaan, 3)Observasi, 4)Refleksi.
Mengawali penelitian ini, peneliti terlebih dahulu mengobservasi tentang karakteristik siswa kelas IV dan hasil belajar Matematika sebelumnya melalui wawancara dengan guru bidang studi, kemudian peneliti membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan metode cooperative learning tipe TGT dengan menggunakan media magic disc. Kemudian pelaksanaan peningkatan hasil xx belajar Matematika pada materi FPB dan KPK kelas IV dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah tersusun di dalam RPP, meskipun menemui berbagai penghalang. Terjadinya peningkatan pada setiap siklus. Rincian peningkatan prestasi belajar Matematika FPB dan KPK adalah: (1) Pada pre tes ke siklus I terjadinya peningkatan prestasi belajar sebesar 17,55% atau dari rata-rata pre test siklus I 58,75 menjadi 69,06. Pada pre test ke siklus II terjadinya peningkatan sebesar 23,40% atau dari rata-rata 58,75 menjadi 72,5 dan pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 4,98% atau dari rata-rata 69,06 menjadi 72,5. Pada siklus III terjadi peningkatan yang drastis, pada pre test ke siklus III yakni 50,01% atau dari rata-rata 58,75 menjadi 88,13 dan pada siklus II ke siklus III terjadinya peningkatan sebesar 21,56% atau dari rata-rata 72,5 menjadi 88,13. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode cooperative learnig tipe team game tournament dan media magic disc dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Matematika; Prestasi Belajar; Team Game Tournament (TGT); Magic Disc | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dellavia Azzahra Permata Putri | ||||||
Date Deposited: | 25 Jul 2017 11:13 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2017 11:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7371 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |