Mubaidilla, Miftakhul Rizal (2013) Developing learning sciences video to improve effectiveness of learning toward 5th Grade Students in MIN Rejoso Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Dalam perkembangan pendidikan di Indonesia, proses pembelajaran harus ditingkatkan untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh peneliti, dalam proses pembelajaran masih terdapat beberapa permasalahan, diantaranya guru masih menggunakan metode pembelajaran yang klasikal, siswa hanya mendengarkan, membaca dan menulis dalam buku tugas mereka. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti metode pembelajaran yang digunakan dan media pembelajaran yang digunakan untuk memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Pada mata pelajaran Sains, siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses belajar dan harus didukung oleh media pembelajaran. Kemudian, berdasarkan permasalahan yang telah dikemukaan tersebut, peneliti telah mengembangkan media pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa untuk lebih memahami materi yang akan dipelajari dalam proses pembelajaran. Dalam penerapan atau penggunaan Video Pembelajaran Sains diasumsikan dapat meningkatkan efektifitas dari proses pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan Video Pembelajaran Sains yang layak digunakan sebagai media pembelajaran dan meningkatkan efektifitas pembelajaran bagi siswa kelas 5 di MIN Rejoso Jombang.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Penelitian dan Pengembangan (R&D) oleh Walter Dick dan Lou Carey. Selanjutnya, penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas 5 di MIN Rejoso Jombang dengan menggunakan desain eksperimen (before-after). Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat produk media pembelajaran yang telah dikembangkan, yaitu media pembelajaran Video Pembelajaran Sains. Video Pembelajaran Sains yang telah dikembangkan terdiri dari 25 video pembelajaran, 1 paket kuis interaktif dan 1 buku petunjuk penggunaan media. Beberapa media tersebut disajikan dalam sebuah multimedia yang menarik.
Video Pembelajaran Sains yang telah dikembangkan dapat meningkatkan efeffetifitas pembelajaran siswa di kelas. Hal ini dapat diketahui dengan analisis Paired T-Test. Berdasarkan analisis T-Test dapat diketahui bahwa thitung < ttabel =
-4.619 < -2.045. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Video Pembelajaran Sains. Berdasarkan validasi dari beberapa ahli media, Video Pembelajaran Sains sudah layak sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari hasil validasi dari beberapa ahli media. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli isi mendapatkan prosentase 94%. Sementara itu, berdasarkan hasil validasi oleh ahli media pembelajaran mendapatkan prosentase 93%. Berdasarkan skala Likert, prosentase 94% dan 93% dari hasil validasi Video Pembelajaran Sains oleh beberapa ahli media mendapat kriteria sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Video Pembelajaran Sains sebagai media pembelajaran sudah layak dan cocok digunakan sebagai media pembelajaran Sains serta dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran dan media pembelajaran bagi siswa kelas 5 di MIN Rejoso Jombang.
ENGLISH:
In the development of education in Indonesia, the learning process must be improved to get the better quality of education. Based on observation of the researcher, in the learning process there were problems, such as the teacher still used the classical learning method, the students just listened, read and wrote in their books. Those are caused by several factors, such as the learning method that is used and media to motivate student in the learning process. In natural science, the students must be active in the learning process and must be supported by learning media. Then, based on those problems, researcher has developed learning media that be used by students to more understand about material that will be learned. Implementation of learning sciences video is assumed can improve effectiveness of learning process. Therefore, the objective of this research is developing learning sciences video that can improve effectiveness of learning for 5th grade students in MIN Rejoso Jombang.
This research is using development model of Research and Development (R&D) by Walter Dick and Lou Carey. Then, this research has been done for 5th grade students in MIN Rejoso Jombang which using experiment design (before- after). Based on this research, there is product which has been developed, namely Learning Sciences Video. Learning Sciences Video which has been developed included 25 learning videos, 1 package of quiz interactive and 1 book of manual book. All of them have covered by interesting learning multimedia.
Learning Sciences Video media has effective can improve effectiveness of learning. This is can be evidenced with analysis of Paired T-Test. Based on analysis this T-Test can be resulted that Ttest < Ttable = -4,619 < -2,045. Therefore, Ho is rejected and Ha is accepted. Then, based on this data can be concluded that there is differential of student achievement before and after using the Learning Sciences Video media. In other hands, the Learning Sciences Video media has been suitable as a learning media. This was related with the result of validation by t of scientific contents 93%. Based on scale of Likert, the results of validation of Learning Sciences Video has criterion excellent. Therefore, can be concluded that Learning Sciences Video as learning media can improve effectiveness of learning and this learning media is suitable for 5th grade students in MIN Rejoso Jombang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yahya, Mokhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan Media; Video Pembelajaran Sains; Developing Media; Learning Sciences Video | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 15:41 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 15:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7325 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |