Miskiyah, Roihatul (2013) Pengembangan buku panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada materi Benda dan Sifatnya untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Siswa Kelas II MI Bahrul Ulum Ngoro Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara alamiah.
Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut, maka dibutuhkan pengembangan bahan ajar berupa buku panduan praktikum yang berbasis inkuiri terbimbing sehingga mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa khususnya pada materi benda dan sifatnya.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Bahrul Ulum Ngoro Mojokerto, dengan objek penelitian siswa kelas II A dan II B yang masing-masing berjumlah 24 siswa, dan masing-masing kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; 1) Mengetahui spesifikasi produk yang dihasilkan yaitu berupa buku panduan praktikum untuk materi benda dan sifatnya mata pelajaran IPA kelas II di MI Bahrul Ulum Ngoro Mojokerto, 2) Mengetahui bahwa LKS dengan buku panduan praktikum IPA kelas II materi benda dan sifatnya yang dihasilkan dapat meningkatkan motivasi siswa kelas II di MI Bahrul Ulum Ngoro Mojokerto, dan 3) Mengetahui bahwa LKS dengan buku panduan praktikum IPA kelas II materi benda dan sifatnya yang dihasilkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II di MI Bahrul Ulum Ngoro Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan model procedural Dick and Carey yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa buku panduan praktikum mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari guru mata pelajaran sebesar 90% yang berarti buku panduan praktikum sangat layak dan tidak perlu revisi, dari uji coba lapangan buku panduan praktikum mendapat kualifikasi layak dari semua subyek validasi uji coba lapangan. Dari ahli isi mendapat nilai 91,4% dan berada pada kualifikasi sangat layak sehingga tidak perlu revisi, sedangkan dari ahli desain buku ajar buku panduan praktikum mendapat nilai 76% dan berada pada kualifikasi layak, sehingga buku tidak perlu revisi.
Dengan program SPSS 16.0 didapatkan bahwa hasil uji t berpasangan, pada signifikansi (2-tailed) tertulis 0.000. Apabila 0.0000.050 = sangat signifikansi.Jadi, buku panduan praktikum terbukti secara signifikan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas 2 MI Bahrul Ulum Ngoro Mojokerto. Dengan melihat rata-rata (mean) motivasi kelas kontrol lebih kecil dibanding kelas eksperimen yaitu 14,21< 22,00, dan rata-rata (mean) prestasi belajar kelas kontrol lebih kecil dibanding kelas eksperimen yaitu 57,79 < 84,96, maka dapat dikatakan bahwa buku panduan praktikum IPA terbukti secara signifikan efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran IPA pada materi benda dan sifatnyapada siswa kelas 2 di MI Bahrul Ulum Ngoro Mojokerto. Dari perhitungan manual dengan menggunakan uji t-test berkorelasi (related) didapat hasil thitung ≥ ttabel = 6.091 ≥ 2.069 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulannya terdapat perbedaan signifikan pada prestasi belajar IPA siswa kelas II yang menggunakan buku panduan praktikum dengan prestasi IPA siswa kelas II yang tidak menggunakan buku panduan praktikum di MI Bahrul Ulum Ngoro Mojokerto.
ENGLISH:
Natural Science (IPA) are associated with way of finding out about the natural systematically, so that science is not just mastery of knowledges in the form of facts, concepts, or principles, but also a process of discovery. The learning process emphasis on directly experience giving to develop competence in order to explore and understand the nature around them naturally.
To realize this learning,then its required development of teaching materialsin the form of practicum guidebook based guided inquiryso as to improve students' motivation and achievement in particular on material objects and Its nature.
The research was conducted in MI Bahrul Ulum Ngoro Mojokerto, with the object of research is class II A and II B which amounted to 24 students, and each class as the control class and the experimental class. As for the purpose of this research is: 1) Knowing the specifications of the products producedin the form of practicum guidebook for material objects and its naturescience subjects grade II in MI Bahrul Ulum Ngoro Mojokerto, 2) Knowing that worksheets with science practicum guidebook grade II material objects and its nature produced can increase the student motivation in grade II MI Bahrul Ulum Ngoro Mojokerto, and, 3) Knowing that worksheets with science practicum guidebook grade II material objects and its nature resulting can increase student achievement grade II in MI Bahrul Ulum Ngoro Mojokerto.
This research uses development research (Research and Development (R & D), with procedural model of Dick and Carey who has ten steps in the procedure development.
Based on the results of research, it was found that the practicum guide book got a good qualification assessment because based on the results of the validation, the value of the subject teachers by 90% which means that the practicum guide book is very decent and unnecessary revisions, from field trial the practicum guidebook got a decent qualifications of all subjects validation field trials. Of content experts got value 91.4% and being very decent in qualifying so that it does not need to be revised, while from expert design of textbook the practicum guidebook got value 76% and being decent in he qualification, so that the book does not need to be revised.
With SPSS 16.0 was found that the results of a paired t test, on the significance (2-tailed) written 0.000. If 0.000 ≤ 0.050 = very significant. So it proved that the practicum guidebook can significantly improve student achievement and motivation grade 2 MI Bahrul Ulum Ngoro Mojokerto. By looking at the average (mean) of motivation control class is smaller than the experimental class that is 14.21 < 22.00, and the average (mean) of control class learning achievement is smaller than the experimental classthat is 57.79 < 84.96, then it can be said that the science practicum guidebook proved significantly effective to increase the motivation and learning achievement in science subjects the material objects and its nature on students grade 2 in MI Bahrul Ulum Ngoro Mojokerto. From manual calculations using correlated t-test (related) results obtained tcount ≥ ttable = 6,091 ≥ 2.069 it means that Ho is rejected and Ha is accepted, the conclusion there is a significant difference on learning achievement science grade II students that uses practicum guidebook with science achievement grade II students who did not use the practicum guidebook in MI Bahrul Ulum Ngoro Mojokerto.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Buku Panduan Praktikum; Inkuiri; Motivasi; Prestasi; Practicum Guidebook; Inquiry; Motivation; Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2017 15:43 | ||||||
Last Modified: | 24 Jul 2017 15:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7291 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |