Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kota Kediri

Arifin, Moh. Miftahul (2013) Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09140059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Bahasa adalah alat komonikasi atau sarana pergaulan, berinteraksi dengan sesama. Setiap orang senantiasa berkomonikasi dengan orang-orang disekitarnya. Sejak bayi, manusia telah berkomonikasi dengan orang lain, yaitu ibu dan ayahnya. Menagis disaat kelahirannya, merupakan cara bayi berkomonikasi dengan dunia sekitarnya. Bahasa sebagai alat komonikasi dapat diartikan sebagai tanda, gerak, dan suara untuk menyampaikan isi pikiran dan perasaan kepada orang lain. Pengajaran sastra mencakup ketiga genre sastra, yakni prosa, puisi, dan drama. Dalam pengaplikasiannya, ketiganya disintesiskan dengan kegiatan menyimak dan membaca sebagai aktivitas reseptif siswa. Disintesiskan juga dengan kegiatan berbicara dan menulis bagi siswa, yang merupakan aktivitas produktif mereka. Hal itu berlangsung hingga pada tahap evaluasi.

Saat ini pembelajaran yang berkarakter sedang dilaksanakan sesuai dengan amanat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada puncak peringatan Hardiknas 11 Mei 2010, pada tingkat pendidikan mulai dari dasar hingga menengah. Berangkat dari fenomena tersebut peneliti ingin mengkaji lebih dalam tentang Implementasi Pendidikan Karakter yaitu Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V.

Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kota Kediri, dengan obyek penelitian siswa kelas V. adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini secara khusus adalah 1) Untuk mendeskripsikan implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kota Kediri. 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kota Kediri.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kualitatif dengan jenis penelitian analisis fenomenologi/case study (studi kasus). Adapun penelitian ini terbatas pada implementasi Pendidikan Karakter pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V, yang diharapkan mampu mendeskripsiskan tentang Implementasi Pendidikan Karakter khususnya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kota Kediri. Penelitian ini terbagi atas tahap pra-lapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan.

Untuk mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V dan faktor penghambat dan pendukung dalam Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V, peneliti melakukan kegiatan penelitian yaitu meliputi wawancara, observasi, dan studi dokumentasi terhadap obyek penelitian. Dan didapatkan hasil sebagai berikut bahwa Pendidikan Karakter itu sudah ada diterapkan disekolah meskipun belum tercetuskan oleh pemerintah atau dinas terkait, oleh karena itu dengan adannya peraturan yang sudah ada sekarang ini yakni tentang implementasi Pendidikan Karakter di lembaga pendidikan baik dari pendidikan dasar maupun menengah disetiap mata pelajaran yang diajarkan, dengan adanya Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kota Kediri, dapat terlaksana secara baik dan secara garis besar yaitu dengan adannya tindakan seperti: 1) Perencanaan pembelajaran, 2) Pelaksanaan pembelajaran, dan 3) Evaluasi pembelajaran. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kota Kediri, secara garis besar adalah, Faktor penghambat dalam Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kota Kediri, adalah: 1) Sarana dan prasarana, 2) Siswa, 3) Perkembangan Teknologi, dan 4) Kurikulum yang sesuai. Faktor pendukung dalam Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kota Kediri adalah: 1) Kerjasama pihak sekolah dengan orang tua dan 2) Optimalisasi pembinaan karakter disekolah (kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan keagamaan).

ENGLISH:

Language is a tool or a means comonication socially, interacting with each other. Everyone always comonication with the people around him. From infancy, humans have comonication with others, namely his mother and father. Crying when his birth, a baby comonication way with the surrounding world. Language as a tool comonication can be interpreted as a sign, motion, and sound to convey the thoughts and feelings to others. Teaching literature includes three literary genres, namely prose, poetry, and drama. In its application, the three synthesized by listening and reading activities as activities of receptive students. Also synthesized by speaking and writing activities for students, which is their productive activity. It lasted until the evaluation stage.

Currently learning uproarious character being carried out in accordance with the mandate of President Susilo Bambang Yudhoyono at the peak of the Education Day May 11, 2010, at the level of education from elementary to middle. Departing from the phenomenon that researchers want to examine more deeply about the implementation of the Implementation of Character Education Lesson Learning Indonesian in Class V.

The research was conducted in Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kediri, with the object of research grade V. As for the objectives to be achieved in this study in particular is 1) Describe to the Implementation of Character Education in the Learning Indonesian in Class V in Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kediri. 2) Describe to the factors inhibiting and supporting the Implementation of Character Education Lesson Learning Indonesian in Class V in Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kediri.

The approach used in this study is a qualitative descriptive approach to the phenomenological analysis of this type of research/case study (case study). The study is limited to the Implementation of Character Education Indonesian subjects Class V, which is expected to know on the Implementation of Character Education in Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kediri. This study is divided into the pre-field, field operations stage, the stage of data analysis, and report writing stage.

Describe to the Implementation of Character Education in the Learning Indonesian Class V and factors inhibiting and supporting the Implementation of Character Education in the Learning Indonesian Class V, researchers conducting research that includes interviews, observation, and documentation of the research object. And obtained the following results be Character Education was already Implemented in schools although not by government or related agencies, therefore the regulations already exist today which is about the implementation of Character Education in educational institutions of primary and secondary education in every subject taught, Related to Implementation of Character Education in Learning Indonesian Class V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kediri, can be done well and in general is with actions such as: 1) Planning learning, 2) Implementation of learning, and 3) Evaluation learning. Supporting factors and obstacles in the implementation of Character Education on Learning Indonesian Class V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kediri, the outline is, Limiting Factors in the Implementation of Character Education in Learning Indonesian Class V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kediri, is: 1 ) Facilities and infrastructure, 2) Students, 3) The development of technology, and 4) Appropriate curriculum. Factors supporting the implementation of Character Education in Learning Indonesian Class V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bandar Kidul Kediri is: 1) School partnership with parents and 2) Optimization of character building in school (extracurricular activities and religious activities).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhdi, A
Keywords: Pendidikan Karakter; Bahasa Indonesia; Character Education; Indonesian Learning
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:20
Last Modified: 24 Jul 2017 09:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7313

Actions (login required)

View Item View Item