Ula, Fauziatul (2015) Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran Kurikulum 2013 Tema 7 Subtema 5 kelas 1 di SDN Mergosono 03 Kecamatan Kedungkandang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11140071.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Kesuksesan pelaksanaan kurikulum 2013 yang sebagian besar terletak pada kinerja guru sebagai salah satu pelaksana utama dikelas. Sehingga kesiapan guru dalam melaksanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan kurikulum 2013 perlu dipersiapkan dengan matang. Tak terkecuali dengan kesiapan guru dalam implementasi pendekatan saintifik dimana pendektan tersebutlah yang dijadikan pendektan dalam pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013. Sedangkan pada kenyataannya tidak semua guru paham betul dengan pendekatan saintifik.
Berdasarkan pada latar belakang diatas maka permasalahan yang timbul adalah: Bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendekatan saintifik pada pembelajaran kurikulum 2013 tema 7 subtema 5 di kelas 1 SDN Mergono 3 Kecamatan Kedungkandang Malang ?
Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan study kasus. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif
Hasil dari penelitian ini dapat disampaikan disini, bahwasannya (1) Dalam merencanakan pembelajaran baik secara keseluruhan ataupun perencanaan untuk langkah-langkah pendekatan saintifik guru belum melaksanakannya (2) Pelaksanaan pendekatan saintifik sudah sesuia dengan apa yang diharapkan. (3) Evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui hasil dari pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik juga sudah sepenuhnya dilakukan. Sehubungan dengan evaluasi terhadap masing-masing langkah-langkah pendekatan saintifik pada pelaksanaan pembelajaran guru masih belum secara spesifik menilai setiap langkah. Akan tetapi guru hanya secara umum mengambil penilaian terhadap hasil belajar siswa tersebut.
INGGRIS:
The success of the implementation of the curriculum in 2013 which largely lies in the performance of teachers as one of the main executors class. So the teacher's readiness to implement everything that is related to the curriculum in 2013 needs to be prepared carefully. No exception to the readiness of teachers in the implementation of the scientific approach which is exactly the approach that made learning approaches in the implementation of the curriculum of 2013. While in reality, not all teachers understand well the scientific approach.
Based on the above background, the problems that arise are: How is the planning, implementation, and evaluation of the scientific approach to learning curriculum 2013 theme 7 subtema 5 in grade 1 SDN Mergono 3 Kedungkandang Malang?
Research by the author is included into the qualitative descriptive study using a case study approach. By using the method of observation, interviews, and documentation. As for the analysis, the authors used a qualitative descriptive analysis technique
Results from this study can be addressed here, bahwasannya (1) In the learning plan in whole or in planning for the steps the teacher has not done the scientific approach (2) The scientific approach is already in conformity with what was expected. (3) The evaluation is conducted to determine the outcomes of learning by applying the scientific approach has also been fully carried out. In connection with the evaluation of the individual steps in the implementation of the scientific approach to teacher learning is still not specifically assess every step. But the teacher just generally take an assessment of the student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Pendekatan; Saintifik; Pembelajaran Kurikulum 2013; Implementation; Scientific Approac; Learning Curriculum 2013 | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dellavia Azzahra Permata Putri | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:54 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7326 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |