Implementasi metode karyawisata dalam menumbuhkan interaksi sosial siswa pada mata pelajaran peradaban teknologi dan kebudayaan di SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang

Fiqriyah, Zairotul (2015) Implementasi metode karyawisata dalam menumbuhkan interaksi sosial siswa pada mata pelajaran peradaban teknologi dan kebudayaan di SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11140117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

INDONESIA:

Metode karyawisata merupakan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan di luar kelas dalam rangka mempelajari obyek tertentu, di mana anak didik dapat mengamati suatu obyek secara langsung. Metode karyawisata memberikan manfaat yang sangat besar bagi peserta didik seperti mempelajari proses sosial, mempelajari masalah sosial, dan sebagainya. Pada saat karyawisata semua siswa berbaur menjadi satu. Saling bekerja sama menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, menyesuaikan diri dengan orang lain, serta berkumpul inilah diharapkan interaksi sosial diantara siswa akan semakin terjalin dengan baik.

Penelitian ini dilakukan di SD Islam Bani Hasyim Singosari Malang dengan fokus penelitian sebagai berikut; (1) Bagaimana perencanaan metode karyawisata dalam pembelajaran Peradaban Teknologi dan Kebudayaan; (2) Bagaimana pelaksanaan metode karyawisata dalam pembelajaran Peradaban Teknologi dan Kebudayaan; (3) Bagaimana dampak metode karyawisata pada mata pelajaran Peradaban Teknologi dan Kebudayaan dalam menumbuhkan interaksi sosial siswa.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Mixed Method, yaitu penggabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian. Mixed Method adalah metode dengan menggunkan gabungan pada prosedur penelitian, dimana salah satu metode lebih dominan terhadap metode yang lain. Adapun metode yang lebih dominan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan sebagai metode pelengkapnya adalah metode kuantitatif. Dalam analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data sedangkan analisis data kuantitaif menggunakan rumus mean (rata-rata).

Temuan peneliti yang diperoleh ialah; (1) Perencanaan metode karyawisata dalam pembelajaran Peradaban Teknologi dan Kebudayaan terdiri dari; (a) pemilihan tema yang akan dipelajari (b) menentukan tujuan karyawisata; (c) menetapkan objek karyawisata (d) mengunjungi objek terlebih dahulu; (e) membuat surat perizinan. (2) Pelaksanaan metode karyawisata dalam pembelajaran Peradaban Teknologi dan Kebudayaan meliputi: (a) Siswa diberi pengarahan oleh guru dan pemandu wisata; (b) Mengamati objek yang dikunjungi; (c) Mengumpulkan informasi dari narasumber; (d) Diskusi dengan kelompok; (e) Tindak lanjutnya adalah siswa membuat laporan dan mempresentasikan hasil kunjungan. (3) Metode karyawisata memberikan dampak yang sangat besar terhadap keterampilan berkomunkasi dan kognitif siswa dengan nilai rata-rata 3,71 atau 92% dari seluruh indikator. Manfaat metode karyawisata dapat dilihat dari perubahan siswa yang berupa cara siswa belajar berkomunikasi secara aktif, serta mengasah kemampuan sosialnya seperti bekerjasama, saling membantu, menghargai pendapat, mampu beradaptasi di lingkungan sekitar dan suasana baru.

ENGLISH:

Study Tour method is a learning activities conducted outside the classroom in order to learn a particular object, which the students can observe an object directly. Study Tour gives huge benefit for students as studying social processes, studying social problems, and etc.. At the time of Field, all students gathered and work together to accomplish the task given by the teacher, adjust to others. With this gathered, expected social interaction between students will be better.

This study was conducted in SD Islam Bani Hashim Singosari Malang with the focus of research as follows; (1) How is the planning the study tour method in Civilization Technology and Culture learning; (2) How is the implementation of study tour method in Civilization Technology and Culture learning; (3) What is the impact of study tour method on the Civilization Technology and Culture learning in creating students social interaction.

This research was conducted by using Mixed Method, namely the the combination between quantitative and qualitative methods in one research. Mixed Method is a method by using a combined on research procedures, which is one of the more dominant method to another method. The method is more dominant in this study is a qualitative and quantitative methods are complementary methods. In qualitative data analysis using data reduction, data presentation and verification of data, while the quantitative data analysis using the formula mean (average).

The findings obtained by the researchers is; (1) Planning the study tour method in Civilization technology and Culture learning, which consists of; (a) selection of themes to be studied (b) determining Study Tour destination; (c) define Study Tour object (d) visit the object in advance; (e) create a licensing letter. (2) Implementation the Study Tour method in Civilization technology and Culture learning, which include: (a) Students are briefed by teachers and tour guides; (b) Observe the object visited; (c) Gather information from sources; (d) Discussion with the group; (e) Students create a report and presented the results of the visit. (3) Study Tour methods gives huge impact on communication and cognitive skills of students, with an average value of 3.71 or 92% of all indicators. The advantage of Study Tour method can be seen from the student changes in form of how students learn to communicate actively, and whet social skills such as cooperation, help to each other, respect the opinion, able to adapt to new surroundings and atmosphere.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ghofur, Abdul
Keywords: Metode Karyawisata; Interaksi Sosial Siswa; Study Tour Method; Social Interaction Students
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 24 Jul 2017 08:46
Last Modified: 24 Jul 2017 08:46
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7346

Actions (login required)

View Item View Item