Penerapan metode pembelajaran poster comment untuk meningkatkan keterampilan kitabah pada Pelajaran Bahasa Arab Kelas IV-A Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang

Hakimah, Siti Misbahul (2013) Penerapan metode pembelajaran poster comment untuk meningkatkan keterampilan kitabah pada Pelajaran Bahasa Arab Kelas IV-A Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09140033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Bahasa dalam kehidupan kita sehari-hari berfungsi sebagai alat komunikasi, oleh karena itu agar manusia dapat berkomunikasi dengan baik, maka mereka harus terampil berbahasa. Dalam bahasa Arab terdapat tiga komponen dasar, yaitu: Ashwat (pelafalan), mufrodat (kosa kata), qowaid (tata bahasa). Bahasa Arab di Madrasah dipersiapkan untuk mengukur kemampuan keterampilan dan pencapaian Kompetensi Dasar bahasa Arab dilihat dari empat aspek, yaitu: istima’ (mendengarkan), kalam (berbicara), qiraah (membaca), kitabah (menulis). Pada pendidikan dasar dititikberatkan pada kemampuan menyimak, menulis dan berbicara sebagai landasan berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah keempat aspek tersebut kecakapan berbahasa diajarkan secara seimbang. Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian adalah: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian metode pembelajaran Poster Comment untuk meningkatkan keterampilan kitabah pada mata pelajaran bahasa Arab kelas IV-A MI Khadijah Malang?

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan Kualitatif karena dalam melakukan tindakan kepada subyek penelitian yang sangat diutamakan adalah mengungkapkan makna, yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan motivasi, kegairahan dan prestasi belajar melalui tindakan yang dilakukan. Data yang terhimpun peneliti adalah melalui pengamatan yang seksama, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi dengan sumber, yaitu membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitian kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran poster comment diketahuai dapat meningkatkan keterampilan kitabah (menulis) mata pelajaran bahasa Arab siswa kelas IV-A Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang. Dari hasil nilai evaluasi juga dapat dilihat tentang peningkatan keterampilan kitabah siswa mulai dari pre tes hingga siklus 2 dengan rincian rata-rata kelas nilai pre tes 60,4; siklus I 65,6; siklus II 75,6; dan didukung nilai pos tes 77,5. Peningkatan nilai menulis pada lembar observasi siklus I sebesar 17%, dan pada siklus II sebesar 39%.

ENGLISH:

Language in our daily life serves as a tool of communication. Thus, in order to be able to communicate well, then human beings must be skilled in practicing language. In Arabic there are three basic components, they are: Ashwat (pronunciation), mufrodat (vocabulary), and qowaid (grammar). Arabic language of the Elementary School is prepared to measure the skill ability and achievement of Basic Competence of Arabic seen from four aspects, i.e. istima’ (listening), kalam (speaking), qiraah (reading), kitabah (writing). On the basic education, it is focused on listening, writing and speaking skills as the foundation of practicing language. Meanwhile, on the secondary level, those four aspects are taught in a balanced proficiency. Based on that case, the problem formulated in the study is, how does the planning, implementation, and evaluation of Poster Comment learning methods to improve the skills of kitabah in Arabic lesson class IV-A Khadijah Elementary School Malang?

The research was done in a qualitative research approach by applying Classroom Action Research (CAR). Since, in engaging the action to research subjects, the things to be highly preferred is to express the meaning, i.e. the meaning and the learning process as an effort to improve the motivation, excitement and achievement through the action taken. The researcher collected the data through careful observation, interview and documentation. Checking the validity of the data used observation and triangulation persistence with sources, comparing and checking back a degree of confidence of the information gained through time and different tools in the qualitative research.

Based on the research having been done, it can be concluded that the application of Posters Comment learning methods known can improve kitabah skills (writing) of the Arabic subjects in grade IV-A Khadijah Elementary School Malang. From the results of the evaluation value, it can also be seen on kitabah skills enhancement of the students ranging from pre-test to cycle II with the details of the class average pre-test score of 60.4; cycle I 65.6; cycle II 75.6; and supported by the value of post-test 77,5. The increase of learning on the observation sheet of
cycle I is 17%, and cycle II is 39%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sulalah, Sulalah
Keywords: Keterampilan Kitabah; Bahasa Arab; Kitabah Skill; Poster Comment; Arabic Language
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 24 Jul 2017 08:43
Last Modified: 24 Jul 2017 08:43
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7292

Actions (login required)

View Item View Item