Iswangga, Yha Yhan Ardadea Deka (2013) Pengembangan multimedia interaktif pada materi tata surya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VI MIN Rejoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09140054.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan multimedia interaktif pada materi tata surya dilatar belakangi rendahnya pemahaman siswa. Hal ini disebakan kurangnya media pendukung dalam kegiatan pembelajaran tata surya. Tata surya merupakan materi yang objek kajiannya berupa benda-benda konkrit tetapi dalam prakteknya, konsep belajar tata surya cenderung abstrak. Kecenderungan ini terjadi karena untuk menyertakan objek-objek dalam tata surya untuk dapat dilihat oleh mata dibutuhkan peralatan canggih dengan biaya yang relatif tinggi. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan media yang dapat mewakili objek-objek pada tata surya. Pengembangan yang memungkinkan dan sesuai dengan keadaan tersebut adalah pengembangan multimedia interaktif. Hal ini didasarkan pada anggapan bahwa manusia memiliki dua sistem pemrosesan informasi, yaitu verbal dan visual. Verbal dan visual erat kaitannya dengan multimedia interaktif yang identik dengan kata-kata dan gambar, sehingga diharapkan dapat memanfaatkan kedua sistem pemrosesan informasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif serta mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi dan prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang dikembangkan Dick and Carry pada tahun 1960. Tahapannya meliputi analisis, desain, pengembangan, uji coba, dan evaluasi. Uji coba dilakukan di MIN Rejoso Jombang dengan subjek uji coba adalah kelas VI.
Hasil pengembangan multimedia interaktif mendapat penilaian oleh para ahli dan guru dengan persentase kelayakan sebesar 87,39% yang artinya masuk predikat sangat layak. Berdasarkan hasil uji lapangan diketahui 65,63% siswa menilai multimedia interaktif sangat menarik, 25% menilai menarik, dan 9,37% menilai kurang menarik. Kemudahan penggunaannya menurut siswa diketahui 28,13% siswa mengatakan sangat mudah, 56,25% mengatakan mudah, dan 15,62% mengatakan agak sulit. Hasil pre test didapatkan nilai rata-rata siswa adalah 62,96 dengan ketuntasan belajar klasikal 53,125% serta motivasi belajar sebesar 73. Hasil post test didapatkan nilai rata-rata adalah 72,65 dengan ketuntasan belajar klasikal 100% serta motivasi belajar sebesar 84,87. Hasil uji t untuk mengetahui pengaruh multimedia terhadap motivasi belajar pada tingkat signifikansi 0,05 didapatkan thitung>ttabel (15,050>1,697) sedangakn uji t untuk mengetahui pengaruh multimedia terhadap prestasi belajar pada tingkat signifikansi 0,05 didapatkan thitung>ttabel (10,189>1,697). Artinya, multimedia interaktif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VI MIN Rejoso materi tata surya.
ENGLISH:
Development of interactive multimedia on the solar system because of lack of understanding by students. This is due to the lack of media support in the learning activities of the solar system. The solar system is the study of learning objects such as concrete objects, but in practice the concept of studying the solar system tend to abstract. This trend was due to include objects in the solar system to be seen by the eyes of sophisticated equipment needed with a relatively high cost. Therefore, required the development of media that can represent objects in the solar system. The development that possible and appropriate to the situation is the development of interactive multimedia. It is based on the assumption that humans have two information processing systems, verbal and visual. Verbal and visual closely related to interactive multimedia identical with words and pictures, so that it can utilize both information processing systems.
This research aims to produce interactive multimedia as well as knowing it effects on motivation and achievement. The research method used is a Research and Development (R & D) with the type of ADDIE that developed by Dick and Carry in 1960. The stage includes the analysis, design, development, implementation, and evaluation. The trials conducted in MIN Rejoso Jombang.
Interactive multimedia development results graded by experts and teachers with eligibility percentage of 87.39%, it means a very decent entry predicate . Based on the results of field tests known to 65.63% of students assessing interactive multimedia is very interesting , 25% assessed interesting , and 9.37% judge less attractive. Ease of use by students known to 28.13% of students say it's easy , 56.25% said easily , and 15.62% said somewhat difficult . The pre test score is the average of students is 62.96 with 53.125 % completeness classical learning and motivation to learn by 73. Post test results obtained average value is 72.65 with 100% completeness of classical learning and motivation to learn at 84.87. T-test results to determine the influence of multimedia on learning motivation at the 0.05 level obtained t > t table ( 15,050 > 1,697 ) and t test to determine the influence of multimedia on learning achievement at the 0.05 level obtained t > t table ( 10.189 > 1.697 ). This means that interactive multimedia has a significant effect on student achievement and motivation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Abtokhi, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengembangan; Multimedia Interaktif; Motivasi; Prestasi Belajar; Development; Interactive Multimedia; MotivationL Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2017 21:13 | ||||||
Last Modified: | 17 Jul 2017 21:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7293 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |