Susilowati, Handri (2013) Problematika guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi bercerita terhadap siswa autis MI Sunan Giri Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09140002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan judul Problematika Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Bercerita Terhadap Siswa Autis MI Sunan Giri Kota Malang, dengan tujuan: 1. Mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran bercerita terhadap siswa autis MI Sunan Giri Kota Malang. 2.Memahami problematika guru dalam pelaksanakan pembelajaran bercerita terhadap siswa autis MI Sunan Giri Kota Malang. 3.Mengetahui upaya apa saja yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan dalam melaksanakan pembelajaran bercerita terhadap siswa autis MI Sunan Giri Kota Malang.
Penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa datanya adalah pengolahan, klasifikasi atau pengorganisasian data, dan penarikan kesimpulan atau temuan. Proses pengecekan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi problematika guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi bercerita terhadap siswa autis MI Sunan Giri Kota Malang bersamaan dengan siswa normal, antara lain: 1. Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia belum terlaksana dengan baik, namun pembelajaran untuk siswa normal sudah berjalan dengan baik. 2. Dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia ditemukan problematika sebagai berikut: a. Guru mengalami kesulitan dalam memahami karakteristik siswa autis. b.Belum dapat menerapkan strategi pembelajaran yang khusus untuk siswa autis. c. Belum dapat menerapkan metode yang khusus untuk siswa autis. d. Kesulitan dalam menyusun materi yang khusus untuk siswa autis. e. Kesulitan dalam tahap evaluasi. f. Kesulitan dalam menembuat dan menentukan media untuk siswa autis. g.Minimnya informasi guru yang diperoleh guru untuk melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia materi bercerita bagi siswa autis. h. Belum adanya panduan guru untuk mengembangkan pembelajaan bahasa Indonesia materi bercerita kepada siswa autis. 3. Upaya yang dilakukan: a. Bekerja sama dengan Lembaga untuk kemajuan MI Sunan Giri. b. Mewajibkan orang tua anak autis untuk melengkapi prosedur yang ada.c. Mewajibkan orang tua untuk menghadirkan Shadow atau Pendamping.d. Bekerja sama pada sekolah Inklusi untuk Ujian Nasional siswa autis tersebut. e. Mendekati siswa tersebut.b. Membiarkan siswa tersebut untuk aktif mandiri sesekali tanpa bantuan Shadow. f. Bekerja sama dengan Shadow dalam pengajaran. g. Belajar dari Shadow tentang karakteristik anak autis dan penanganannya. h. Mengkoordinasikan masalah yang timbul dalam pembelajaran dengan Kepala Madrasah.
ABSTRACT
This research was conducted under the title Problems of teacher in Learning Indonesia Language in the Telling Story Matter on Autism Students in MI Sunan Giri Malang City, in order: 1. Knowing the implementation of the learning process for autism students MI Sunan Giri Malang. 2. Understanding problems in implementing the teacher tells the autism atudents MI Sunan Giri Malang. 3. Knowing what is being done to overcome the barriers of teachers learning Indonesia language in the telling story matter on autism students in MI Sunan Giri Malang City. The study, conducted by researchers is using a qualitative research approach with a qualitative descriptive type. Methods of data collection by observation, interview and documentation. Data analysis techniques are processing, classification or organization of data and drawing conclusions or findings. Data checking process carried out in this study by using triangulation.Results of this study showed that there was problems of teachers in learning Indonesia language in the telling story matter on autism students in MI Sunan Giri Malang City along with normal students, among others: 1. Implementation of Learning Indonesian language has not done well, but learning to normal students are already well underway. 2. In the implementation of learning Indonesian found the following problems: a. Teachers have difficulties in understanding the characteristics of autism students. b. Have not been able to apply specific learning strategies for autism students. c. Have not been able to implement specific methods for autism students. d. Difficulty in preparing material for autism students. e. The difficulty in the evaluation phase. f. Difficulties in determining the menembuat and media for autism students. g.Minimnya information obtained by teachers for teachers implementing learning Indonesian storytelling material for autism students. h. The absence of the teacher guide for developing Indonesian pembelajaan storytelling material to autism students. 3. Efforts are made: a. Collaboration with the Institute for the advancement of MI Sunan Giri. b. Require that parents of autism students to complete procedures. c. Requiring parents to bring shadow.d. Work together on school inclusion for autism students the National Exam. e. Approaching students. b. Allowing the students to be active independently without the help of an occasional from shadow. f. Working closely with the shadow in teaching. g. Learn from Shadow of children with autism and handling characteristics. h. Coordinate issues that arise in learning with Principals.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Gafur, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Problematika Guru Pembelajaran Bahasa Indonesia; Problems of Learning Indonesian Teachers | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Desi Latifah Hamzah | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2017 16:19 | ||||||
Last Modified: | 09 May 2023 11:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7299 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |