Penerapan mind mapping dengan bantuan multimedia mindmanager X5 dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI di SDIT Al Mishbah Sedamar Sumobito Jombang

Fitriyani, Zakiyah Ofi (2013) Penerapan mind mapping dengan bantuan multimedia mindmanager X5 dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI di SDIT Al Mishbah Sedamar Sumobito Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
09140056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar khususnya di SDIT Al Mishbah masih mengalami berbagai permasalahan. Permasalahan tersebut di antaranya adalah nilai siswa masih banyak yang di bawah rata – rata ketuntasan minimal dalam materi pelajaran IPS, guru kurang memaksimalkan media pembelajaran yang sudah ada, dan perlu adanya metode pembelajaran dengan menggunakan media interaktif yang relevan dengan materi, materi IPS yang luas membuat sebagian siswa kesulitan dalam memahaminya dan cenderung materinya harus dihafal, rendahnya minat siswa untuk belajar IPS sehingga siswa tidak terlalu memperhatikan materi yang dijelaskan guru, mereka lebih mementingkan hal lain seperti berbicara dengan temannya, mengganggu teman di dekatnya, ada juga yang membaca komik. Untuk itu, pembelajaran IPS perlu dirancang untuk membangun dan merefleksikan kemampuan siswa dalam kehidupan bermasyarakat yang selalu berubah dan berkembang secara terus – menerus.

Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan metode yang tepat, sehingga dalam penelitian ini peneliti menggunakan penerapanmind mapping dengan bantuan multimedia MindManager X5 dalam menyampaikan materi. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui proses perencanaan pembelajaran menggunakan penerapan mind mapping dengan bantuan multimedia MindManager X5 dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI di SDIT Al Mishbah Sedamar Sumobito Jombang, 2) Mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan penerapan mind mapping dengan bantuan multimedia MindManager X5 dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI di SDIT Al Mishbah Sedamar Sumobito Jombang, 3) Mengetahui apakah penilaian pembelajaran menggunakan penerapan mind mapping dengan bantuan multimedia MindManager X5 dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI di SDIT Al Mishbah Sedamar Sumobito Jombang terjadi peningkatan.

Hasil evaluasi pembelajaran yang merupakan indikator prestasi belajar siswa dapat berjalan dengan baik, terbukti prosentase kemampuan siswa dalam prestasi belajar mulai dari pre test, siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan mulai dari 40 %, menjadi 55 %, dan menjadi 90 %. Rata – rata nilai juga mengalami peningkatan dari pre test, siklus I, siklus II yaitu dari 63,75, menjadi 66,20, menjadi 89,05. Dari data tersebut siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal ( KKM ) yaitu 70 %.

ENGLISH:

The learning activity of social subject in SDIT Al Mishbah is still experiencing various problems. Teh problems are, many students have under minimum average score, the teachers does not really maximize the learning interactive media that is relevant with the material discussed, social subject material is broad that makes the students have difficulty in understanding the material since it must memorized, the student are not interested in social subject learning so that they are not paying much attention to the teacher. That are the reasons why the social subject learning should be desaigned to build and reflect the students competencies in society.

To address this need the right method, so in this study the researchers used the application of mind mapping with MindManager X5 multimedia assistance in presenting the material. The approach taken in this study is qualitative, whereas this type of research is a classroom action research.The objectives of this study were 1) Knowing the planning process of learning to use the application of Mind mapping with multimedia MindManager X5 in improving student achievement in social subject on sixth grader of SDIT Al Mishbah Sedamar Sumobito Jombang, 2) Knowing the implementation process of learning to use application of mind mapping with MindManager X5 multimedia assistance in the application of Mind mapping with multimedia MindManager X5 in improving student achievement in social subject on sixth grader of SDIT Al Mishbah Sedamar Sumobito Jombang, 3) Knowing whether the assessment of learning using the application of Mind mapping with multimedia MindManager X5 in improving student achievement in social subject on sixth grader of SDIT Al Mishbah Sedamar Sumobito Jombang increased.

The results of the evaluation of learning that is an indicator of student achievement can be run well, the percentage shown student ability in learning achievement from pre-test, the first cycle to the second cycle increased from 40% to 55%, and to 90%. The average value also increased from pre-test, the first cycle, second cycle, from 63.75, to 66.20, to 89.05. From these data the students have achieved a minimum passing grade criteria (KKM) is 70%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhdi, A
Keywords: Metode Mind Mapping dengan Bantuan Multimedia MindManager X5; Meningkatkan Prestasi Belajar; Mata Pelajaran IPS Kelas VI; The Method of Mind Mapping with Multimedia MindManager X5; The Improving Learning Achievement; Social Subject on Sixth Grader
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Imam Rohmanu
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:28
Last Modified: 24 Jul 2017 09:28
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7302

Actions (login required)

View Item View Item