Pengembangan buku ajar matematika materi pecahan berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk SD/MI

Azkiyah, Shokifatul (2013) Pengembangan buku ajar matematika materi pecahan berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk SD/MI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09140016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan perkembangan budi daya manusia. Untuk menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Kemajuan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini pun dilandasai oleh perkembangan matematika. Materi pecahan merupakan materi yang tidak hanya diajarkan dibangku Sekolah Dasar tetapi juga ditingkat pertama, tingkat atas bahkan sampai perguruan tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa pecahan adalah konsep yang mendasar dalam matematika dan akan mempengaruhi konsep lain yang lebih tinggi. Sehingga pemahaman dalam konsep pecahan sangat diperlukan untuk dipelajari.

Rumusan masalah yang menjadi fokus pada penlitian ini adalah bagaimana mengembangkan buku ajar matematika materi pecahan dengan menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang valid, praktis, dan efisien untuk SD/MI. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan buku ajar matematika materi pecahan berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMRI).

Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) yang menggunakan dua jenis penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian diperlukan beberapa tahap yaitu: Analisis situasi awal, pengembangan rancangan, penulisan dan penilaian buku ajar. Sehingga dapat diketahui tingkat kelayakan buku ajar telah dikembangkan. Untuk memperoleh kevalidan buku ajar dilakukan dengan validasi terhadap tiga ahli. Yakni, ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran. Selain itu penilaian juga dilakukan dengan uji coba lapangan.

Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa buku siswa dan buku guru. Buku siswa merupakan serangkaian kegiatan siswa yang dalam pelaksanaannya terdapat pada buku guru. Berdasarkan hasil penilaian dari masing-masing ahli, hasil penilaian ahli materi tingkat kevalidan mencapai 77,5%, hasil dari penilaian ahli media tingkat kevalidan mencapai 80% dan hasil penilaian dari ahli pembelajaran tingkat kevalidan mencapai 97,5 dan penilaian dari uji coba lapangan tingkat kevalidan mencapai 93,12%. Sehingga dengan hasil pengembangan buku ajar ini telah memenuhi komponen kelayakan dan dapat digunakan sebagai acuan dan panduan dalam belajar yang meliputi kevalidan, keefektifan dan memotivasi siswa untuk semangat belajar.

ENGLISH:

Mathematics is the science that underlies the universal development of modern technology, have an important role in various disciplines and the development of human cultivation. To master the technology and to create in the future required a mastery of mathematics the strong early on. Rapid progress in the field of information and communication technologies nowadays are dilandasai by the development of mathematics. Material fractions is a material that not only taught in elementary school but also in junior high school, senior high school even to College. This suggests that a fundamental is the concept of fractions in the mat

The formulation of issues focus on this research is how to build a book teach mathematics matter smithers by using math education realistic approach Indonesia valid, practical, and efficient way to elementary. So the purpose of this research is to produce books teach mathematics matter smithers based approach Realistic Mahtematics Education in Indonesia ( RME-Indonesia).

This research including research and development that uses two types of research that is quantitative and qualitative. In research necessary some stage of the analysis, which is this: a starting situation the development of draft, of writing and judgment book mentor. In order to know the level of the eligibility of a book the teaching has been developed. To acquire kevalidan book brash done with validation of three expert. Namely, the matter, media experts and expert of learning. Besides judgment is also done by the trial of the field.

Research and development of this yield the product in the form of a book of students and book the teacher. A book of students is a series of activities in the implementation of students who are on the books of the teacher. Based on the assessment of each an expert, the result of validation expert matter validity 77,5 %, a level reached the result of judgment media experts kevalidan level reached 80 % and the assessment of learning validity expert level reached 97,5 and judgment of the trial field level validity reached 93,12 %. So with the result of developing a book brash this has fulfilled components viability and can be used as a reference and guide in learning which includes validity, effectiveness and motivates students to eager to study

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Abdussakir, Abdussakir
Keywords: Pengembangan; Buku Ajar; Matematika; Pecahan; PMRI; Development; Textbook; Math; Fractions; PMRI
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afib Rif'an Nashruddin
Date Deposited: 28 Jul 2017 01:55
Last Modified: 28 Jul 2017 01:55
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7295

Actions (login required)

View Item View Item