Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Karangploso Malang

Fauziyah, Fauziyah (2013) Pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Karangploso Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09140071.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Prestasi belajar menjadi indikator untuk menilai tingkat gaya keberhasilan belajar siswa dalam proses belajar. Prestasi belajar yang baik dapat mencerminkan gaya belajar yang baik karena dengan mengetahui dan memahami gaya belajar yang terbaik bagi dirinya akan membantu siswa dalam belajar sehingga prestasi yang dihasilkan akan maksimal.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu seberapa besar pengaruh gaya belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial siswa di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Karangploso Kabupaten Malang. Faktor- Faktor apa saja yang yang menjadi kendala gaya belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Karangploso Malang.

Tujuan penelitian yaitu 1) Untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh gaya belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial siswa kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Karangploso Kabupaten Malang dan 2) Untuk menjelaskan faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala gaya belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Karangploso Malang.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian diskriptif kausalitas. Data yang diperoleh, diolah dan dianalisis menurut model statistik atau model matematik.maka penelitian ini termasuk jenis penelitian diskriptif. Populasi dalam penelitian adalah siswa MI Raudlatul Ulum Karangploso Kabupaten Malang kelas IV dan V. Alat analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana.

Berdasarkan paparan data dan pembahasan yang telah disajikan pada bab IV dan bab V, maka peneliti dapat menyimpulkan hasil penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian maka kesimpulan hasil penelitian dapat diuraikan yaitu terdapat pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Karangploso Kabupaten Malang. Faktor yang menjadi kendala gaya belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV dan V di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Karangploso Malang yaitu meliputi kurangnya kemampuan siswa untuk membaca secara cepat, kurang memiliki fokus ketika mengikuti pelajaran dan siswa juga masih dipengaruhi oleh kondisi yang terdapat disekitarnya sehingga tidak berkonsentrasi secara maksimal.

ENGLISH:

Learning achievement as indicators to assess the success rate of students in the learning process. Good learning performance can reflect learning style which is good because by knowing and understanding the learning style that works best for him will help the students in learning so that the resulting performance will be maximized.

Formulation of the problem in this study is how much influence the learning styles of students in the subjects of Social Science Elementary School students in Malang Karangploso Raudlatul Ulum. Factors that whatever a student's learning style constraints on the subjects of Social Studies in the Elementary School students Raudlatul Ulum Karangploso Malang.

Research objectives: 1) To clarify how much influence the learning styles of students in the subject of Social Science in grade IV Elementary School Raudlatul Ulum Karangploso Malang and 2) To explain what factors are a constraint learning styles of students in the subjects of Science Social Sciences In Elementary School Raudlatul Ulum Karangploso Malang. This research was conducted using descriptive research design causality.Data acquired, processed and analyzed according to statistical models or models matematik.maka this study include descriptive type of research. The population is students MI Raudlatul Ulum Karangploso Malang class IV and V. Data analysis tool used is a simple regression analysis.

Exposure based on the data and discussion presented in Chapter IV and Chapter V, the researcher can conclude the results of this study in accordance with the formulation of the problem and research objectives the conclusion of the study can be explained that there is an influence of learning styles on student achievement in the subjects of Social Science Government Elementary School in Malang Karangploso Raudlatul Ulum. Factor is a constraint on the student's learning style subjects of Social Sciences grade IV and V in the Elementary School Raudlatul Ulum Karangploso Malang which include the lack of ability of students to read quickly, have more focus when students follow the lesson and is still influenced by the conditions contained around it so it does not concentrate to the fullest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhroh, Ni’matuz
Keywords: Gaya Belajar Siswa; Prestasi Belajar Siswa; Learning Styles and Learning Achievement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:24
Last Modified: 24 Jul 2017 09:24
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7324

Actions (login required)

View Item View Item