Peningkatan kinerja guru melalui kursus mahir tingkat dasar di MI Al-Fattah Malang

Hidayatullah, Fikri (2014) Peningkatan kinerja guru melalui kursus mahir tingkat dasar di MI Al-Fattah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
10140061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA:

Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Adapun untuk meningkatkan kinerja Guru supaya bisa baik secara kualitas maupun kuantitas salah satunya melalui Kursus Mahir Dasar. Kursus mahir tingkat dasar atau KMD merupakan kursus Kepramukaan tingkat dasar bagi calon pembina Pramuka. Dan setelah mendapatkan ijazah maka peserta KMD berhak menjadi asisten pembina Pramuka di sekolah.

Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai Peningkatan Kinerja Guru Melalui Kursus Mahir Tingkat Dasar Di MI Al-Fattah Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Guru yang mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar di MI Al- Fattah Malang.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Sedangkan yang menjadi sumber data adalah Kepala madrasah, waka kurikulum dan beberapa Guru kelas. Metode pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data mentah yang diperoleh, dianalisis lalu dilakukan pengecekan keabsahan data. Teknik analisa datanya adalah pengolahan, klasifikasi atau pengorganisasian data, dan penarikan kesimpulan atau temuan. Proses pengecekan data dengan menggunakan triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Dengan demikian dapat diperoleh data valid.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan kinerja Guru dalam kegiatan pembelajaran dari yang telah diperoleh selama mengikuti kegiatan Kursus Mahir Dasar. Para guru jadi lebih kreatif dan inovatif selama melaksanakan tugasnya sebagai Guru pada saat pembelajaran berlangsung. Mereka lebih berani dalam mengemukakan ide yang mereka miliki, baik dalam segi pembelajaran maupun pada saat kegiatan yang dilaksanakan di sekolah.

INGGRIS:

Performance is the result of the quality and quantity of work achieved by an employee in carrying out their duties in accordance with the responsibilities given. As for the teachers in order to improve performance both in quality and quantity of one With Kursus Mahir Dasar. Kursus Mahir Tingkat Dasar or KMD is a basic level course for prospective Scouting Scouting builder. And after getting a diploma then the participant is entitled to assistant coaches KMD Scout at school.

The issues to be addressed in this study is the Teacher Performance Improved With Kursus Mahir Dasar In Elementary Level MI Al-Fattah Malang. The purpose of this study is to investigate the performance of teachers who follow Kursus Mahir Dasar in MI Al-Fattah Malang.

The approach used in this study is a qualitative research approach with a qualitative descriptive type. While the source of data is the Head of the madrasah, deputy head of curriculum and some grade teacher. Methods of data collection by observation, interview and documentation. While the raw data collected, analyzed and checking the validity of the data. Data analysis techniques are processing, classification or organization of data, and drawing conclusions or findings. The process of checking the data by using triangulation and using reference materials. Thus the valid data can be obtained.

The results obtained from this study is the improvement of the performance of the teacher in the learning activities that have been acquired during the Advanced Kursus Mahir Dasar. The teachers become more creative and innovative during the performance of his duties as a teacher during the learning takes place. They are more daring in expressing their ideas, both in terms of learning and at the time of the activities carried out in schools.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Asmaningtias, Yeni Tri
Keywords: Kinerja; Kursus Mahir Dasar; Performance, Basic Course
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dellavia Azzahra Permata Putri
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:55
Last Modified: 24 Jul 2017 09:55
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7309

Actions (login required)

View Item View Item