Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran CTL siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kalipare Malang

Anam, Mochamad Choirul (2013) Peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran CTL siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kalipare Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09140057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dalam pembelajaran IPS diharapkan guru menggunakan pendekatan yang memberi peluang kepada siswa untuk mengembangkan aspek kognitif juga meningkatkan sikap sosial dan ketrampilan siswa. Gejala yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kalipare Malang adalah siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi pokok tentang sumber daya alam. Pembelajaran IPS seharusnya menggunakan pendekatan pembelajaran yang mampu mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan dunia nyata yang dialami siswa. Sehingga siswa mampu menerapkan hasil pembelajaran ke dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Salah satu pendekatan yang diprediksi mampu mengembangkan potensi siswa tersebut adalah pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning)

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan CTL pada pembelajaran IPS siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kalipare Malang dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kalipare Malang dengan menggunakan pendekatan CTL.

Jenis rancangan penelitian ini adalah PTK model Kemmis dan Taggart dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus 2 pertemuan. Subjek peneliti ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kalipare Malang sebanyak 25 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, wawancara, tes tertulis dan dokumentasi. Dan penenerapan model CTl ini terdapat tahap-tahapan seperti Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan pendekatan CTL pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Kalipare Malang. Hal ini terbukti pada pra tindakan rata-rata hasil belajar siswa 64,6, siklus I rata-rata hasil belajar siswa 72, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 79,8.

Berdasarkan hasil temuan di lapangan selama penelitian dilaksanakan, disarankan hendaknya guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran. Dengan penerapan pembelajaran yang baik dan sesuai, maka hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara optimal.

ENGLISH:

In IPS expect teachers to use learning approach provides an opportunity for students to develop cognitive aspects also increase social attitudes and competencies of students. Symptoms in Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Madrasa is unfortunate Kalipare students experiencing difficulties in learning the subject matter of the natural resources. IPS Learning should use learning approach to associate the material taught to students experienced the real world. Until students are able to apply learning outcomes into their lives as family and community members. One of the predictable approach is able to develop the potential of students is CTL approach (Contextual Teaching and Learning)

This study aims to (1) Describe the application of this approach to learning CTL IPS Elementary School fourth grade students Nahdlatul Ulama Kalipare Malang in improving student learning outcomes. (2) Determine the extent to which improving student learning outcomes in social studies in fourth grade Elementary School Malang NU Kalipare using CTL approach.

This is the kind of research program PTK Kemmis and Taggart model with a qualitative approach. Learning implementation executed 2 cycles, each cycle 2 meeting. Subject researchers are fourth grade students Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Madrasa Unfortunately Kalipare of 25 students. Instruments used to collect the data is observation sheets, interviews, written tests and documentation. And there penenerapan CTL model-level stages like Planning, Execution, Observation and Reflection.

Results of this study show that implementation of CTL approach in social studies can improve learning outcomes Elementary School fourth grade students Nahdlatul Ulama Kalipare Malang. This is evident in the average pre-action student learning outcomes 64.6, I cycle an average of 72 student learning outcomes, while the second cycle averages the study increased to 79.8.

Based on the findings of a study carried out in the field, let the teacher suggested to implement learning by using appropriate learning the characteristics of the learning material. With the adoption of good learning and appropriate, then the results can be improved student learn optimally.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Baharuddin, Rahmawati
Keywords: Hasil Belajar; IPS; CTL; Learning Outcomes; IPS; CTL
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:20
Last Modified: 24 Jul 2017 09:20
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7310

Actions (login required)

View Item View Item