Unzylayka, Nisaa (2013) Prilaku kepemimpinan kepala madrasah dalam membina guru di MIN Semampir Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140131.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Sebagai seorang kepala sekolah yang memiliki arti vital dalam proses pendidikan, maka kepala sekolah harus mampu mengolah dan memanfaatkan segala sumber daya manusia yang ada, sehingga tercapai efektivitas sekolah yang melahirkan perubahan. Tanggung jawab kepala sekolah dalam rangka pembinaan manusia harus diarahkan untuk mencapai tujuan sekolah, membantu anggota individu untuk memperoleh kedudukan dan standart penampilan kerja kelompok, memaksimalkan pengembangan karir anggota, mempersatukan (reconcil) antara tujuan individu-individu dengan tujuan organisasi.
Fokus masalah skripsi ini telah diarahkan kepada studi tentang sosok Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membina Guru diantaranya: Strategi yang dilakukan Kepala Madrasah dalam Membina Guru di MIN Semampr. Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membina Guru di MIN Semampir. Faktor yang Mempengaruhi Kepala Madrasah MIN Semampir dalam Membina Guru.
Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini merupakan suatu proses pengumpulan data secara sistematis dan itensif untuk memperoleh pengetahuan tentang Prilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membina Guru di MIN Semampir Kediri.
Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa bahwa Emi Rosyidah adalah sosok Kepala Sekolah yang suskses dan berhasil memajukan lembaga pendidikan MIN Semampir Kediri yang berawal sebuah sekolah yang kumuh gedek yang berada di lingkungan lokalisasi dan pengemis menjadi sekolah yang bersih, dan Islami. Memiliki gendung permanen dengan sejumlah prestasi, bahkan sekarang memiliki 2 lokasi dalam kurun waktu 7 tahun. Kunci kesuksesan kepemimpinannya terletak pada perilaku beliau dalam memberikan inovasi yang membangun. Berikut hasil penelitian yang peneliti lakukan, 1) Strategi yang digunakan Kepala Madrasah MIN Semampir dalam membina guru yaitu dengan melaksanakan inovasi berbagai program yang telah direncanakan dan disosialisasikan kepada para guru dan karyawan dengan memberikan berbagai stimulus, mengarahkan melalui penilaian yang terus menerus, memberikan pengetahuan dan ketrampilan, dengan tujuan untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan proses dan hasil belajar melalui pemberian layanan profesi yang maksimal kepada para guru dan karyawan. 2) Perilaku kepemimpinan Kepala Madrasah MIN Semampir dalam membina guru mengarah pada perilaku situasional dengan pendekatan kolaboratif partisipatif, dimana Kepala Madrasah melakukan pembinaan dengan memahami karakteristik dan tingkat kemampuan para guru dan karyawan sehingga dalam aktualisasi kepemimpinan, kinerja para guru akan menjadi lebih efektif sesuai dengan kemampuan dan karakteristik masing-masing individu. Dengan penciptaan hubungan yang baik dan hangat antara Kepala Madrasah, Guru dan Karyawan bukanlah sebagai bawahan namun sebagai mitra yang dapat bekerjasama dan saling membantu untuk mencapai tujuan dan kemajuan sekolah bersama. 3) Ada dua faktor yang mempengaruhi kepala madrasah dalam membina guru, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Melalui identifikasi faktor internal (faktor dalam diri guru) dan eksternal (faktor dari luar diri guru) pada setiap personal guru akan memudahkan kepala madrasah dalam menganalisis karakteristik dan kondisi tiap personil guru di MIN Semampir, hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memberikan pelayann yang terbaik sesuai kemampuan dan karakteristik personil guru dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang telah diemban
Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut: Kepala Sekolah sebagai Seorang Pemimpin sebaiknya mejadi teladan dan penggerak bagi para guru dalam meningkatkan kualitas, efektivitas dan efisiensi kerjanya. Selain itu seorang Kepala Madrasah jangan sampai lelah untuk meciptakan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan yang semakin terpuruk terutama madrasah. Bagi para guru sebaiknya perlu adanya peningkatan kualitas dirinya masing-masing secara individu dengan meningkatkan kesadaran, kemandirian dan tanggung jawab yang diembannya sebagai seorang guru di sekolah dan masyarakat, sehingga mampu membawa peserta didiknya ke arah kemajuan sebagaimana tuntutan dalam masyarakat sekarang ini. Dan dapat dijadikan rujukan jika akan meneliti tentang perilaku kepala sekolah dalam membina guru.
INGGRIS:
As a high school principal who has a vital significance in the educational process, the school principal must be able to process and utilize all available human resources, in order to reach the effectiveness of the school that gave birth to the changes. The responsibility of the school principal in order to develop human should be directed to achieve the objectives of the school, helping individual members to obtain the position and appearance standards working group, to maximize the career development members, unite (reconcil) between individual goals with organizational goals.
The focus of this thesis has been directed towards the study of the figure of Principals Leadership Behaviour in Developing Teacher between both of: Strategies undertaken Principals in Developing Teacher Semampir MIN. Principals Leadership Behaviour in Developing Teacher Semampir MIN. Factors Influencing Principals in Developing Teacher Semampir MIN.
This study was conducted with a qualitative approach. This approach is a systematic process of data collection and itensif to acquire knowledge about the behavior Principals Leadership in Fostering Teacher at MIN Semampir Kediri.
From these results we can note that the figure is Emi Rosyidah Principal and successfully advancing successful societal institutions MIN Semampir Kediri that starts a rundown school gedek its localization environment and beggars into school clean, and Islamic. Having a permanent build with a number of achievements, and even now has 2 locations in the past 7 years. The key to success lies in the behavior of his leadership in delivering innovations that build. Here are the results of the study the researchers did, 1) Strategy used Principals MIN Semampir in fostering teacher is to implement innovative programs that have been planned and disseminated to teachers and employees by providing a variety of stimuli, leading through continuous assessment, providing knowledge and skills, in order to make repairs and improve processes and learning outcomes through the provision of professional services that most teachers and employees. 2) Principals leadership behavior MIN Semampir in fostering teacher behavior leads to situational collaborative participatory approach, whereby Principals shall develop by understanding the characteristics and skill levels of the teachers and employees so that the actualization of leadership, performance of teachers will be more effective in accordance with the ability and the characteristics of each individual. With the creation of a good and warm relations between the Principals, teachers and staff are not as subordinates but as a partner who can work together and help each other to achieve the goals and progress of the school together. 3) There are two factors that affect the developing head madrasah teachers, ie internal factors and external factors. Through the identification of internal factors (factors within teachers) and external (factors from outside the teacher) on any personal madrassa head teacher will facilitate in analyzing the characteristics and conditions of each teacher in MIN Semampir personnel, it is done in an effort to provide the best fit pelayann capabilities and characteristics of teacher personnel in performance of duties and responsibilities that have been carried
Based on these results the researchers say a few suggestions as follows: The Principal as a Leader should form the model and motivator for teachers to improve the quality, effectiveness and efficiency of the work. Besides the Principals do not get tired to create a whole new innovations in education are worse off, especially madrasas. For teachers should have an increase in their quality of each individual to increase awareness, independence and responsibility thrust upon him as a teacher at the school and the community, so as to bring learners to progress as the demands in today's society. And can be used as a reference if it will examine the behavior of the principal in fostering teacher.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perilaku Kepemimpinan; Membina Guru; Behavioral Leadership; Developing Teacher | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dellavia Azzahra Permata Putri | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:43 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 16:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7304 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |