Permatasari, Ria Rizky (2013) Penggunaan media gambar berseri dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN Klampok 01 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09140012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Media gambar berseri yaitu suatu media gambar yang terdiri 4 gambar atau lebih secara berurutan dengan satu tema yang dibuat secara menarik. Berupa gambar-gambar sesuai dengan kejadian. Sehingga bisa memotivasi dan memudahkan siswa dalam mendeskripsikan gambar tersebut dan secara langsung dapat menuangkannya ke dalam bentuk tulisan. Tahap-tahap dalam pelaksanaan media gambar seri adalah mengorganisasikan dalam kelompok kerja (kelompk yang dipilih), merencanakan tugas kegiatan kelompok, melaksanakan pembelajaran (mengumpulkan hasil tulisan berupa karangan berdasarkan ide-ide kreativitas mereka), mempersiapkan laporan akhir (menentukan pesan yang terkandung dalam kegiatan pembelajaran), penilaian kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Klampok 01 Singosari Malang? (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media gambar berseri untuk meningkatkan ketelampilan menulis narasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Klampok 01 Singosari Malang? (3) Bagaimanakah penilaian pembelajaran dengan menggunakan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Klampok 01 Singosari Malang?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrument penelitian yang diperlukan meliputi: observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sedangakan untuk menganalisis, peneliti menggunakan analisis data kualitatif metode Miles dan Huberman, sebagai berikut: 1) reduksi data, 2) display/penyajian data, 3) mengambil kesimpulan lalu diverivikasi.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan, secara menyeluruh dapat diketahui bahwa penggunaan media gambar sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis. Hal itu dapat diketahui dari hasil akhir evaluasi yang menunjukkan peningkatan pada kompetensi menulis siswa serta hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yaitu pada kegitan pra tindakan peningkatan sebesar 30% dengan rata-rata nilai 50, siklus I mengalami peningkatan sebesar 61% dengan rata-rata nilai 77, dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 93% dengan rata-rata nilai 80.
ENGLISH:
Media radiant image that is a media image consisting 4 or more images in sequence with an interesting theme made. The form of pictures according to the scene. So they can motivate and facilitate students describe the picture and directly poured into writing. The levels in the implementation of radiance image media is organizing the working group (selected constituency), plan task group activities, implement learning (collecting essays on the writing form creativity of their ideas), prepare a final report (specify the message contained in the nature learning), evaluation of activities that have been implemented.
Based on the review, then the problems that emerged namely (1) How does learning to use media planning radiant picture to improve their skills in writing narrative grade students learning Indonesian V SDN Klampok 01 Singosari Malang? (2) How does the performance of learning to use the media to enhance the radiant image narrative writing in students learning Indonesian language class V SDN Klampok 01 Singosari Malang? (3) How does the evaluation of learning by using media to enhance the radiant image of narrative writing skills in students learning Indonesian language class V SDN Klampok 01 Singosari Malang? To find a solution of the problem, the authors make a survey research design using class action (PTK). This class action research using qualitative approaches .
The authors of this study do is study a class action with a qualitative approach. In data collection, researchers use research instruments that can be used for information and data required include: observation, interview, test, and documentation. While to analyze, researchers using qualitative data analysis method of Miles and Huberman, as follows: 1) data reduction, 2) display/ presentation of data, 3) to inference then verified.
From the findings of researchers who have been executed, as a whole can be seen that the media picture is very helpful in improving students 'writing. It can be known from the results of the final evaluation showed an improvement in students' writing competencies and learning outcomes of students who are experiencing an increase in major urban functions ie pre action increased by 30% with an average value of 50, the cycle I experienced an improvement of 61 % with an average value 77, and cycle II experienced an improvement of 93 % with an average value of 80.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Gambar Berseri; Menulis Narasi; Bahasa Indonesia; Radiant Image Media; Writing Narrative; Bahasa Indonesia | ||||||
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Afib Rif'an Nashruddin | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2017 08:55 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2017 08:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/7282 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |