Ulfa, Maria (2014) Penggunaan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di Madrasah Al Hidayah Pandansari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13141020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) merupakan salah satu metode kooperatif yang fokus menekankan pada pengembangan kemampuan membaca dan menulis siswa. Dalam pelaksanaannya metode ini membantu siswa dalam memahami sebuah bacaan dengan cara berkelompok. Setiap anggota kelompok saling bertukar pikiran dengan teman lain, sehingga siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Tahap-tahap dalam pelaksanaan metode CIRC adalah mengidentifikasi topik dan mengorganisasikan dalam kelompok kerja (kelompok pembahasan topik yang dipilih), merencanakan tugas kegiatan kelompok, melaksanakan pembelajaran (mengumpulkan informasi dan menganalisis data untuk mencapai kesimpulan), mempersiapkan laporan akhir (menentukan pesan yang terkandung dalam kegiatan pembelajaran), evaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Berdasarkan ulasan di atas, maka permasalahan yang muncul yaitu (1) bagaimanakah penerapan metode Penggunaan MetodeCIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di Madrasah Al Hidayah Pandansari ? (2) apakah penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) mampu Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di Madrasah Al Hidayah Pandansari ?. Untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut, penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan, secara menyeluruh dapat diketahui bahwa penerapan metode CIRC ini sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca. Hal ini dapat diketahui dari hasil akhir evaluasi yang menunjukkan peningkatan pada kompetensi membaca siswa serta hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan mulai dari pelaksanaan pre tes sampai pada tindakan II. Pada pelaksanaan pre tes keberhasilan tindakan hanya sebesar 48% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada tindakan I mengalami peningkatan sebesar 59% dari jumlah keseluruhan siswa. Sedangkan padatindakan II hasil belajar yang diperoleh siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebesar 88% dari jumlah keseluruhan siswa. Dengan demikian hasil belajar ini telah memenuhi target keberhasilan penelitian.
ABSTRACT
CIRC Methods (Cooperative Integrated Reading and Composition) is one method that focuses cooperative emphasis on developing students' ability to read and write. In the implementation of this method helps students understand a reading by means of flocking. Each member of the group to exchange ideas with other friends, so that students actively in learning activities.
The stages in the implementation of the CIRC method is to identify topics and organize the working group (group discussion of selected topics), planning task group activities, implementing learning (collecting information and analyzing data to reach conclusions), prepare a final report (specify the messages contained in learning activities), evaluation of the learning activities that have been implemented.
The problems Based on the above review, arise: (1) how the application of the method of use of methods CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) to Improve Student Reading Ability Indonesian Subject class third in Islamic Elementary School Al Hidayah Pandansari? (2) whether the application of the method of the CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) capable Improve Reading Ability Subject Indonesian Students of class third in Islamic Elementary School Al Hidayah Pandansari? To find solutions to these problems, the authors conducted research using design Classroom Action Research (CAR). This classroom action research uses a qualitative approach.
The research that has been carried out research, overall it can be seen that the application of this method is very helpful CIRC students to improve reading skills. It can be seen from the results of the final evaluation showed improvement in students' reading competencies and learning outcomes of students who have increased from pre-test to the implementation of the second action. In the implementation of the pre-test the success of the action only by 48% of the total number of students. In the first act of an increase of 59% of the total number of students. While in the second act of learning outcomes obtained by the students experienced a significant increase in the amount of 88% of the total number of students. Thus the results of this study have met the target of research success.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Gafur, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition); Membaca; Bahasa Indonesia; Reading; Indonesian | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 15:53 | ||||||
Last Modified: | 09 May 2023 10:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7353 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |