Towilah, Anit (2013) Peningkatan kompetensi membaca dan menulis aksara Jawa melalui media cotton buds dan cat air siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyiah Miftahul Ulum Tejowangi Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pentingnya membaca sebagai keterampilan berbahasa juga tidak melupakan pentingnya menulis, karena membaca dan menulis terdapat hubungan yang sangat erat. Bila kita menuliskan sesuatu, pada prinsipnya kita ingin agar tulisan kita dibaca oleh diri kita sendiri dan orang lain. Penguasaan membaca dan menulis sejak dini dipandang sebagai salah satu upaya strategis karena kemampuan membaca dan menulis dikenal sebagai kunci pembuka untuk memasuki dunia yang lebih luas.
Pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dewasa ini masih kurang membawa pencerahan bagi siswa. Terbukti kondisi pembelajaran bahasa Jawa yang belum mengalami kemajuan tetap terpinggirkan, dan bahkan seolah-olah tereliminasi dari habitatnya. Aksara Jawa merupakan salah satu problem yang menakutkan bagi pembelajar, utamanya generasi muda yang mempelajari bahasa Jawa. Bayangan sulit menghafal bentuk-bentuk huruf yang rumit juga banyak huruf yang harus dihafal. Penggunaan media untuk pembelajaran bahasa Jawa sangat dibutuhkan terutama agar pembelajaran bahasa Jawa berhasil dengan baik.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menerapkan media cotton buds dan cat air dalam pembelajaran bahasa Jawa siswa kelas III MI Miftahul Ulum Tejowangi Pasuruan, (2) untuk meningkatkan kompetensi membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas III MI Miftahul Ulum Tejowangi Pasuruan dengan diterapkannya media cotton buds dan cat air.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: observasi, wawancara, dokumentasi, pengukuran tes, dan catatan lapangan. Analisis yang digunakan peneliti penggunakan teknik deskriptif kualitatif. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Hasil penelitian yang telah dilaksanakan, secara menyeluruh dapat diketahui bahwa penerapan media cotton buds dan cat air sangat membantu siswa dalam meningkatkan kompetensi membaca dan menulis aksara Jawa. Hal itu dapat diketahui pada hasil akhir evaluasi yang menunjukkan peningkatan kompetensi membaca dan menulis siswa serta hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yaitu pada kegiatan pra tindakan peningkatan sebesar 45% dengan rata-rata nilai 56, siklus I mengalami peningkatan sebesar 70% dengan rata-rata nilai 65, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 85% dengan rata-rata nilai
79.
ENGLISH:
The importance of reading as a language skill also not forget the importance of writing, because reading and writing are a very close relationship. When we write something, in principle, we want our writing read by ourselves and others. Mastery of reading and writing from an early age is seen as one of the strategic efforts as the ability to read and write is known as a key opening to enter the wider world.
Javanese language learning in school today is still less bring enlightenment to the students. Proven Java language learning conditions that have not progressed remain marginalized, and even as if eliminated from their habitat. Java script is one daunting problem for learners, especially young people learn the Java language. Shadow difficult to memorize letter forms complex also many letters to be memorized. The use of media for learning the Java language is necessary especially for learning the Java language works so well.
The purpose of this study was (1) to apply cotton buds media and watercolors in the Java language teaching third graders MI Miftahul Ulum Tejowangi Pasuruan, (2) to improve reading and writing competence Javanese grade III MI Miftahul Ulum Tejowangi Pasuruan with the applicable media cotton buds and watercolors.
Researchers used a qualitative approach with classroom action research (CAR) collaborative. Techniques used in data collection include: observation, interviews, documentation, test measurement, and field notes. Analysis of the use of techniques that are used descriptive qualitative research. The order includes 4 stages of research activities include: (1) planning, (2) implementation, (3)
observation and (4) reflection.
Research that has been carried out, it can be seen that the overall implementation of media and watercolor cotton buds really help students improve reading and writing competence Javanese script. It can be seen at the end of the evaluation results which show an increase in students' reading and writing competencies and learning outcomes of students has risen to pre-action activities increased by 45% with an average value of 56, the first cycle increased by 70% with an average value of 65, and the second cycle increased by 85% with an average value of 79.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Membaca dan Menulis; Media Cotton Buds dan Cat Air; Aksara Jawa; Reading and Writing; Media and Watercolour Cotton Buds; Java script | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:26 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7342 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |