Responsive Banner

Pengembangan media monopoli 3 dimensi untuk meningkatkan hasil belajar subtema makananku sehat dan bergizi siswa kelas 4 SDI Surya Buana Malang

Nisa', Rofiatun (2015) Pengembangan media monopoli 3 dimensi untuk meningkatkan hasil belajar subtema makananku sehat dan bergizi siswa kelas 4 SDI Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
11140111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dalam pembelajaran Tematik, peserta didik dituntut untuk menemukan sendiri teori dari berbagai percobaan-percobaan yang dilakukan. Akan tetapi peserta didik juga harus bisa memahami materi yang ada. Untuk mencapai tujuan agar peserta didik bisa memahami serta memantapkan materi yang ada, maka diperlukannya mengembangkan media pembelajaran dari permainan yang sesuai dengan karakteristik anak usia sekolah dasar yaitu senang bermain, senang bergerak, senang bekerja, dalam kelompok, dan senang merasakan atau melakukan sesuatu secara langsung. Sehingga peserta didik bisa termotivasi dan semangat untuk belajar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menjelaskan proses pengembangan media monopoli 3 dimensi untuk meningkatkan hasil belajar subtema makananku sehat dan bergizi bagi siswa kelas 4 SDI Surya Buana Malang, (2) menjelaskan kualitas media monopoli 3 dimensi dilihat dari fungsinya sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar subtema makananku sehat dan bergizi siswa kelas 4 SDI Surya Buana Malang, (3) menjelaskan keefektifan penggunaan media monopoli 3 dimensi digunakan sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar subtema makananku sehat dan bergizi siswa kelas 4 SDI Surya Buana Malang.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model prosedural yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan menurut teori Borg and Gall yang terdapat sepuluh langkah pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangannya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli, lembar evaluasi media, angket untuk guru dan peserta didik, dan tes hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses pengembangan media pembelajaran monopoli 3 dimensi untuk meningkatkan hasil belajar subtema makananku sehat dan bergizi bagi siswa kelas 4 SDI Surya Buana Malang ini dilakukan mengikuti teori Borg and Gall akan tetapi mengalami modifikasi proses pengembangan, (2) kualitas media monopoli 3 dimensi dilihat dari fungsinya sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar subtema makananku sehat dan bergizi siswa kelas 4 SDI Surya Buana Malang terbukti layak digunakan sebagai media pembelajaran dan tidak perlu revisi dilihat dari hasil prosentase dari ahli isi sebesar 80%, dari ahli desain sebesar 92,5%, penilaian dari guru mata pelajaran sebesar 80,8% serta penilaian dari seluruh siswa kelas IV B SDI Surya Buana Malang sebesar 92%, (3) keefektifan penggunaan media monopoli 3 dimensi digunakan sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar subtema makananku sehat dan bergizi siswa kelas 4 SDI Surya Buana Malang terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar dilihat dari hasil penilaian yang diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media dan tidak dengan perhitungan menggunakan uji t dengan tingkat kemaknaan 0,05 diperoleh hasil thitung> ttabel yaitu 2.986 > 2.021, serta dilihat dari rata-rata nilai kelas eksperimen yang lebih besar dari nilai kelas kontrol yaitu 95,21 > 79,56.

ENGLISH:

In thematic learning, learners are required to find their own theories of various experiments performed. But learners also have to understand the concepts that already existed. To achieve the goal to make the learners understand and define the concept and the existing material, it is necessary to study the media development of the game in accordance with the characteristics of the primary school students who loves to play, work, especially in group, and also love to get direct experience. So that learners can be motivated to study more.

The purpose of this study: (1) describes the process of developing three-dimensional media monopoly to improve the learning outcomes of “my healthy and nutritious food” sub-theme for students in class IV at SDI Surya Buana Malang, (2) describes the three-dimensional quality of the monopoly as the medium to improve learning outcomes of the learners, (3) describes the effectiveness of the use of 3-dimensional media monopoly to improve the learners’ learning outcomes.

To achieve such objectives, the method used is “research and development” to make a particular product and to test the effectiveness of the product. The procedural model that is used in this research refers to the model of research and development by Borg and Gall that has ten steps of research and development strategy implementation. The data collection instruments were expert validation sheets, media evaluation sheets, a questionnaire for teachers and learners, and also test results of some studies.

The results of the research shows that (1) the development process of studying that uses 3 dimensional media monopoly to improve learning outcomes of “my healthy and nutritious food” sub-theme for students in class IV at SDI Surya Buana Malang is done by using Borg and Gall, et al.’s theory with some modifications, in the order of the development process, (2) the function of three-dimensional media monopoly as a medium to improve learning outcomes of “my healthy and nutritious food” sub-theme for students in class IV at SDI Surya Buana Malang is feasible to use for instructional media and it does not need any necessary revision. It can be seen from some percentages, namely form the content experts is 80%, from design experts is 92.5%, based on teachers’ rating is 80.8% and from all of the learners rating is 92%, (3) the use of the three dimensional media monopoly to improve learning outcomes of “my healthy and nutritious food” sub-theme for students in class IV at SDI Surya Buana Malang is proven effective; with the presence of significant differences between class that use this medium and with the class that was not using this medium and also by using the t test with the significance level of 0.05 that was obtained from tcount > ttable equals to 2,986 > 2,021, as well as the views of the average marks between experimental class that has bigger numbers than the control class, namely 95,21 > 79, 56.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDWahidmurni, WahidmurniUNSPECIFIED
Keywords: Pengembangan; Media Monopoli 3 Dimensi; Hasil Belajar; Development; 3 Dimensional Monopoly Media; Learning Outcomes
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 24 Jul 2017 15:48
Last Modified: 24 Jul 2017 15:48
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7341

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item