Penggunaan metode talking stick untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi permasalahan sosial di kelas IV MI Darul Falah Boro Bunut Pakis Malang

Afdholifa, Nur (2013) Penggunaan metode talking stick untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi permasalahan sosial di kelas IV MI Darul Falah Boro Bunut Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09140058.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dalam dunia pendidikan banyak terdapat metode yang khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan peserta didik. Betapa pentingnya sebuah metode dalam proses pembelajaran. Dikatakan berhasil apabila dalam suatu pembelajaran menggunakan metode yang tepat. Karena metode menempati posisi kedua terpenting setelah tujuan dari sederetan komponen pembelajaran: tujuan, metode, materi, media, dan evaluasi. Pemahaman adalah proses, perbuatan, cara memahami sesuatu. Belajar adalah upaya memperoleh pemahaman, hakekat belajar itu sendiri adalah usaha mencari dan menemukan makna atau pengertian. Permasalahan sosial adalah masalah yang mengarahkan perhatiannya pada kondisi ketidak seimbangan perilaku, moral, dan nilai-nilai sosial.

Dari uraian diatas dapat ditarik beberapa rumusuan masalah yaitu (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode Talking Stick pada materi permasalahan sosial untuk meningkatkan pemahaman sisiwa kelas IV di MI Darul Falah. (2) Apakah dengan menggunakan metode Talking Stick pada materi permasalahan sosial untuk meningkatkan pemahaman sisiwa kelas IV di MI Darul Falah, Dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Talking Stick pada materi permasalahan sosial untuk meningkatkan pemahaman sisiwa kelas IV di MI Darul Falah.

Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode Talking Stick. Pelaksanaan dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Subjek penelitian ini kelas IV di MI Darul Falah . instrument yang di gunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, wawancara, tes tertulis dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pengunaan Metode Talking Stick mengalami peningatan, terbukti bahwa pada silus I yang di nyatakan tuntas hanya 11,7%. Sedangkan pada siklus II yang di nyatakan tuntas 94,1%.

ENGLISH:

In education there are many methods that are specially designed to meet the need sanddesires of students. How important a methodin the learning process.Is successfulif inanappropriate learning method.Because themost importan tmethodsin second placeaftera series ofobjective soflearning components: goals, methods, materials, media, andevaluation. Comprehensionis aprocess, action, a way of understanding something. Learning is an effort togain an understanding of,the nature oflearning itselfis the search for and find meaning orunderstanding. Social problem sareproblems that directsattention to the imbalance condition behavior, moral, and social values

From the descriptionabove can besomerumusuan problems: (1) How doesthe application of learning by using Talking Stick on socialissuesmatterto improvesisiwa understanding of class IV in MI Darul Falah. (2) Isusing the Talking Stickon socialissues material to improvesisiwa understanding ofclass IV in MI Darul Falah, with the aim to describe the application and determinethe implementationof learningby usingTalking Stick on socialis suesmattertoimprove student understanding of class IV in MI Daru l Falah The approachin this studyis a qualitative approachusing the Talking Stick. Implementationis done2cycles, eachcyclethere are 2 meeting. Subject ofthis study i nclass IV Darul Falah MI. instrumen tthat is used to collect the data are observation sheets, interviews, writtentests and documentation.

Results of this study declare that theuse of methods Talking Stick experiencing peningatan, proved that thesilusIstatedthatin only 11.7% complete. Whilein the second cyclerevealedthatin 94.1% complete.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sulalah, Sulalah
Keywords: Metode Talking Stick; Pemahaman Materi Permasalahan Sosial; MethodTalking Stick; Understanding Social Problems Matter
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:20
Last Modified: 24 Jul 2017 09:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7311

Actions (login required)

View Item View Item