Iwannulloh, Kays (2013) Peningkatan mutu pendidikan melalui manajemen berbasis sekolah di MIN Gedog Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08140068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (951kB) |
Abstract
INDONESIA:
Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Upaya peningkatan mutu pendidikan terus- menerus dilakukan. Hal tersebut lebih terfokus lagi setelah diamanatkan dalam tujuan pendidikan nasional yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan. Menyadari hal tersebut, pemerintah telah melakukan upaya penyempurnaan sistem pendidikan, baik melalui penataan perangkat lunak (soft ware) maupun perangkat keras (hard ware). Berkenaan dengan itu, MIN Gedog Kota Blitar merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama yang sangat memperhatikan mutu pendidikan dengan menggunakan pendekatan manajemen berbasis sekolah. MIN Gedog Kota Blitar juga berkeinginan dapat mendukung proses reformasi yang ada di lingkungan pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Adapun fokus penelitian ini adalah membahas hal-hal yang berkaitan dengan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah, faktor-faktor penunjang dan penghambat implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dan upaya Kepala Sekolah dalam menanggulangi hambatan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di MIN Gedog Kota Blitar dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik, dan dengan cara deskripstif dalam bentuk kata-kata dan bahasa dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.
Adapun hasil penelitian ini adalah, pertama, Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di MIN Gedog Kota Blitar berjalan cukup baik. Dalam, iplementasinya pihak sekolah mengacu pada ketentuan dasar dari beberapa metode MBS yang ada. Kedua, adapun faktor pendukungnya adalah sarana dan prasarana yang cukup memadai dan tenaga pengajarnya yang profesional. Sementara faktor penghambatnya adalah semangat belajar dari siswa yang relatif kurang, hambatan finansial, dan lemahnya kemampuan ekonomi dari keluarga siswa. Dan ketiga, dalam rangka menanggulangi hambatan tersebut, maka kepala sekolah telah melakukan usaha-usaha yang cukup relevan dan signifikan, perbaikan sistem dan kerjasama dengan beberapa pihak yang terkait, seperti dengan orang tua siswa, Komite sekolah, masyarakat sekitar dan dengan berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta.
ENGLISH:
Improving the quality of human resources is a prerequisite to achieving development goals. Efforts to improve the quality of education is ongorng. It is more focused again after the mandated national education goals is to improve the quality of education in each type and level of education. Realizing this, the govemment has made efforts to improve the education system, whether through structuring software (soft ware) or hardware (hard ware). In connection with that, MIN Gedog Blitar is one secondary school were very concemed about the quality of education with school-based management approach. MIN Gedog Blitar City also intends to support the reform process in the education environment to improve the quality of education.
The focus of this research is to discuss matters relating to the implementation of school-based management, the factors supporting and inhibiting the implementation of the School-Based Management and Principal efforts to overcome obstacles in the implementation of the School-Based Management Gedog MIN Blitar in order to improve the quality of education.
This study is a qualitative research that aims to understand the phenomenon experienced by research subjects in a holistic manner, and in a way deskripstif in the form of words and language by using various natural methods.
The results of this study are, first, Implementation of School-Based Management in Blitar City MIN Gedog going pretty well. Inside, the school refers iplernentasinya basic provisions of some existing methods of MBS. Second, while the supporting factor is the infrastructure adequate and professional teaching staff. While inhibiting factor is the spirit of learning from the students who are relatively less, financial constraints, and lack of economic ability of the student's family. And third, in order to overcome these obstacles, the principal has made considerable efforts relevant and significant, improvement of the system and cooperation with several related parties, such. as with parents, school committee, local communities and with various agencies both government or private.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS); Mutu Pendidikan; Implementation of School Based Management (SBM), Quality or Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Desi Latifah Hamzah | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2017 16:19 | ||||||
Last Modified: | 09 Aug 2017 16:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7289 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |