فعالية استخدام المعمل اللغوي لترقية مهارة الاستماع: دراسة تجريبية بالمدرسة الثنوية الحكومية تمباء براس جومبانج جاوا الشرقية

Nurus Suroiyah, Evi (2011) فعالية استخدام المعمل اللغوي لترقية مهارة الاستماع: دراسة تجريبية بالمدرسة الثنوية الحكومية تمباء براس جومبانج جاوا الشرقية. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09720055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mendengar adalah sesuatu yang sangat penting dalam hidup kita, karena tanpa pendengaran yang baik maka kita tidak akan bisa berkomunikasi dengan yang lain. Banyak dari para guru sekarang, khususnya guru Bahasa Arab, belum mampu dan mengetahui apa yang harus dikerjakan dalam pembelajaran mendengar, sedangkan mendengar adalah tahap pertama pemerolehan bahasa anak. Peneliti memilih pembelajaran ketrampilan mendengar di Madrasah Aliyah karena pada tingkatan ini pembelajaran ketrampilan mendengar tidak begitu diperhatikan, sedangkan pembelajaran ketrampilan mendengar sangat penting bagi kita saat ini ataupun untuk masa depan. Dan alasan peneliti memilih Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang Jawa Timur disebutkan pada Bab pertama dalam thesis ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi cara pembelajaran mendengar dengan menggunakan laboratorium Bahasa dan efektivitas penggunaan laboratorium bahasa dalam pembelajaran keterampilan mendengar di Madrasah Tambakberas Jombang Jawa Timur.

Metodologi penelitian yang dugunakan oleh peneliti adalah kuantitatif deskriptif eksperimental. Penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test yang menggunakan laboratorium bahasa sebagai opsional untuk meningkatkan efisiensi mendengar dengan bahasa arab dan komunitas penelitian ini adalah untuk semua siswa kelas dua aliyah semester dua di Madrasah Tambakberas Jombang Jawa Timur tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa keseluruhan 1.549 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah siswi kelas A (15 siswi) yang menjadi kelompok kontrol, dan siswi di kelas B (15 siswia) menjadi kelompok experimen. Adapun metode dari semua data dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara dan kuesioner dan tes. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwa pembelajaran ketrampilan mendengar dalam bahasa arab menggunakan laboratorium bahasa dilaksanakan dengan menyenangkan hal itu dibuktikan dengan respon siswi yang merasa senang ketika memakai media ini. Dan efisiensi mendengar bahasa Arab di Madrasah Tambakberas Jombang Jawa Timur memiliki perbedaan yang cukup jelas antara kelompok kontrol dan eksperimen dalam penggunaan laboratorium bahasa yaitu
6.2666.

ABSTRACT

Listening is very important in our lives, without the good hearing we can not contact and talk with others. And now many teachers, especially teachers of the Arabic language, did not appreciate and know what to do in teaching listening skills, with listening is the first stage the child acquires a language around it. In this research, researcher focused in the education of Islamic Senior High School of Tambakberas Jombang East because in this level, interest in teaching listening skills is very lacking with that teaching skill is important for us in the present or the future.

The purpose of this research is to know the method of study listening skill by using laboratory language and effectiveness of using laboratory language to developing listening skill at state Islamic Senior High School of Tambakberas.

This research uses qualitative-experiment research, and chooses all of students in the tenth-year at state Islamic Senior High School of Tambakberas Jombang East Java in 2010/2011 as the population wich consist of 1549 students. The samples of this research are the A-Class as the control class choosing 15 students in it and the B- Class as the experiment class by choosing 15 students in it also. This research uses observation, interview, questionnaire and test in collecting data.

According to the analysis of the researcher that there is a obvious difference between students who learn using the laboratorium language and students learn the language without the use of the lab.

The result of this research, the researcher know that the laboratory language used in teaching listening skills in the Arabic language by direct method and oral hearing in a good and intensive, which indicates that the large turnout of students when using this method. The use of laboratory language effective in teaching listening skills in the Arabic language in the Islamic Senior High School of Tambakberas Jombang East Java and difference of the student’s skill in listening Arabic is that the student who get good value in the control class and experiment class of using laboratory language is 6.2666.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Huda, Miftahul and Mahmud Adam Ibrahim, Faisol
Keywords: معمل اللغوي; مهارة الاستماع; Laboratorium Bahasa; Kemahiran Mendengar; Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas Jombang; Laboratory Language; Listening Skill; State Islamic Senior High School of Tambakberas Jombang
Departement: Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mohammad Syahriel Ar
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:36
Last Modified: 24 Jul 2017 09:36
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7369

Actions (login required)

View Item View Item