Qomariyah, Nurul (2012) Penggunaan media tusuk lafadz untuk meningkatkan hafalan surat-surat pendek pada pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III MI Islamiyah di Kebonsari Sukun Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140128.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Media Tusuk Lafadz, merupakan salah satu media yang fokus menekankan pada pengembangan kemampuan mengahafal siswa. Dalam pelaksanaannya media ini membantu siswa menghafal dengan cara permainan berkelompok. Setiap anggota kelompok saling berkerjasama dengan teman yang lain, sehingga siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Tahap-tahap dalam pelaksanaan media adalah mengidentifikasikan lafadz dan mengorganisasikan dalam kelompok kerja (kelompok membahas lafadz yang dipilih), merencanakan tugas kegiatan kelompok, melaksanakan pembelajaran (mengumpulkan informasi dan menganilisis data untuk mencapai kesimpulan), mempersiapkan laporan akhir (menentukan pesan yang terkandung dalam kegiatan pembelajaran), evaluasi kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Berdasarkan ulasan di atas, maka permasalah yang muncul yaitu (1) Bagaimanakah penggunaan media tusuk lafadz untuk meningkatkan hafalan suratsurat pendek pada pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III MI Islamiyah Sukun Malang? (2) Bagaimankah penggunaan media tusuk lafadz dapat meningkatkan kemampuan hafalansurat-surat pendek siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III MI Islamiyah Sukun Malang?.
Untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut, penulis mengadakan penelitian dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam mendesain PTK langkah-langkah yang harus dilaksanakan adalah perencaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan, secara menyeluruh dapat diketahui bahwa penerapan media Tusuk Lafadz sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek. Hal itu dapat diketahui dari hasil akhir evaluasi yang menunjukkan peningkatan pada kompetensi menghafal siswa serta hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yaitu pada kegiatan pre tes peningkatan sebesar 31% dengan rata-rata nilai 56, siklus I mengalami peningkatan sebesar 71% dengan rata-rata nilai 69, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 87% dengan rata-rata nilai 80.
INGGRIS:
Media Plugs Lafadz, is one medium that emphasizes focus on developing students' ability mengahafal. In practice this media to help students memorize the way group play. Each member of each group collaborated with another friend, so that students actively in learning activities.
Stages in the implementation of the media is lafadz identify and organize the working group (group discussed lafadz selected), task planning group activities, implementing learning (collecting information and data to reach conclusions menganilisis), prepare a final report (specify the message contained in the activity learning), evaluation of learning activities that have been implemented.
Based on the above review, the problems that arise are: (1) How does the use of media to enhance memorization puncture lafadz short letters on the subject of Al-Qur'an Hadith class III MI Islamiyah Breadfruit Malang? (2) use of media Bagaimankahlafadz puncture can improve the ability of memorizing short letters student subjects Qur'an Hadith class III MI Islamiyah Breadfruit Malang.
To find solutions to these problems, the authors conducted the study using action research design (TOD). PTK in designing measures that should be implemented is planning, implementation, observation and reflection. This classroom action research using qualitative approaches.
From the research that has been carried out research, overall it can be seen that the application of Lafadz Plugs media is very helpful in improving students' ability to memorize short letters. It can be seen from the results of the final evaluation showed an increase in the competence of students memorizing and learning outcomes of students has risen to pre-test activities increased by 31% with an average value of 56, the first cycle increased by 71% with an average value 69, and the second cycle increased by 87% with an average value of 80.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Tusuk Lafadz; Menghafal Surat-Surat Pendek; Al-Qur’an Hadits; Plugs Lafadz Media; Memorizing Letters Short; Al-Qur'an Hadith | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Dellavia Azzahra Permata Putri | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 16:44 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 10:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7294 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |