Prasetya, Diky (2013) Implementasi metode think pair share dengan menggunakan media couple card pada kompetensi dasar kenampakan alam dan keragaman suku bangsa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Sidorejo 02 Saradan Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09140052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA:
Think Pair Share adalah suatu metode pembelajaran kooperatif yang memberi siswa waktu untuk berfikir dan merespon serta saling bantu satu sama lain. Metode ini memperkenalkan ide “waktu berfikir atau waktu tunggu” yang menjadi faktor kuat dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam merespon pertanyaan. Pembelajaran ini melatih siswa untuk berani berpendapat dan menghargai pendapat teman. Dengan menggunakan media couple card yaitu dengan menggunakan kartu yang berpasangan untuk menbentuk kelompok agar siswa lebih bersemangat.
Adapun tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah; (1) mendiskripsikan metode think-pair-share dengan menggunakan media couple card pada kompetensi dasar kenampakan alam dan keragaman suku bangsa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) mendiskripsikan proses pembelajaran pada kompetensi dasar kenampakan alam dan keragaman suku bangsa dengan menggunakan metode think-pair-share dan media couple card. (3) mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran dengan metode think pair share dengan menggunakan media couple card pada kompetensi dasar kenampakan alam dan keragaman suku bangsa pada kelas IV.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara, Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data–data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Dari dua siklus yang di terapkan, sudah dapat dilihat perkembangan motivasi belajar siswa yang bisa dilihat dari keaktifan dan antusias siswa selama proses pembelajaran. Dan dapat terbukti dari nilai hasil evaluasi menunjukan adanya peningkatan. Dari siklus I pertemuan pertama prosentase motivasi belajar siswa 60%, pada pertemuan kedua 66%, Siklus II pertemuan pertama prosentase motivasi belajar siswa 76,5%, pada pertemuan kedua 90%.
ENGLISH:
Think Pair Share is a cooperative learning method that gives students time to think and respond and help each other mutually. This method introduces the idea of thinking of time or waiting time is a powerful factor in improving student’ ability to respond to question. Learning to train students to dare to bilive and respect the opinion of friends. By using the media card using a couple cards that pair up to form the group so that students are more enthusiastic.
The objectives to be achived in this study are : (1) describe the method of think Pair Share with a couple card on the basis of competence and diversity of natural features ethnicity can increase students motivation. (2) describe the learning process on the basis of competence and diversity of natural features tribes using the Think Pair Share an a Couple Crad media. (3) Know how to evaliuate the learning method bt using the Think Pair Share media couple crad on the basis competence natural appearance and ethnic diversity in the fourth grede.
Research by the author are included in classroom action research with a qualitative approach. In collection the data, the writer uses several methods: observation, documetation and interviews methods, while to analyze the writer uses descriptive qualitative analysis of the data in the form of written or spoken of observed behavior an so in this cese the auther seeks to conduct research thoroughly describe the nature of the real situation.
Of the two cycle is applied, it can be seen that the development of students learning motivation can be seen from the active an enthusiastic studens during yhe learning process. And may profe of value exaluation result showed an increase. The first meeting of the first cycle os students motivation percentage 60%, 60% in the second meeting, the first meeting of the second cycle students motivation percentage of 76,5%, 90% at the second meeting.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Think Pair Share; Peningkatan Motivasi Belajar; Think Pair Share; Increased; Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2017 21:14 | ||||||
Last Modified: | 17 Jul 2017 21:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7286 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |