Nafiatin, Ririn (2015) Penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi operasi hitung pecahan kelas 6 SDI Almaarif 02 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11140119.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dipilih karena setelah melakukan observasi dan wawancara di SDI Almaarif 02 Singosari peneliti menyimpulkan bahwa media yang digunakan dalam proses pembelajaran terhitung masih sangat sederhana dan kurang interaktif. Berdasarkan kenyataan tersebut, peneliti menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran yang berbasis multimedia interaktif berbentuk adobe flash player yang bertujuan untuk mengetahui desain produk multimedia interaktif, validitas produk multimedia interaktif, dan perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan multimedia interaktif dengan kelas yang tidak menggunakan multimedia interaktif.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan penggunaan produk tersebut. Desain pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Borg dan Gall.
Dari hasil validasi yang dilakukan kepada ahli materi dan ahli desain menunjukkan multimedia interaktif ini adalah valid. Terbukti persentase rata-rata dari hasil velidasi ahli materi menunjukkan menyatakann valid, dan hasil validasi oleh ahli desain menunjukakan menyatakan valid.
Dari hasil uji coba produk yang dilakukan kepada guru matematika menunjukkan valid, hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan valid, uji coba lapangan menunjukkan valid. Dari hasil analisis data tes uji coba lapangan bahwa multimedia ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 SDI Almaarif 02 Singosari. Terbukti rata-rata hasil tes uji coba kelas 6A (eksperimen) adalah 89,68 dan rata-rata kelas 6B (kelas kontrol) adalah 68,58. Selain itu hasil penghitungan t-tes menggunakan SPSS menunjukkan t-test kelas eksperimen adalah 85,651 dan t-test kelas kontrol adalah 52,131, sedangkan untuk taraf signifikansinya yaitu 0.50. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasisi multimedia interaktif pada materi operasi hitung pecahan secara signifikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
ENGLISH:
Choosed this research after doing the observation and interview in Islamic Elementary School Almaarif 02 Singosari, researchers concluded that media used in learning procces is enough simple and less interactive. According to this fact, researchers use and develop learning media based on interactive multimedia shaped on “adobe flash player” with the purpose for knowing desaign product of interactive multimedia, validity of interactive multimedia product, and the different of learning output between grade does not use interactive multimedia and grade use interactive multimedia.
This research use experiment research with the certain output and effective test of using this product. The using of development desaign is development style of Borg and Gall.
By the validation conclution with some matter expert and desaign expert show that this interactive multimedia is valid. Proven percentage of the average of the results validation matter experts show that is valid and validation output of desaign expert show that.
From the output test of product with mathematic teacher show that 90% is valid, the output of small group show that 88,5 % is valid, field trials output show that 88,8 % is valid. From the output analysis of field trials data show that this multimedia can improve student learning outcomes in grade 6 Islamic Elementary School Almaarif 02 Singosari. Its proved by average output of trial in grade 6A (experiment) is 89,68 and average in grade 6B (control) is 68,58. Moreover, the output of t-test calculation used SPSS show that t-test in grade experiment is 85,651 and t-test in grade control is 52,131, even for significance level is 0,50. By this test, we can say that learning media base on interactive multimedia for matter of fractional arithmetic operation significantly is enough for improve student learning output.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asmaningtias, Yeni Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Multimedia Interaktif; Operasi Hitung Pecahan; Learning Media; Interactive Multimedia; Operation Count Fraction | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 15:45 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 15:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7349 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |