Aminah, Nina Siti (2013) Pengembangan buku ajar bahasa Indonesia membaca indah dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan motivasi siswa kelas V MI Raudlatul Ulum Karangploso- Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Memberikan motivasi belajar bagi peserta didik mutlak diperlukan dalam bidang pendidikan. Namun kenyataan yang ada motivasi dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca indah puisi cenderung rendah. Hal tersebut dikarenakan ketersediaan buku ajar yang terbatas dan kurangnya minat baca siswa terhadap puisi. Oleh karena itu, produk pengembangan buku ajar membaca indah dengan pendekatan kontekstual dimaksudkan dapat memenuhi ketersediaanbuku ajar yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Raudlatul Ulum Karangploso Malang.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menyumbangkan produk berupa buku ajar bagi siswa kelas V MI Raudlatul Ulum Karangploso Malang yang dapat digunakan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia yang memiliki kelayakan isi; (2) menghasilkan buku ajar bagi siswa kelas V MI Raudlatul Ulum Karangploso Malang yang dapat meningkatkan motivasi belajar.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Suhartono dengan empat tahapan pengembangan. Hasil pengembangan buku ajar membaca indah ini telah melewati uji validasi ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia MI serta serangkaian uji coba terhadap siswa kelas V MI Raudlatul Ulum Karangploso-Malang melalui uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar membaca indah ini memiliki tingkat kemenarikan bagi siswa yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan dapat dikatakan layak digunakan oleh peserta didik di tingkat sekolah dasar kelas V. Hal ini dibuktikan dari hasil validasi ahli isi mata pelajaran terhadap buku ajar siswa, diperoleh 88,5%, yang masing-masing berada pada kualifikasi sangat baik dan baik. Validasi ahli desain pembelajaran terhadap buku ajar siswa diperoleh 93,3%, yang berada pada kualifikasi sangat baik dan baik. Penilaian guru mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap buku diperoleh 82,7%, yang berada pada kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba lapangan mencapai 93,6% yang berada pada kualifikasi sangat baik. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar membaca ini terbukti secara signifikan dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemenarikan pembelajaran siswa kelas V MI Raudlatul Ulum Karangploso-Malang.
ENGLISH:
Motivating learning for learners is absolutely necessary in the field of education. But the fact that there is a motivation in learning Indonesian Language follow the beautiful poem read in particular tend to be low. That is because the textbook limited availability and lack of interest of students read poetry. Therefore, the product development of textbook reading beautiful with the contextual approach intended to meet ketersediaanbuku ajar which can enhance the learning motivation of students in the Indonesian Language learning activities at MI Raudlatul Ulum Karangploso Malang.
The purpose of this research is: (1) donate products in the form of textbook for students of class V Raudlatul Ulum MI Karangploso Unfortunate that can be used for learning the Indonesian Language has a proprietary content; (2) produced a textbook for students of class V MI Raudlatul Ulum Karangploso Unfortunate that can increase the motivation to learn.
This study uses design Research Development Research and Development (R & amp; D) expressed by the four stages of development Suhartono. The development of this beautiful reading textbook have passed the validation test subjects content experts, instructional design experts and teachers of subjects as well as a series of MI Indonesian Language test to grade V MI Raudlatul Ulum Karangploso-Unfortunate through individual trials, a small group of test and field trials.
Based on research results, materials read this lovely kemenarikan level for students who can enhance learning and motivation can be said to deserve being used by learners at elementary school level classes V. This is evidenced from the results of a validation expert content subjects against a student textbook, obtained 55%, each of which is very good and good qualifications. Expert instructional design validation against the textbook students obtained 93,3%, which is excellent and well qualified. Indonesian Language subjects teacher assessment against the book retrieved 82,7%, which is at a very good qualification. Field trial results reach 93,6% who are on very good qualifications. So can be drawn the conclusion that this proven reading materials can significantly increase the motivation of learning and kemenarikan learning grade V Raudlatul Ulum MI Karangploso- Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Buku Ajar; Membaca Indah; Bahasa Indonesia; dan Pendekatan Kontekstual; Development; Textbook; read the Indonesian Language; and beautiful; the Contextual Approach | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:21 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7314 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |