Sugiharti, Rusmitha (2013) Implementasi metode STAD dan media visual pada materi peninggalan sejarah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Ketawang I Purwoasri Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Metode mengajar merupakan salah satu cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran. Oleh karena itu metode mengajar memiliki andil yang sangat besar dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan metode yang tidak sesuai dengan tujuan pengajaran akan menjadi kendala dalam mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Perlu diketahui guru bukan satu-satunya sumber belajar, namun hanya sebagai motivator, fasilitator dan mediator dalam proses pembelajaran. Namun masih sedikit siswa yang mau menganggap beragam media yang diterapkan oleh guru sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar di kelas. Karena itu tidak jarang kegiatan belajar justru berubah rutinitas yang membosankan. Salah Satu metode pembelajaran yaitu metode STAD. Pembelajaran dengan metode STAD merupakan pembelajaran yang dapat mengaktifkan seluruh siswa selama proses pembelajaran dan memberikan kesempatan untuk bekerjasama antar siswa dengan kemampuan. Model pembelajaran STADmenerapkan berbagai ciri pembelajaran dan merupakan metode yang sangat mudah diterapkan dalam pembelajaran. Tahapan dalam pembelajaran dengan metode STAD yaitu dimulai dengan presentasi kelas, diskusi kelompok, tes individu, dan dilanjutkan dengan pemberian penghargaan.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ketawang I Purwoasri Kediri, dengan objek siswa kelas IV. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan proses peningkatan keaktifan dengan menggunakan metoe STAD dan media visual pada siswa kelas IV SDN Ketawang I Purwoasri Kediri. Sedangkan secara khusus tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1) mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode STAD dan media visual; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode STAD dan media visual; 3) Mendeskripsikan proses penilaian keaktifan pembelajaran dengan menggunakan metode STAD dan media visual.
Penelitian ini menggunkan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tahapan penelitian mengikuti Arikunto yaitu berupa suatu siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data penelitain ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan mengunakan rumus:
P= Post rate – base rate x 100 % Base rate
Keterangan : presentase peningkatan
Post rate : nilai rata-rata sesudah tindakan
Base rate : nilai rata-rata sebelum tindakan
Bedasarkan hasil evaluasi diperoleh data bahwa penelitian dengan implementasi metode STAD dan media visual dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN Ketawang I Purwoasri Kediri. Hal ini terlihat dari peningkatan keaktifan belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I aspek kemandirian meningkat menjadi 70 %, aspek kerjasamaditemukan prosentase sebesar 61,5 % dan aspek keberanian siswa dalam berargument 66,4% . Pada siklus II aspek kemandirian meningkat menjadi 82,5%, aspek kerjasama menjadi 71,9 % dan aspek keberanian menjadi 73,7 %.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi metode STAD dan media visual dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi peninggalan sejarah dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan efektif dan efesien. Hal ini terbukti dengan meningkatnya keaktifan belajar siswa. Maka dari itu, apabila nanti ada metode atau media pembelajaran lain yang lebih efektif dari penjabaran skripsi ini, maka itu masukan untuk perkembangan dunia pendidikan.
ENGLISH:
The method of teaching is one way in which teachers used to make contact with students during the course of teaching. Hence teaching methods have contributed greatly to the teaching and learning activities. Use methods that do not comply with the purpose of teaching would be an obstacle in achieving the goals that have been formulated. Keep in mind the teacher is not the only source of learning, but only as a motivator, facilitator and mediator in the learning process. But there are still a few students who want to assume a variety of media employed by the teacher as a tool in teaching and learning in the classroom. Because it is not uncommon learning activities begins to turn a boring routine. One method of learning the STAD method. Learning by STAD method of learning to enable all students during the learning process and provide the opportunity for collaboration among students by ability. STADmenerapkan learning model various characteristics of learning and is very easy to implement method of learning. Stages in learning the STAD method that begins with classroom presentations, group discussions, individual tests, and continued with the award.object of fourth grade students.
The objectives to be achieved in this study is to describe the general process of increasing activity by using STAD metoe and visual media in the fourth grade students of SDN Ketawang I Purwoasri Kediri. While specifically the objectives to be achieved in this study are: 1) to describe the planning process of learning by using STAD and visual media; 2) Describe the implementation of learning by using STAD and visual media; 3) Describe the process of assessment of learning activity using STAD and visual media.
This study use the kind of Classroom Action Research (CAR) followed Arikunto stages of research in the form of a cycle that includes planning, implementation, observation and reflection. This penelitain data collection using observation, interview and documentation. Technical analysis of qualitative data consisting of observations and documentation of qualitative descriptive analysis, while the data is numeric or quantitative data were analyzed by using the formula:
P= Post rate – base rate x 100 % Base rate
Description : The percentage increase in
Post rate : The average value after the action
Base rate : The average value before action
Based on the evaluation results obtained with the implementation of the data that research STAD method and visual media can increase the activity of the fourth grade students of SDN Ketawang I Purwoasri Kediri. It is evident from the increase in student activity on each cycle. In the first cycle aspects of independence increased to 70%, aspect kerjasamaditemukan 61.5% and the percentage of students in aspects of courage berargument 66.4%. In the second cycle aspects of independence increased to 82.5%, a 71.9% cooperation aspects and aspects of courage to be 73.7%.
From the results of this study concluded that the implementation of the STAD method and visual media can enhance student learning activity in the implementation of heritage material can be carried out effectively and efficiently. This is evidenced by the increased activity of student learning. Therefore, if there will be another learning method or media that is more effective than the translation of this essay, then it is input to the development of education.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode STAD; Media Visual; Keaktifan Belajar; STAD method; Visual Media; Motivation to Learn | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 15:49 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 15:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7330 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |