Rokhmah, Ummi Nur (2013) Penggunaan alat permainan edukatif ular tangga untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di MI Iskandar Sulaiman Pendem Junrejo Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140135.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Hasil pengamatan awal yang dilakukan peneliti di kelas V MI Iskandar Sulaiman pada pelajaran matematika menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika belum berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan karena guru selalu mendominasi proses pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media yang menarik sebagai pendukung pembelajaran, sehingga siswa menjadi bosan dan malas untuk belajar matematika. Akibatnya nilai yang diperoleh sebagian besar siswa belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75 terutama pada materi bangun datar trapesium dan layanglayang. Nilai rata-rata kelas sebelum dilakukan tindakan hanya 43,45. Menyikapi permasalahan tersebut, maka perlu digunakan media yang menarik sebagai pendukung kegiatan pembelajaran. Alat permainan edukatif ular tangga merupakan salah satu media alternatif yang menarik sekaligus dapat memudahkan siswa dalam mengingat materi matematika khususnya materi bangun datar trapesium dan layang-layang, yang diharapkan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dalam materi tersebut.
Beranjak dari permasalahan di atas, tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif ular tangga untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Iskandar Sulaiman Pendem Junrejo Batu. (2) Mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif ular tangga untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Iskandar Sulaiman Pendem Junrejo Batu. (3) Mengetahui proses dan hasil penilaian pembelajaran dengan menggunakan alat permainan edukatif ular tangga untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Iskandar Sulaiman Pendem Junrejo Batu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Prosedur pengumpulan data menggunakan berbagai teknik yaitu observasi, pengukuran tes hasil belajar, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah guru bidang studi matematika kelas V dan seluruh siswa kelas V MI Iskandar Sulaiman Pendem Junrejo Batu. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk pengecekan keabsahan temuan, peneliti menggunakan teknik triangulasi dan meningkatkan ketekunan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat permainan edukatif ular tangga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Iskandar Sulaiman Pendem Junrejo Batu. Indikator keberhasilan penggunaan alat permainan edukatif ular tangga antara lain (1) Pada saat pembelajaran berlangsung, siswa terlihat senang, lebih semangat, tidak bosan/jenuh dan tidak mengantuk. (2) Dengan menggunakan alat permainan edukatif ular tangga siswa lebih mudah untuk mengingat rumus-rumus bangun datar, terutama bangun datar trapesium dan layang-layang. (3) Dengan melibatkan langsung siswa dalam proses pembelajaran membuat siswa menjadi lebih aktif (4) Adanya peningkatan prestasi belajar siswa setelah menggunakan alat permainan edukatif ular tangga dengan prosentase sebesar 56,50% pada siklus I, meningkat menjadi 73,49% pada siklus II, dan meningkat lagi menjadi 90,70% pada siklus III.
INGGRIS:
In the first observation, this was done by the researcher on mathematic subject in fifth grade of Islamic Elementary School of Iskandar Sulaiman Pendem Junrejo Batu showed that the learning process of Mathematic was not good enough. This was caused the teachers who always dominated the learning process by using lecture method without using any instruments which were interesting as learning support. Thus, the students felt boring and lazy to study Mathematic. These caused their achievement. Most of students did not achieve the target (KKM) which should be 75 especially on trapezoid and kites subjects. The result range was only 43,45 before giving a treatment. To solve this problem, it needed instruments which were interesting as learning support. educative game instrument snakes and ladders was one of instruments which were interesting. It made students easier to remember mathematics subject especially on trapezoid and kites subjects. It was hoped that it could develop the achievement of students on those subjects.
Based on those problems, the aims of this research were (1) to know process of learning plan by using educative game instrument snakes and ladders in order to increase learning achievement of fifth grade student in Islamic Elementary School of Iskandar Sulaiman Pendem Junrejo Batu. (2) to know process of learning action by using educative game instrument snakes and ladders in order to increase learning achievement of fifth grade student in Islamic Elementary School of Iskandar Sulaiman Pendem Junrejo Batu. (3) to know process and learning evaluation by using educative game instrument snakes and ladders in order to increase learning achievement of fifth grade student in Islamic Elementary School of Iskandar Sulaiman Pendem Junrejo Batu.
The type research was Classroom Action Research and for the research approach was qualitative. Stages in this research consisted of 4 stages. They are planning, action, observation, and reflection. For data collection, the researcher used, observation, measuring test of learning result, interview, questionnaire and documentation. Data source in this research is mathematic teacher subject of fifth grade class and all of student of fifth grades in Islamic elementary school of Iskandar Sulaiman Pendem Junrejo Batu. For data analysis, the researcher used the descriptive qualitative technique. For checking the validity of data, the researcher used triangulation technique and increasing diligence.
The result of the research showed that the using educative game instrument snakes and ladders were able to increase learning achievement of fifth grade student in Islamic Elementary School of Iskandar Sulaiman Pendem Junrejo Batu. The success indicators in using educative game instrument snakes and ladders are (1) at the learning process, the student looks happy, enthusiastic, do not bored and sleepy. (2) By using educative game instrument snakes and ladders, student can be easier to remember the formula of geometry, especially for trapezoid and kites. (3) By involving the student in learning process, it made student more active.(4) there was a raising learning achievement of student after using educative game instrument snakes and ladders with the percentage of 56,50% at the I cycle, increase to 73,49% at the II cycle, and come to 90,70% at the III cycle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Alat Permainan Edukatif Ular Tangga; Prestasi Belajar; Matematika; Trapesium dan Layang-layang; Educative Game Instrument Snakes and Ladders; Learning Achievement; Mathematic; Trapezoid and Kites | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dellavia Azzahra Permata Putri | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:43 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7306 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |