Putri, Reza Septia Handayani (2013) Penerapan metode karya wisata untuk peningkatan kemampuan mengarang dalam pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Parangargo 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Di dalam materi Bahasa Indonesia SD terdapat beberapa aspek yang harus dikuasai siswa yaitu membaca, menulis, menyimak dan berbicara. Dan pada aspek menulis tersebut terdapat materi menulis sebuah karangan atau istilah lain mengarang. Sebelum merumuskan pengertian karangan, perlu dipahami terlebih dahulu makna kata mengarang, sebab dari kegiatan yang disebut mengarang itulah dihasilkan suatu karangan . Mengarang berarti menyusun atau merangkai. Pada awalnya kata merangkai tidak berkaitan dengan kegiatan menulis. Pendekatan Konstekstual dan Metode Karya Wisata merupakan salah satu pendekatan dan metode yang efisien didalam penerapan menulis karangan / mengarang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan konstekstual dan metode karya wisata dalam usaha peningkatan kemampuan mengarang dalam pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Parangargo 1 Malang.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus ( siklus 1 dan siklus II), sedangkan tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dukumentasi lapangan secara langsung. Sumber datanya adalah seluruh siswa kelas IV SDN Parangargo 1 Malang.
Hasil dari penelitian dengan penerapan pendekatan konstekstual dan metode karya wisata dalam materi mengarang Bahasa Indonesia kelas IV SDN Parangargo 1 Malang sangat baik hal itu bisa dilihat dari evaluasi siswa dari kegiatan pratindakan kriteria ketuntasan minimal siswa dengan nilai 80 baru mencapai 12,5 % lalu pada tindakan siklus II naik menjadi 60 % dan pada tindakan siklus II meningkat menjadi 85% dan sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan nilai 80.Dari situ dapat dilihat dari keberhasilan pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian, serta pengamatan lapangan juga menunjukkan bahwa penerapan pendekatan konstekstual dan metode karya wisata sangat mudah difahami oleh siswa dan diimplementasikan dalam mengarang.
ENGLISH:
In Indonesian primary material there are some aspects that students have mastered reading, writing, listening and speaking. And the material aspects of writing are included to write an essay or another term concocted. Before formulating the definition essay, it is necessary to first understand the meaning of the writing, because of the activities referred to compose an essay that is generated. Fabricate means preparing or stringing. At first the arrangement was not related to writing activities. Contextual approaches and methods Study Tour is one of the approaches and methods are efficient in the application essay writing / composing.
The purpose of this study is to describe the application of contextual approaches and methods work in improving the ability of travel writing in Indonesian Language Elementary School fourth grade students Parangargo State 1 Malang.
Design research is action research (PTK) using a qualitative approach. The study consisted of two cycles (cycle 1 and cycle II), whereas each cycle consists of four stages, namely: (1) planning (2) implementation (3) observations, and (4) reflection. While data collection using observation and documentation field directly. Data source is the entire fourth grade students at SDN Parangargo 1 Malang.
The results of the study with the application of contextual approaches and methods of the field trip in materials fabricated Indonesian Elementary School fourth grade Parangargo 1 Malang is very good it can be seen from student evaluations of the activities pre action minimum completeness criteria of 80 new students to the value reached 12.5% and in action second cycle increased to 60% and in the second cycle increased to 85% and has reached a minimum completeness criteria in situ 80.Dari value can be seen from the success of the approach and methods used in the study, as well as field observations also showed that the application of contextual approaches and methods field trips very easily understood and implemented by students in writing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Mengarang; Pendekatan Konstekstual; Metode Karya Wisata; Pelajaran Bahasa Indonesia; Fabricate; Contextual Approach; Method Study Tour; Indonesian Lessons | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 15:41 | ||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 13:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7328 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |