Alfisyah, Mas Rifqiyah Maulana (2024) Manajemen program unggulan dalam meningkatkan mutu non akademik di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Sabilillah Lamongan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
220106220008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan tidak terbatas hanya pada pendidikan dasar, tetapi juga pendidikan secara emosional dan keterampilan. Saat ini, kualitas kegiatan non akademik dalam lembaga pendidikan menjadi salah satu penilaian khusus bagi masyarakat untuk melihat mutu pendidikan pada lembaga tersebut. Kegiatan non akademik menjadi ukuran penilaian bagi sekolah dalam meningkatkan mutu dan nama baiknya. Kegiatan non akademik bahkan menjadi hal utama dalam pengelolaan beberapa madrasah unggulan.
Dengan menggunakan kacamata akdemis, khususnya dalam bidang manajemen pendidikan, tesis ini mempertanyakan: 1. Bagaimana perencanaan program unggulan dalam meningkatkan mutu non akademik di MIUS Lamongan? 2. Bagaimana pelaksanaan program unggulan dalam meningkatkan mutu non akademik MIUS Lamongan? 3. Bagaimana evaluasi program unggulan dalam meningkatkan mutu non akademik di MIUS Lamongan?
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif untuk menemukan permasalahan dan fokus penelitian. Jenis penelitian ini adalah studi kasus yang melibatkan satu individu, beberapa individu, kelompok, seluruh program, atau kegiatan. Peniliti disini bertindak sebagai, perencanaan, pelaksana pengumpul data, penganalisis, penafsir data sekaligus menjadi pelopor hasil
penelitian.
Dari penelitian tersebut, tesis ini menemukan bahwa perencanaan program unggulan di MI Unggulan Sabilillah Lamongan terbagi menjadi tiga tingkat yaitu: a) jangka pendek, yaitu menciptakan madrasah berbasis digital, b) jangka menengah, yaitu mengkolaborasikan sistem dan metode pembelajaran yang efektif terutama dalam meraih prestasi, c) jangka panjang, yaitu menjadi sekolah unggulan
yang tidak ganya unggul di bidang akademik, melainkan juga soft skill dan akhlakul karimah.
Dalam meningkatkan mutu non akademik di MI Unggulan Sabilillah Lamongan terdapat beberapa faktor penghambat antara lain: a) guru yang melaksanakan pendampingan yang terkadang kurang adanya inovasi-inovasi b) kurangnya motivasi siswa untuk mengikuti kegiatan dengan maksimal karena merasa lelah akibat full day. Solusi yang di terapkan MI Unggulan Sabilillah Lamongan untuk permasalahan guru adalah melaksanakan evalusi secara rutin.
Peneliti menyarankan kepada semua civitas di MI Unggulan Sabilillah Lamongan untuk memperbaiki pembuatan resntra (rencana strategi) minimal target yang ingin diraih dalam jangka waktu 3-5 tahun ke atas. Sehingga target yang ingin dicapai di masa depan akan lebih terstruktur dan terarah dengan jelas.
ENGLISH:
Education is not limited to basic education, but also emotional and skills education. Currently, the quality of non-academic activities in educational institutions is one of the special assessments for the community to see the quality of education at the institution. Non-academic activities are a measure of assessment for schools in improving their quality and good name. Non-academic activities are even the main thing in the management of several excellent madrasahs.
Using academic glasses, especially in the field of educational management, this thesis questions: 1. How is the planning of superior programs in improving non academic quality at MIUS Lamongan? 2. How is the implementation of superior programs in improving non-academic quality at MIUS Lamongan? 3. How is the evaluation of superior programs in improving non-academic quality at MIUS Lamongan?
This study uses a qualitative approach method to find problems and research focus. This type of research is a case study involving one individual, several individuals, groups, all programs, or activities. The researcher here acts as a planner, data collector, analyst, data interpreter and pioneer of research results.
From the research, this thesis found that the planning of superior programs at MI Unggulan Sabilillah Lamongan is divided into three levels, namely: a) short term, namely creating a digital-based madrasah, b) medium term, namely collaborating effective learning systems and methods, especially in achieving achievements, c) long term, namely becoming a superior school that is not only superior in academics, but also soft skills and noble character
In improving non-academic quality at MI Unggulan Sabilillah Lamongan, there are several inhibiting factors, including: a) teachers who carry out mentoring who sometimes lack innovations b) lack of student motivation to participate in activities optimally because they feel tired due to full day. The solution implemented by MI Unggulan Sabilillah Lamongan for teacher problems is to carry
out routine evaluations.
The researcher suggests to all academicians at MI Unggulan Sabilillah Lamongan to improve the creation of a strategic plan (resntra) with at least the target to be achieved in a period of 3-5 years and above. So that the targets to be achieved
in the future will be more structured and clearly directed.
ARABIC:
ةيئادتبالا ةسردملا ،ةيميداكألا ريغ ةدوجلا ،ةزاتمملا جماربلا ةرادإ :ةيحاتفملا تامل
كلا
ريغ ةطشنألا ةدوج دعت ،يلاحلا تقولا يف .يراهملاو يفطاعلا ميلعتلا اضيأ لمشي لب ،يساسألا ميلعتلا ىلع ميلعتلا رصتقي ال
ةطشنألا لكشت .تاسسؤملا هذه يف ميلعتلا ةدوج ةفرعمل روه
مجلل ةصاخلا تامييقتلا دحأ ةيميلعتلا تاسسؤملا يف ةيميداكألا
ءيشلا لكشت ةيميداكألا ريغ ةطشنألا نأ ىتح .اهتعمسو اهتدوج نيسحتل سرادملا هب موقت يذلا مييقتلل اسايقم ةيميداكألا ريغ
ةدئارلا ةينيدلا سرادملا نم ديدعلا ةرادإ يف يسيئرلا.
متي فيك .
1
:ةيلاتلا ةلئسألا ةحورطألا هذه حرطت ،ةيميلعتلا ةرادإلا لاجم يف ةصاخو ،ة
يف ةيميداكألا ريغ ةدوجلا نيسحت يف ةقوفتملا جماربلل طيطختلا MIUS
يميداكألا تاراظنلا مادختسا لالخ نم
نيسحتل دئارلا جمانربلا ذيفنت متي فيك .
يف ةيميداكألا ريغ ةدوجلا MIUS Lamongan
يف ةيميداكألا ريغ ةدوجلا نيسحت يف ةقوفتملا جمار
2
بلا مييقت متي فيك .
؟ناجنومال
3
؟
MIUS
؟ناجنومال
لمشت ةلاح ةسارد وه ثحبلا نم عونلا اذه .ثحبلا زيكرتو تالكشملا داجيإل يعونلا جهنملا بولسأ ةساردلا هذه مدختست
للحمو ،تانايب عماجو ،ططخمك
لمعي انه ثحابلا .اطاشن وأ ،هلمكأب اجمانرب وأ ،ةعومجم وأ ،دارفأ ةدع وأ ،ادحاو ادرف
ثحبلا جئاتنل دئارو ،تانايب مجرتمو ،تانايب.
يف ةقوفتملا جماربلا طيطخت نأ ىلإ ةحورطألا هذه تلصوت ،ثحبلا اذه لالخ نم MI Unggulan Sabilillah Lamongan
ةمظنأ يف نواعتلا يأ ،طسوتملا
ىدملا )ب ،ةيمقر ةينيد ةسردم ءاشنإ يأ ،ريصقلا ىدملا )أ :يهو ،تايوتسم ةثالث ىلإ مسقني
يف قوفتت ال ةدئار ةسردم حبصت نأ يأ ،ليوطلا ىدملا ىلع )ج .تازاجنإلا قيقحت يف ةصاخو ،بيلاسألاو .ةلاعفلا ملعتلا
ةليبنلا قالخألاو ةيصخشلا تاراهملا يف اضيأ لب ،بسحف يميداكألا لاجملا.
يف ةيميداكألا ريغ ةدوجلا نيسحت يف MI Unggulan Sabilillah Lamongan :كلذ يف امب ،ةطبثملا لماوعلا نم ديدعلا كانه ،
لكشب ةطشنألا يف ةكراشملل بالطلل عفاد دوجو مدع )ب عادبإلا ىلإ انايحأ نورقتفي نيذلاو هيجوتلا نومدقي نيذلا نوملعملا )أ
ةسسؤم هتذفن يذلا لحلا . لماك موي ببسب بعتلاب نورعشي مهنأل يلاثم MI Unggulan Sabilillah Lamongan لكاشمل
ةينيتور تامييقت ءارجإ وه نيملعملا.
لقألا ىلع ةيجيتارتسالا ططخلا دادعإ نيسحت ناجنومال للها ليبس نالوغنوأ دهعم يف نييميداكألا عيمج ىلع ثحابلا حرتقي
لبقتسملا يف اهقيقحت دارملا فاده
ألا نوكت ىتح .رثكأ وأ تاونس
5
ىلإ
3
نم حوارتت ةرتف يف اهقيقحت نوديري يتلا فادهألاب
هيجوتلا يف احوضوو اميظنت رثكأ.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim and Walid, Muhammad |
Keywords: | Manajemen Program Unggulan; Mutu Non Akademik; Madrasah Ibtidaiyah; Management of Excellent Programs; Non-Academic Quality; Elementary Madrasah; ةيئادتبالا ةسردملا ،ةيميداكألا ريغ ةدوجلا ،ةزاتمملا جماربلا ةرادإ |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mas Rifqiyah Maulana Alfisyah |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 11:04 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 11:04 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/72981 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |