Novia, Lely Gusliana (2013) Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga segitiga dan jajargenjang untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV di MI Jamiyatut Tholibin Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140074.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Matematika merupakan ilmu pengetahuan dasar dalam mempelajari ilmu pengetahuan yang lain. Dalam Matematika tidak harus hafal rumus atau teori, namun harus memahami makna dari suatu teori. Oleh karena itu, siswa dalam mempelajari Matematika harus menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang diperlukannya, baik menemukan lagi atau menemukan sesuatu yang baru, karena Matematika sangat erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut maka dibutuhkan media pembelajaran berbasis permainan berupa ular tangga segitiga dan jajargenjang agar meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Segitiga dan Jajargenjang. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan spesifikasi produk yang dihasilkan, mengetahui bahwa media pembelajaran permainan ular tangga segitiga dan jajargenjang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, mendiskripsikan kelayakan media pembelajaran permainan ular tangga segitiga dan jajargenjang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan pedoman penelitian pengembangan menurut Arief S. Sadiman dkk yang memiliki enam langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di MI Jamiyatut Tholibin Kabupaten Blitar pada kelas IV yang berjumlah 24 siswa, dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimen (before-after).
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa media pembelajaran permainan ular tangga segitiga dan jajargenjang terdiri dari tujuh bagian, yaitu papan permainan, dadu, pion, uang-uangan, dokter matematika, kartu soal dan buku panduan untuk guru. Semua bagian tersebut dikemas dalam suatu papan menyerupai papan catur yang digunakan sebagai tempat media dan sebagai papan permainan. Dengan program SPPS 16.0 didapatkan bahwa hasil uji t berpasangan, pada signifikansi (2-tailed) tertulis 0.000. Apabila 0.000 0.050 = sangat signifikansi. Jadi, media pembelajaran permainan ular tangga segitiga dan jajargenjang terbukti secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV MI Jamiyatut Tholibin Kabupaten Blitar. Dengan melihat rata-rata (mean) sebelum menggunakan media lebih kecil dibanding setelah menggunakan media yaitu 54,58 < 83,75, maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran permainan ular tangga segitiga dan jajargenjang terbukti secara signifikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Segitiga dan Jajargenjang kelas IV di MI Jamiyatut Tholibin Kabupaten Blitar. Dari perhitungan manual dengan menggunakan uji t-test berkorelasi (related) didapat thitung ttabel, yaitu 2,069 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulanya terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar Matematika siswa kelas IV sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga segitiga dan jajargenjang di MI Jamiyatut Tholibin Kabupaten Blitar. Media ini mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari guru mata pelajaran matematika sebesar 90% yang berarti media pembelajaran permainan ular tangga segitiga dan jajargenjang sangat layak dan tidak perlu revisi, dari uji coba lapangan media pembelajaran permainan ular tangga segitiga dan jajargenjang mendapat kualifikasi layak dari semua subyek validasi uji coba lapangan. Dari ahli isi mendapat nilai 88,75% dan berada pada kualifikasi layak sehingga tidak perlu revisi, sedangkan dari ahli desain media pembelajaran permainan ular tangga segitiga dan jajargenjang mendapat nilai 80% dan berada pada kualifikasi layak, sehingga media tidak perlu revisi.
ENGLISH:
Mathematics is the study of basic knowledge in understanding to another. In Math does not have to memorize the patterns or theories, but should understand the significance of a theory. Therefore, in understanding mathematics the students should find its own range of knowledge needed, either find more or find something new, because it is very closely related to mathematics in daily life.
To achieve the required learning media-based learning in the form of snakes and ladders triangle and parallelogram games to improve student learning outcomes in particular Triangle and Parallelogram material. Thus, in this study aimed to describe the specification of the products, knowing that the media game of snakes and ladders math learning can improve student learning outcomes, describing feasibility study media snakes and ladders math games.
This research uses research development Research and Development (R & D), with the development of research guidelines by Ariel S. Sadiman et al, which has six steps in the procedure development. This study was conducted in MI Jamiyatut Tholibin Blitar in fourth grade that has number 24 students, using experimental research designs (before-after).
Based on the results of this study indicated that media snakes and ladders triangle and parallelogram learning game consists of seven parts, namely board games, dice, pawns, fake money, doctors math, question cards and guide books for teachers. All parts are packaged in a board resembling a chess board that is used as a medium and as a board game. With the program SPSS 16.0 was found that the results of a paired t test, the significance (2-tailed) written 0000. If 0000 ≤ 0050 = very significant. Thus, instructional media snakes and ladders triangle and parallelogram games proved it can significantly improve student learning outcomes grade IV MI Jamiyatut Tholibin Blitar. By looking at the average (mean) before use media smaller than after using media that is 54.58 < 83.75, it can be said that the media game of snakes and ladders Triangle and Parallelogram learning proved to be significantly effective in improving student learning outcomes in the material Triangle and Parallelogram at grade IV in MI Jamiyatut Tholibin Blitar. From manual calculations using correlated t-test (related) gained tcount ≥ ttable which means 4.919 ≥ 2.069 Ho rejected and Ha accepted, the conclusion there are significant differences in the results of fourth grade students learn math before and after using instructional media snakes and ladders math games in MI JamiyatutTholibin Blitar. Media received a good assessment of qualifications, because based on the validation of the values obtained mathematics teachers by 90%, which means learning media snakes and ladders triangle and parallelogram games very decent and does not need revision, from field trials of learning media snakes and ladders triangle and parallelogram games get decent qualifications of all subjects validation field trial. From the content expert scored 88.75% and it is in decent qualifications so no need revision, while the design of expert instructional media snakes and ladders triangle and parallelogram games have score 80% and was in decent qualifications, so that the media does not need to be revised.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asmaningtias, Yeni Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Ular Tangga Segitiga Dan Jajargenjang; Hasil Belajar; Matematika; Snakes And Ladders Triangle And Parallelogram; Outcomes; Mathematics | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:26 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7335 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |