Vakiroh, Vivi Yur Atul (2013) Implementasi metode cooperative integrated reading and composition untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Jamiyatut Tholibin Darungan Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan salah metode kooperatif yang fokus menekankan pada pengembangan kemampuan membaca dan menulis siswa. Dalam pelaksanannya metode ini membantu siswa memahami sebuah bacaan dengan cara berkelompok. Setiap anggota kelompok saling bertukar pikiran dengan teman yang lain, sehingga siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tahap-tahap dalam pelaksanaan metode CIRC adalah mengidentifiaksi topik dan mengorganisasikan dalam kelompok kerja (kelompok membahas topik yang dipilih), merencanakan tugas kegiatan kelompok, melaksanakan pembelajaran(mengumpulkan informasi dan menganilisis data untuk mencapai kesimpulan), mempersiapkan laporan akhir (menentukan pesan yang terkandung dalam kegiatan pembelajaran), evaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Berdasarkan ulasan di atas, maka permasalah yang muncul yaitu (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV MI Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan Blitar? Meliputi kegiatan perencanaan (planing), pelaksanaan (acting), dan evaluasi (evaluating)? (2) Bagaimanakah metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV MI Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan Blitar?.
Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui metode CIRC dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi, siswa kelas IV yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pratindakan 61, siklus I 70, dan siklus II 77.
ENGLISH:
Methods of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) is one of method emphasizes cooperative that focus on developing student’s ability to read and write. This method helps students understand a reading by way of groups. Each member of the group exchanged ideas with someone else, so that students actively in learning activities. The stages in the implementation of CIRC method is to identify a topic and organize the working group (group discuss selected topics), task planning group activities, implementing learning (collecting information and analized the data to reach conclusions), prepare a final report (specify the message contained in learning activities), evaluation of learning activities that have been implemented.
Based on the above review, the problems that arise are: (1) How to write essays description of the application of learning through methods Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) to improve student’s writing skills essay description of Indonesian subjects class IV MI Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan Blitar? Includes planning (planing), implementing (acting), and evaluation (evaluating)? (2) How is the methods Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) to improve students' writing skills essay description Indonesian subjects IV class MI Jamiyatut Tholibin Darungan Kademangan Blitar?.
Types of research used in this paper is Classroom Action Research (CAR). The approach used in this study is a qualitative approach. The study consisted of two cycles. Each cycle carried out through the following steps: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. While data collection techniques used were observation, interviews, tests and documentation. Results of this study showed that the implementation of learning through writing essays description by CIRC method can improve the skills of essay writing descriptions, fourth grade students are shown with the average value of the pratindakan 61, first cycle 70, and second cycle 77.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode CIRC; Menulis Deskripsi; Bahasa Indonesia; Method of CIRC; Writing Description; Indonesian | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:27 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7347 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |