Rahmawati, Rahmawati (2013) Peningkatan penguasaan konsep struktur bumi dan matahari melalui pengembangan bahan ajar siswa kelas 5 SD Negeri Ketawang I Purwoasri Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09140039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) |
Abstract
INDONESIA:
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara alamiah. Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut maka dibutuhkan pengembangan bahan ajar berupa pengembangan buku ajar sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Struktur Bumi dan Matahari.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan model Dick and Carey yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Ketawang I Kabupaten Kediri dengan mengambil kelas 5 berjumlah 37 siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pengembangan buku ajar materi Struktur Bumi dan Matahari mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari ahli isi sebesar 76% yang berarti pengembangan buku ajar layak dan tidak perlu revisi, sedangkan dari ahli desain pengembangan buku ajar mendapat nilai 82% berada pada kualifikasi layak, sehingga buku tidak perlu revisi. Dari uji coba lapangan buku panduan praktikum mendapat kualifikasi layak dari semua subyek validasi uji coba lapangan. Dari ahli isi mendapat nilai 85,3% dan berada pada kualifikasi layak sehingga tidak perlu revisi.
Pengembangan bahan ajar materi struktur bumi dan matahari secara signifikan efektif meningkatkan hasil pembelajaran di SD Negeri Ketawang I Purwoasri Kabupaten Kediri. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata (mean) hasil belajar sebelum (x) menggunakan buku ajar yang telah dikembangkan dan hasil belajar sesudah (y) menggunakan buku ajar yang telah dikembangkan yaitu 60.13< 75.00, maka dapat dikatakan buku ajar yang telah dikembangkan secara signifikan efektif meningkatkan hasil belajar struktur bumi dan matahari IPA kelas 5 SDN Ketawang Purwoasri. Dari perbandingan ttabel dengan thitung, ternyata thitung ttabel atau 11,52 2,042 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulanya terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa kelas 5 yang menggunakan pengembangan buku ajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas 5 yang tidak menggunakan pengembangan buku ajar di SD Negeri Ketawang Purwoasri Kabupaten Kediri.
ENGLISH:
Natural Science (IPA) are associated with the natural way of finding out about systematically, so that not only the mastery of science knowledge in the form of a collection of facts, concepts, or principles, but also a process of discovery. The learning process emphasizes providing direct experience to develop competence in order to explore and understand the universe around them naturally. To achieve the needed development of learning materials in the form of textbook development so as to improve student learning outcomes specifically to the material structure of the Earth and the Sun.
This research uses research development Research and Development (R & D), Dick and Carey model that has ten steps in the procedure development. The research was carried out in primary school I Ketawang Kediri by taking 5 classes totaling 37 students. Based on the results, that the development of textbooks and materials Earth Structure Sun gets a good assessment of qualifications, because based on the validation results obtained from the expert content value of 76%, which means a decent textbook development and does not need revision, while the development of design experts textbooks scored 82% at a decent qualification, so the book does not need to be revised. From field trial lab manual got decent qualifications of all subjects validation field trials. Of content experts scored 85.3% and was in decent qualifications so no need revision.
Development of teaching materials the material structure of the earth and the sun is significantly effective in improving learning outcomes Ketawang I Purwoasri Elementary School Kediri. This can be seen in the average (mean) of learning outcomes before (x) using textbooks that have been developed and the study results after (y) using textbooks that have been developed, namely 60.13 <75.00, it can be said that textbooks has developed significantly effectively improve learning outcomes and the structure of the sun earth science grade 5 Ketawang Purwoasri SDN. Of comparison ttabel with t, t ≥ turns ttabel or ≥ 11.522.042 means that Ho is rejected and Ha accepted, kesimpulanya there are significant differences in the results of the Grade 5 students learn science using the textbook development with student learning outcomes IPA Grade 5 who did not use development in primary school textbooks Ketawang Purwoasri Kediri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Minarno, Eko Budi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | IPA; Pembelajaran; Pengembangan Buku Ajar; Science; Learning; Textbook Development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 15:42 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 15:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7320 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |