Pengembangan bahan ajar Sequencing Picture dan LKS Matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi sifat-sifat bangun datar di SDN Klampok 1 Malang

Aliyah, Himatul (2013) Pengembangan bahan ajar Sequencing Picture dan LKS Matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi sifat-sifat bangun datar di SDN Klampok 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09140136.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Untuk mewujudkan kegiatan belajar matematika yang menarik dan menyenangkan bagi siswa maka dibutuhkan bahan ajar yang memiliki nilai guna berupa sequencing picture dan LKS agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Sifat-sifat Bangun Datar. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan spesifikasi produk yang dihasilkan, mengetahui kelayakan bahan ajar, serta mendeskripsikan bahwa bahan ajar mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D), dengan pedoman penelitian pengembangan menurut Arief S. Sadiman dkk yang memiliki enam langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Klampok 1 Malang pada kelas V yang berjumlah 48 siswa, dengan menggunakan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design.

Produk yang dihasilkan dalam pengembangan bahan ajar penelitian ini berupa bahan ajar cetak (printed). Konsep desain pengembangan bahan ajar ini dibuat rangkaian gambar gerbong kereta api, dimana setiap gerbongya terdapat gambar tentang langkah-langkah atau cara menggambar bangun datar yang dimaksud. Pada bagian bawah terdapat dua kolom keterangan, yaitu kolom langkah-langkah menggambar bangun datar dan kolom sifat-sifat bangun datar tersebut. Bahan ajar yang dikembangkan sebelum diujicobakan terhadap siswa sebelumnya dilakukan validasi kepada beberapa ahli. Pertama, hasil validasi yang diperoleh dari ahli isi mata pelajaran matematika mendapat nilai 89%. Kedua, dari ahli desain media mendapat nilai 76%. Ketiga, hasil validasi dari guru mata pelajaran matematika mendapat nilai 80%. Keempat, hasil angket dari mendapatkan 84%. Semuanya berada pada kualifikasi baik sehingga bahan ajar layak tidak perlu revisi. Bahan ajar Sequencing Picture dan LKS Matematika terbukti secara signifikan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika pada materi sifat-sifat bangun datar kelas 5 di SDN Klampok 1 Malang. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah anak yang tuntas KKM dari 14 anak menjadi 33 anak. Bukti selanjutnya berdasarkan hasil statistik uji t berpasangan nilai t hitung (6.31) > t tabel (2.021). Apabila nilai p value (0.000) (0.050) artinya Ho ditolak dan sangat signifikansi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika siswa kelas 5 SDN Klampok 1 Malang sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar Sequencing Picture dan LKS Matematika.

INGGRIS:

To realize the mathematics learning activities interesting and fun for the students needed teaching materials that have value to the form and picture sequencing worksheets in order to improve student learning outcomes in particular on material properties Build Flat. Thus, in this study aimed to describe the resulting product specifications, determine the feasibility of teaching materials, and describe that teaching materials to improve student learning outcomes.

This research uses research development Research and Development (R&D), with the development of research guidelines according to Arief S. Sadiman et al which has six steps in the procedure development. The research was conducted in Malang on SDN Klampok 1 class V which amounts to 48 students, using a study design one-group pretest-posttest design.

Products produced in the development of teaching materials is a research print instructional materials (printed). The design concept of the development of teaching materials created a series of railway carriages images, where each image gerbongya contained on the steps or how to draw up a flat in question. At the bottom there are two columns of information, ie the steps to draw up flat and column properties of the flat up. Teaching materials developed before students previously tested against validated to some experts. First, the validation results obtained from the expert content of mathematics courses scored 89%. Second, the design of media experts scored 76%. Third, the results of the validation of the mathematics teachers scored 80%. Fourth, the results of questionnaires of getting 84%. Everything is in good qualification so it is not worth teaching materials need revision. Sequencing of teaching materials and worksheets Math Picture shown to significantly improve learning outcomes in mathematics material properties flat up 5th grade at SDN Klampok 1 Malang. This is evidenced by the increasing number of children who completed KKM from 14 children to 33 children. Further evidence based on statistical results of paired t test t value (6:31)> t table (2.021). If the p value (0.000) ≤ α (0.050) means that Ho is rejected and very significance. It can be concluded that there are significant differences in the results of the Grade 5 students learn mathematics SDN Klampok 1 Malang before and after the use of teaching materials and worksheets Picture Sequencing Math.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Harini, Sri
Keywords: Sequencing Picture dan LKS; Matematika; Hasil Belajar; Sifat-Sifat Bangun Datar; Picture Sequencing and worksheets; Math; Learning Outcomes; Flat Build Properties
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dellavia Azzahra Permata Putri
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:43
Last Modified: 24 Jul 2017 09:43
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7307

Actions (login required)

View Item View Item