Agistia, Ifa (2013) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Karangploso Kebupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Suatu kebiasaan belajar jika dilakukan secara efisien dan sistematis akan membantu kemudahan belajar yang akhirnya dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar, kebiasaan belajar juga akan mempengaruhi belajar itu sendiri. Namun kebiasaan belajar dapat mengarah pada pola pengembangan belajar baik berpengaruh positif, yakni jika melakukan belajar secara rutin dan sistematis, dan berpengaruh negatif jika kebiasaan dilakukan tidak teratur.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kebiasaan belajar Siswa MI Raudlatul Ulum Karangploso Kabupaten Malang. 2) Untuk mendeskripsikan prestasi belajar Siswa MI Raudlatul Ulum Karangploso Kabupaten Malang. 3) Untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar secara parsial baik mengatur rencana belajar, mengikuti pelajaran, mempersiapkan ujian dan usaha penunjang terhadap prestasi belajar Siswa MI Raudlatul Ulum Karangploso Kabupaten Malang.
Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada MI Raudlatul Ulum Karangploso Kabupaten Malang dengan jumlah sampel penelitian yaitu sebanyak 30 responden. Alat analisis data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kebiasaan belajar Siswa MI Raudlatul Ulum Karangploso Kabupaten Malang dapat tercermin dari kebiasaan belajar siswa baik dirumah maupun disekolah. Prestasi belajar siswa MI Raudlatul Ulum Karangploso Kabupaten Malang masuk dalam kategori baik. Terdapat pengaruh kebiasaan belajar secara parsial baik mengatur rencana belajar, mengikuti pelajaran, mempersiapkan ujian dan usaha penunjang terhadap prestasi belajar Siswa MI Raudlatul Ulum Karangploso Kabupaten Malang.
Saran yang diajukan dalam penelitian ini yaitu diharapkan pihak sekolah dan orang tua siswa untuk berusaha meningkatkan prestasi belajar siswa dengan pertimbangan kondisi sarana dan prasarana belajar baik di sekolah maupun di rumah. Bagi peserta siswa, diharapkan untuk mempergunakan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah maupun di rumah secara maksimal dengan harapan dapat mendukung atas pencapaian prestasi belajar secara maksimal. Sebagai motivasi untuk lebih meningkatkan prestasi belajarnya.
ENGLISH:
Learned habit if done efficiently and systematically will help ease the learning can ultimately affect student achievement, study habits will also affect the learning itself. However, study habits can lead to better development pattern learning has a positive effect, that is, if done regularly and systematically studied, and a negative effect if the habit is not done regularly.
The purpose of this study were 1) To determine the study habits of students in MI Raudlatul Ulum Karangploso Malang. 2) To describe the learning achievement of students in MI Raudlatul Ulum Karangploso Malang. 3) To determine the effect of good study habits partially adjust lesson plans, attend classes, prepare for exams and effort supporting the learning achievement of students in MI Raudlatul Ulum Karangploso Malang.
Doing this type of research is survey research. The population in this study were all students at MI Raudlatul Ulum Karangploso Malang with the total sample of 30 respondents. Data analysis tools used are simple linear regression.
Based on the research and discussion that has been done, it can be concluded that the study habits of students in MI Raudlatul Ulum Karangploso Malang can be reflected in students' learning habits both at home and at school. Student achievement MI Raudlatul Ulum Karangploso Malang regency in either category.There is the influence of good study habits partially adjust lesson plans, attend classes, prepare for exams and effort supporting the learning achievement of students in MI Raudlatul Ulum Karangploso Malang.
Suggestions put forward in this study is expected the school and the parents to try to improve student achievement, considering the facilities and infrastructure both at school and at home. For student participants, are expected to use the educational facilities in schools and at home to the maximum in the hope of supporting the learning achievement to the fullest. As motivation to further improve academic achievement.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kebiasaan Belajar; Prestasi; Habits of Learning; Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:21 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7315 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |