Peran bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang

Chamidah, Chamidah (2013) Peran bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08140050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Bimbingan dan konseling merupakan proses bantuan pada anak didik yang dilakukan terus menerus supaya anak didik dapat memahami sendiri, sehingga sanggup mengarahkan dirinya sendiri dan bertingkahlaku yang wajar sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan di sekolah, keluarga dan masyarakat turut serta membantu siswa untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya secara optimal, sehingga prestasi belajarnya pun akan meningkat.

Berdasarkan uraian diatas, maka dapat ditemukan beberapa permasalahan yang timbul yaitu: 1) gambaran pelaksanaan bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, 2) faktor pendukung dan penghambat bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan tentang bagaimana gambaran pelaksanaan bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, 2) Mendiskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang. dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan jenis penelitian menggunakan studi kasus, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yang hasilnya berupa narasi dan kata-kata dan bukan angka untuk memberi gambaran dan keadaan atau status fenomena yang diteliti dengan menggambarkan berupa kata-kata, dan diabstraksikan kemudian disusun dalam satu-satuan, selanjutnya dikategorisasikan dan diambil kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah menggunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan memberi cheek.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan bimbingan konseling sudah berjalan dengan baik sesuai dengan programnya, dan adapun program yang dilaksanakan meliputi: jenis program, menyusunan program, merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan, mengawasi kegiatan, pelaksana kegiatan dan penilaian kegiatan keberadaan bimbingan konseling mempunyai peranan sebagai pengubah, disertai dengan memberi arahan, motivasi dan bantuan pemecahan masalah dalam pembelajaran siswa maka siswa dapat melaksanakan tugas belajarnya dengan baik dan optimal serta berprestasi lebih baik.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan konseling dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa, terbukti dari prestasi siswa yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun yaitu dari nilai rata-rata 73,5 meningkat menjadi 81,33. Adapun faktor pendukung dan penghambat bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah sarana dan prasarana yang cukup lengkap, suasananya yang bagus, pemberian motivasi, mengikutsertakan wali murid, memberikan bimbingan belajar dan menghimpun data siswa secara menyeluruh. Sedangkan faktor penghambat adalah pergaulan yang negatif, lingkungan sekolah yang buruk, keluarga yang bermasalah, males dan capek.

Dari penelitian yang telah dilaksanakan selama tiga bulan, maka penulis memberikan saran untuk mempertahankan, mengembangkan mutu pendidikannya serta diadakannya penambahan jam bimbingan dan konseling untuk membimbing siswa yang sedang mengalami kesulitan atau masalah dalam belajar, sehingga siswa mampu menjadi lebih baik dan berprestasi.

ENGLISH:

Guidance and counseling is a process aid in the students who carried out continuously so that the students can understand themselves, so that could direct himself and behave in accordance with the reasonable demands and environmental conditions in schools, families and communities participate and assist students to develop the potential on themselves optimally, so that academic achievement will increase.

Based on the description above, it can be found some of the problems that arise are: 1) description of the implementation of guidance and counseling in improving student achievement, 2) supporting and inhibiting factors counseling in improving student achievement. As this study aims to: 1) describe the implementation of an idea about how counseling in improving student achievement, 2) To describe what factors supporting and inhibiting counseling in
improving student achievement.

This study was conducted at MI Al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang. using a qualitative descriptive approach, while the type of research using case studies, the data used are primary and secondary data. Data collection procedures by using observation, interview and documentation. Data analysis using descriptive qualitative techniques, which results in narrative and the words and not numbers to give an overview and the state or status of the phenomenon under study to describe the form of words, and abstracted and then arranged in a single-unit, then categorized and conclusions drawn. Test the validity of the data used is persistence techniques of observation, triangulation, using reference materials and giving cheek.

Based on the survey results revealed that the implementation of guidance counseling is going well according to the program, and as for programs implemented include: type of program, preparing program, planning activities, carry out activities, supervise activities, executing activities and assessment activities. the existence of counseling have a role as a modifier, along with giving guidance, motivation and support problem solving in student learning then students can carry out the task properly and optimal learning and better achievement.

It can be concluded that the implementation of guidance and counseling can help improve student achievement, as evidenced by student achievement has increased from year to year, from an average value of 73.5 increased to 81.33. The factors supporting and inhibiting counseling in improving student achievement is the infrastructure fairly complete, good atmosphere, motivating, involving parents, provides tutoring and collect student data as a whole. While inhibiting factor is a negative association, poor school environment, family problems, lazy and tired.

From the research that has been carried out for three months, the authors provide suggestions for maintaining, developing the quality of education as well as the holding of additional hours of guidance and counseling to guide students who are experiencing difficulties or problems in learning, so that students are able to get better and excel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Zuhriyah, Indah Aminatuz
Keywords: Bimbingan dan Konseling; Prestasi Belajar Siswa; Guidance and Counseling; Student Achievement
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Desi Latifah Hamzah
Date Deposited: 09 Aug 2017 09:19
Last Modified: 09 Aug 2017 09:19
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7284

Actions (login required)

View Item View Item