Aplikasi media sistem poin bergambar dalam meningkatkan prestasi belajar perkalian pada siswa kelas III SDN Gedangan 08 Malang

Amin, Farizal (2013) Aplikasi media sistem poin bergambar dalam meningkatkan prestasi belajar perkalian pada siswa kelas III SDN Gedangan 08 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
09140070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA:

Matematika mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu juga dapat membentuk siswa menjadi manusia yang dapat berfikir secara logis, kritis, rasional dan percaya diri. Namun kebanyakan siswa beranggapan bahwa matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan sukar dipahami penerapanya diantaranya perkalian, perkalian merupakan penjumlahan berulang, pembelajaran dari guru juga kurang begitu menarik dan siswa kurang begitu aktif dalam pembelajaran. Sehingga ini semua berakibat tingkat prestasi belajar yang bisa dilihat dari daftar nilai ulangan harian, nilai tugas, nilai tes semester dan nilai ujian akhir sekolah belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan oleh guru dan siswa. Untuk itu metode ceramah harus diubah agar lebih bervariasi dengan menggunakan Media Sistem Poin Bergambar adalah sebuah kartu yang sudah dimodifikasi yang didalamnya terdapat gambar-gambar dengan poin yang berbeda mulai poin terendah adalah 1 dan poin tertinggi adalah 3, dan dibawah gambar tersebut terdapat angka mulai dari 0 1 2 3 sampai 9 yang nantinya perangkat ini digunakan dalam pemainan perkalian.

Berdasarkan uraian diatas, maka penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses perencanaan. (2) mendeskripsikan pelaksanaan. (3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran perkalian dengan aplikasi sistem poin bergambar pada siswa kelas III SDN Gedangan 08.

Untuk tercapainya tujuan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi dan skala penilaian, adapun yang menjadi responden adalah kepala madrasah, guru kelas dan siswa kelas III di SDN Gedangan 08. Sedangkan untuk menganalisanya penulis menggunakan analisis kualitatif deskriptif yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati dan data hasil tes yang telah dilakukan, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya ada dilapangan, disini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data.

Dari hasil analisa menunjukkan bahwa (1) perencanaan guru sudah sesuai dengan proses pelaksanaan. (2) pada proses pelaksanaan siswa merasa senang dan memahami materi yang disampaikan dengan media sistem poin bergambar. (3) penilaian dari hasil data kuantitatif siklus I ketuntasan hasil belajar kelas sebesar 73,3%, siklus II ketuntasan mencapai 100% melebihi SKM Sekolah (85%). Hal ini menunjukkan aplikasi media sistem poin bergambar dapat meningkatkan prestasi belajar perkalian siswa kelas III SDN Gedangan 08 Malang.

ENGLISH:

Mathematics has an important role in a variety of disciplines can also be a human form students who can think logically, critically, rationally and confidently. However, most students think that mathematics as a subject that is difficult and elusive applicability including multiplication, multiplication is repeated addition, learning of teachers is also less attractive and less active students in learning. So this all resulted in levels of achievement that can be seen from the list of values daily tests, grades assignments, test scores and grades the semester final exam school is not in accordance with the objectives expected by teachers and students. For the lecture method should be changed to be more varied by using Media Point System Illustrated is a card that has been modified in which there are the pictures with different starting points, the lowest point is 1 and the highest point is 3, and below the image there are numbers ranging from 0 1 2 3 to 9 that this device will be used in the game due to a multiplication.

Based on the description above, the study aims (1) describe the planning process. (2) describe the implementation. (3) describe the assessment of learning multiplication with media applications points system illustrated in improving student achievement learning multiplication on class III SDN Gedangan 08 malang.

For the attainment of the objectives of this study used a qualitative approach with classroom action research. Method of data collection using the method of observation (observation), interviews and documentation and assessment scales, while the respondents are principal, classroom teachers and student class III SDN Gedangan 08 malang. While to analyze the author uses descriptive qualitative analysis of the data in the form of written or spoken of and the observed behavior and test data that has been done, so in this case the author seeks to undertake research which describes the overall nature of the real situation existing in the field, here the authors include a table of complementary data.

From the results of the analysis show that (1) teachers' planning is in accordance with the implementation process. (2) the implementation process students are happy and understand the material presented with media applications points system illustrated. (3) quantitative assessment of the results of the first cycle of data completeness classroom learning outcomes for 73.3%, the second cycle to 100% completeness exceed SKM School (85%). This shows media applications points system illustrated can improving student achievement learning multiplication on class III SDN Gedangan 08 malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni
Keywords: Media Sistem Poin Bergambar; Prestasi Belajar; Perkalian; Media Point System Illustrated; Learning Achievement; Multiplication
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:23
Last Modified: 24 Jul 2017 09:23
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7323

Actions (login required)

View Item View Item