Izza, Lailatul (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pokok bahasan peristiwa sekitar proklamasi kelas V MIN Seduri Kecamatan Mojosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
0914076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Proses belajar mengajar yang diselenggarakan di sekolah atau lembaga formal, dimaksudkan untuk mengarahkan perubahan diri siswa secara terencana, baik perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan atau sikap. Proses belajar mengajar di sekolah atau lembaga formal sangat dipengaruhi oleh lingkungan belajar.. Dan proses belajar mengajar IPS perlu dilakukan variasi metode pembelajaran. Pembelajaran kooperatif menawarkan beberapa model pembelajaran. Salah satunya yaitu model pembelajaran student team achievement divisions (STAD). Pembelajaran tipe STAD merupakan model pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi belajar dan memberikan kesempatan untuk bekerjasama antar siswa dengan kemampuan homogennya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan, penerapan dan penilaian model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Pokok Bahasan Peristiwa Sekitar Proklamasi kelas 5 MIN Seduri Mojosari.
Penelitian yang peneliti lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Observasi, 4. Refleksi. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang bersifat kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi dengan sumber, yaitu membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitiannya kualitatif.
Hasil analisis, menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar pokok bahasan peristiwa sekitar proklamasi kelas V MIN Seduri Mojosari telah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan konsep pembelajaran dengan model STAD yang ada, hal ini dapat dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar yang dirancang dengan baik.
ENGLISH:
Teaching-learning process in schools organized or formal institutions, are meant to guide the students in a planned change, both changes in the knowledge, understanding, and skills or attitudes. Teaching and learning in formal school or institution is influenced by the learning environment. Social studies teaching and learning process variation needs to be done learning methods. Cooperative learning offers several models of learning. One such model of student learning teams achievement divisions (STAD). Learning STAD is a learning model that can improve student achievement and provide opportunities for collaboration between students with homogeneous capabilities.
The purpose of this study was to determine how the process of planning, implementation and assessment of cooperative learning model Student Team Achievement Division (STAD) can improve student achievement Highlights Events Around Proclamation grade 5 MIN Seduri.
The researchers did a study using a qualitative approach to classroom action research (CAR). Sequence of research activities include: 1. Planning, 2. Implementation, 3. Observation, 4. Reflection. In data collection were interviews, observation, and documentation. Techniques of qualitative data analysis qualitative descriptive analysis. To test the validity of the source data using triangulation, comparing and checking back a degree of confidence that the information gained through time and different tools in qualitative research.
Analysis, showed that the implementation of STAD cooperative learning model to improve learning achievement subject of the events surrounding the proclamation of class V MIN Seduri Kirkcaldy has been implemented properly and in accordance with the concept of learning with STAD existing models, it can be seen from the planning, implementation, and evaluation in teaching and learning activities are designed well.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif tipe STAD; Prestasi Belajar; STAD Cooperative Learning; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:26 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7340 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |