Muslikha, Siti (2013) Penerapan metode Make a Match dan Picture and Picture untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas III di MI Nahdlatul Ulama Curungrejo Kota Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran yang sulit bagi anak sekolah. Walaupun bahasa Inggris termasuk pelajaran mulok namun masih banyaknya siswa yang belum memahami bagaimana cara menghafal atau mempelajari bahasa Inggris tersebut. Karena pelajaran ini bukan hanya di temui waktu SD saja namun akan berkembang sampai SMA atau perguruan tinggi. Sehingga dalam hal ini merupakan tugas guru dalam mengajar dengan metode yang menyenangkan agar tidak membuat kesulitan dan rasa bosan dalam mempelajari bahasa Inggris. Dalam pembelajaran menggunakan metode Make a Match dan Picture and Picture tidak hanya mendapatkan informasi dari guru saja, akan tetapi siswa juga bekerjasama dengan temannya dalam menyelesaikan pengerjaan kosakata sehingga siswa lebih aktif ketika mengikuti pembelajaran bahasa Inggris. Untuk itu penerapan metode Make a Match dan Picture and Picture diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas III MINU Curungrejo Kota Kepanjen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa Inggris dengan menerapkan metode Make a Match dan Picture and Picture dengan mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan proses evaluasi hasil prestasi belajar bahasa Inggris dengan menerapkan metode Make a Match dan Picture and Picture.
Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa metode, yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara. Sedangkan untuk menganalisis, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu penggambaran menyeluruh tentang keadaan sebenarnya yang disertai tabel sebagai pendukung dan pelengkap uraian data.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Make a Match dan Picture and Picture dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa Inggris di MINU Curungrejo Kepanjen. Hasilnya terlihat pada tabel peningkatan prestasi belajar siswa yang meningkat dalam setiap siklusnya dipaparkan pada bab IV.
ENGLISH:
English is the one of lesson that is difficult for students. Whereas, English include on “content local” lesson, but it is still make difficult for students to understand how to remember the vocabulary or study English well. Because of this lesson is not only given on Elementary school but also development until senior high school and university. So, in this time as the teacher must teach the students with different method which can‟t make student fell bored and difficult. On learning that use by method Make a Match and Picture and Picture not only give the information from the teacher, but also the student can make a teamwork with their friends on finished the vocabulary, so the students will be more active when they learn English. The implementation of method Make a Match and Picture and Picture will hope that can increase the students‟ achievement on English lesson in the third grade of MINU Curungrejo Kepanjen City.
The purpose of this research is to know the increasing of students‟ achievement on the third grade of Elementary school on English lesson. The application on learning that use by method Make a Match and Picture and Picture with describe a process of planning, process of learning, and process of evaluation.
In this research, the researcher applied “PTK” by using Qualitative research. From collect the data, the researcher use some kind of methods, there are: observation, documentation, and asking question. From the analysis, the researcher use qualitative descriptive which is drawing for all about the real situation that is support by the table as the complete of the data.
The result of this research show that multi method (make a Match and Picture and Picture) will increase the student‟s achievement on the third grade of Elementary school in MINU Curungrejo Kepanjen city at English lesson. The result can see from table of the increasing student‟s achievement on every section will introduce on Bab IV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Make a Match dan Picture and Picture; Prestasi Belajar; Bahasa Inggris; Make a Match and Picture and Picture; student‟s achievement; English | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2017 21:13 | ||||||
Last Modified: | 23 Jun 2023 09:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7301 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |