Pengaruh kreativitas guru, keaktifan dan motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika siswa MI kelas 2 se-Kecamatan Gempol

Farida, Mifta (2013) Pengaruh kreativitas guru, keaktifan dan motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika siswa MI kelas 2 se-Kecamatan Gempol. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
09140013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya kualitas pendidikan. Apabila pandidikan dilihat sebagai suatu sistem maka faktor yang turut mempengaruhi kualitas pendidikan tersebut, meliputi: (1) input mentah atau siswa, (2) lingkungan instruksional, (3) proses pendidikan, dan (4) keluaran pendidikan. Dalam proses pendidikan, sebenarnya di dalamnya tidak hanya ditentukan oleh motivasi belajar dan keaktifan siswa, akan tetapi kreatifitas guru juga menentukan tingkat keberhasilan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Salah satu pelajaran dasar yang diajarkan disekolah adalah berhitung atau matematika. Matematika merupakan salah satu momok yang menakutkan bagi siswa. Bayangan sulitnya menghitung dan menghafal rumus-rumus yang rumit. Matematika yang diperoleh di jenjang bawah menjadi landasan untuk belajar matematika di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Umumnya, siswa kurang menyukai mata pelajaran tersebut karena sulitnya memahami soal, kurangnya penjelasan dari guru, dan kegiatan pembelajaran yang monoton dan kurang menarik. Berdasarkan hal tersebut di atas, peneliti berinisiatif untuk melakukan analisis faktor yang paling mempengaruhi peningkatan hasil belajar matematika siswa. Penelitan ini dilaksanakan di MI kelas 2 sekecamatan Gempol, karena hasil dari observasi dan analisis menunjukkan sebagian besar siswa mengatakan bahwa matematika itu sulit dan tidak menyenangkan namun mereka mendapatkan nilai yang bagus.

Tujuan penelitian yang dilakukan ini yaitu meliputi: 1) Untuk mengetahui kreativitas guru matematika MI kelas 2 Sekecamatan Gempol. 2) Untuk mengetahui keaktifan siswa MI kelas 2 Sekecamatan Gempol dalam mengikuti pembelajaran dikelas. 3) Untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa MI kelas 2 Sekecamatan Gempol. 4) Untuk mengetahui hasil belajar Matematika siswa MI kelas 2 Sekecamatan Gempol. 5) Untuk mengetahui pengaruh antara kreatifitas guru, keaktifan dan motivasi siswa terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada siswa MI kelas 2 Sekecamatan Gempol.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kuantitatif, penelitian kuantitatif yang menggunakan tipe penelitian deskriptif analisis, dimana dalam penelitian ini untuk memahami permasalahan yang diteliti melalui penafsiran data ke dalam bentuk data pengaruh dan yang mempengaruhi, yang selanjutnya mencarikan jalan pemecahannya yang diulas menggunakan rumus statistik untuk menerima atau menolak hipotesis.

Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa MI kelas 2 Sekecamatan Gempol yang terdiri dari 19 sekolah. Dari 19 sekolah tesebut peneliti mengambil sampel 5 sekolah yang terdiri dari 187 siswa berdasarkan sekolah yang memiliki mutu sekolah bagus, sedang dan rendah yang dilihat dari banyaknya jumlah siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru matematika MI kelas 2 sekecamatan Gempol masuk dalam kategori baik karena dari hasil jawaban lembar penilaian yang telah disebarkan menunjukkan sebanyak 66.6% responden yang memberikan jawaban “sering”. Keaktifan siswa MI kelas 2 sekecamatan Gempol dalam mengikuti pembelajaran dikelas adalah baik karena dari hasil jawaban lembar penilaian yang telah disebar menunjukkan bahwa sebanyak 55.3% responden yang memberikan jawaban “sering”. Tingkat motivasi belajar matematika siswa MI kelas 2 sekecamatan Gempol adalah tinggi karena dari hasil jawaban lembar penilaian yang telah disebarkan menunjukkan bahwa sebanyak 62.2% responden yang memberikan jawaban “sering”. Hasil belajar matematika siswa MI kelas 2 sekecamatan Gempol sebagian besar masuk dalam kategori sangat baik karena semua siswa mempunyai nilai diatas 75. Terdapat pengaruh positif antara kreativitas guru, keaktifan dan motivasi siswa terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada siswa MI kelas 2 sekecamatan

Gempol. Kreativitas guru memiliki nilai Fhitung sebesar 2,981, keaktifan siswa yaitu sebesar 2,705 dan motivasi siswa memiliki nilai Fhitung sebesar 4,530. Ini berarti bahwa semakin tinggi kreativitas, keaktifan dan motivasi siswa akan meningkatkan hasil belajar matematika siswa MI kelas 2 sekecamatan Gempol.

ENGLISH:

Many factors influence the degree of education quality. If education is seen as a system, the factors influencing the quality of education are: (1) raw input or students, (2) instructional environment, (3) education process, and (4) education output. The successful education process is not only determined by student’s learning motivation and activeness, but also teacher’s creativity to determine successful rate of learning process at school.

A basic learning which is taught at school is counting or mathematic. Indeed, mathematic is a ghost-like spooky thing for students. Calculating and memorizing the complex formula are always crossing their mind when they talk about mathematic. The fundamental level of mathematic, however, is important to be a base for learning mathematic in higher level of education. Unfortunately, students do not so like this lesson because of the confuse they experience in understanding exercise, lack of explanation by teachers, and monotonous or less attractive learning activity. Taking this problem into account, the author takes an initiative to do analysis over the factors influencing the learning result of mathematic. Research is conducted on Grade 2 Students of all Madrasah Ibtidaiyahs in Gempol Subdistrict because the preliminary result of observation and analysis shows that most students recognize mathematic as difficult and unpleasant but students have good mark on mathematic.

The objectives of research are: (1) to understand the creativity of mathematic teachers for Grade 2 of all Madrasah Ibtidaiyahs in Gempol Subdistrict, (2) to acknowledge the activeness of Grade 2 students of all Madrasah Ibtidaiyahs in Gempol Subdistrict in attending the classroom learning, (3) to figure out the learning motivation rate of Grade 2 students of all Madrasah Ibtidaiyahs in Gempol Subdistrict, (4) to find out the learning result of mathematic of Grade 2 students of all Madrasah Ibtidaiyahs in Gempol Subdistrict, and (5) to comprehend the effect of teacher’s creativity and student’s activeness and motivation on the improvement of learning result of mathematic among Grade 2 students of all Madrasah Ibtidaiyahs in Gempol Subdistrict.

Research type is quantitative. The quantitative research is characterized by analytical descriptive, meaning that this research attempts to understand the research problem through the interpretation of data into the form of influential data which may be used to look for the solution of problem such as the search for a statistic formula to accept or to reject hypothesis.

The population of research is Grade 2 students of all Madrasah Ibtidaiyahs in Gempol Subdistrict, which the total is 19 schools. Of 19 schools, the author takes the sample of 5 schools. Each school has 187 students. It is classified by quality into good, moderate and low qualities of school based on the enrollment rate.

Based on the result of research and discussion, it is concluded that the creativity of mathematic teacher for Grade 2 of all Madrasah Ibtidaiyahs in Gempol Subdistrict is in good category because the result of response in the questionnaire indicates that 66.6% respondents have provided the answer “frequently”. The activeness of Grade 2 students of all Madrasah Ibtidaiyahs in Gempol Subdistrict in attending the classroom learning is good because the response in questionnaire shows that 55.3 % respondents answer “frequently”. Learning motivation rate for mathematic among Grade 2 students of all Madrasah Ibtidaiyahs in Gempol Subdistrict is high based on the response of questionnaire that shows that 62.2 % respondents also gives answer “frequently”. Mathematic learning result of Grade 2 students of all Madrasah Ibtidaiyahs in Gempol Subdistrict is in very good category because all students have grade beyond 75. There is a positive effect between teacher’s creativity and student’s activeness and motivation on the improvement of mathematic learning result among Grade 2 students of all Madrasah Ibtidaiyahs in

Gempol Subdistrict. Teacher’s creativity has F-count of 2.981, while 2.705 for student’s activeness and 4.530 for student’s motivation. It means that the higher creativity, the higher student’s activeness and motivation. It will improve mathematic learning result of Grade 2 students of all Madrasah Ibtidaiyahs in Gempol Subdistrict.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Prabowo, Sugeng Listyo
Keywords: Kreativitas Guru; Keaktifan dan Motivasi Siswa; Hasil Belajar; Teacher’s Creativity; Student’s Activeness and Motivation; Learning Result
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Afib Rif'an Nashruddin
Date Deposited: 28 Jul 2017 01:55
Last Modified: 28 Jul 2017 01:55
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7287

Actions (login required)

View Item View Item